Mengenal WordPress

Apa Yang Anda ketahui tentang CMS WordPress?

WordPress adalah Conten Management System (CMS) yang memiliki sifat open source, untuk lebih mudah dimengerti, WordPress adalah sebuah software yang dapat memudahkan Anda untuk membuat website atau toko online dan dapat mengelola konten secara online.

WordPress-2
WordPress CMS Open Source

Bagi orang-orang yang ingin belajar memulai membuat website, WordPress merupakan menjadi salah satu CMS paling banyak diminati dan paling populer di dunia.  Selain dikarenakan Gratis, CMS ini memiliki fitur yang tidak terbatas, proses belajarnya juga sangat mudah dipelajari.  Dengan CMS ini, meskipun Anda tidak memilki pengetahuan tentang membangun website sekalipun, Anda dapat dengan mudah mempelajarinya dan membuat sebuah website yang siap langsung online hanya dalam waktu 5 menit saja.

Mengapa WordPress bisa menjadi CMS yang sangat Populer?

Selain yang telah saya sebutkan di atas tadi, berikut ini merupakan alasan utama mengapa banyak website-website besar juga ikut menggunakan CMS WordPress ini:

  1. Dengan CMS ini, kita tidak perlu membangun website dari nol sehingga banyak waktu dan tenaga yang bisa dihemat
  2. CMS ini bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur
  3. Memiliki Banyak theme dan plugin yang tersedia sehingga anda bisa mengubah tampilan dan dan menambahkan fitur meskipun tidak paham sedikit pun tentang programming
  4. Proses belajarnyapun sangat mudah
  5. WordPress terus dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Kalau anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet
  7. Tampilannya sederhana, sehingga memudahkan Anda mengatur atau mengelola website.
  8. Melalui fasilitas export-import yang dimilikinya, Anda dapat dengan mudah melakukan backup data atau memindahkan data dari beberapa jenis-jenis CMS tertentu.
  9. Mendukung multibahasa, terutama bahasa Indonesia.
  10. WordPress lebih akrab dengan Google.

WordPress sendiri dikembangkan pertama kali oleh Matt Wullenberg sekitar tahun 2002, saat itu “b2” atau yang dikenal sebagai cafeblog yang menjadi tempatnya nge-blog tidak beroperasi lagi.  Hal tersebut memunculkan ide untuk mengembangkan sendiri blogware dengan mengikuti standar web yang terstruktur dengan baik, dengan nuansa yang lebih elegan dan bersih.  Akhirnya keinginan tersebut dapat terwujud pada tahun 2003.  Bersama dengan sahabatnya, Mike Little, Matt mulai mengembangkan WordPress.

Mengenal CMS

CMS: Content Management System
CMS: Content Management System

CMS merupakan Content Management System, yaitu sebuah aplikasi yang dapat memudahkan Anda untuk mengelola web.  Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah atau memanipulasi isi serta mengatur halaman front end dari website.  Dengan CMS, orang awam PHP atau HTML dapat membuat website dengan mudah.  Kebanyakan CMS dapat kita download dengan gratis, seperti WordPress, Joomla, Drupal dan masih banyak lagi yang tidak akan saya bahas disini.

Jenis-jenis CMS

Jika dilihat dari hak lisensi, CMS sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu CMS KOmersil dan CMS Open Source alias Gratis dan bebas untuk kita ubah.

  • CMS Komersil

CMS Komersil adalah CMS yang dikembangkan oleh suatu perusahaan untuk mencaru suatu keuntungan.  Kebanyakan CMS jenis ini memenuhi feature yang digunakan untuk  memenuhi fungsi CMS seperti menambah, mengisi, atau mengedit isi artikel beserta pemilihan template yang dapat digunakan.  Setiap pengguna diharuskan membayar atau membeli lisensi agar dapat menggunakan CMS ini.

  • CMS Open Source

Setiap orang maupun perusahaan yang menggunakan CMS ini tidak perlu membayar atau membeli lisensinya untuk menggunakannya.  CMS Open source memiliki dukungan yang lebih baik dari perorangan atau sekelompok orang yang mendedikasikan dirinya untuk program sosial.  Kebanyakan CMS ini menggunakan lisensi GPL (General Public Licence).  Dimana setiap orang bebas untuk menambah, mengedit atau mengurangi script yang ada.

Ingin membangun Website Anda dengan CMS WordPress? Silahkan Lihat produk Premium WP Theme kami Disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *