Teknik Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Salah satu tantangan ketika baru memulai sebuah blog adalah bingung bagaimana cara menulis, bingung bagaimana cara membuat artikel berkualitas dengan baik dan benar. Berikut saya akan menjelaskan dan mengajarkan Metode Penuisan / Teknik Menulis Artikel yang baik dan benar untuk para pemula.

Metode yang akan saya ajarkan ini tentu saja akan dapat membantu dan memudahkan anda yang belum terbiasa menulis artikel.  Harapannya setelah belajar metode ini nantinya anda bisa menerapkan teknik menulis artikel secara benar dengan konten yang jauh lebih berkualitas agar dapat meningkatkan rating website/blog anda di mata mesin pencari seperti google.

Teknik menulis artikel yang dapat anda gunakan yaitu Metode Penulisan artikel dengan struktur apa, mengapa dan bagaimana.  Beriku ini cara penulisannya:

  • Apa.  Cari tahu terlebih dahulu apa yang akan anda tulis.  Ketahui topik apa yang akan anda bahas dalam artikel tersebut.  Seperti contoh saya ingin membuat tulisan tentang pengenalan You-Tube Marketing.  maka topik yang wajib saya tulis nantinya adalah seputaran YouTube marketing.
  • Mengapa. Cari tahu apa saja yang menjadi alasan mengapa orang-orang perlu mendengarkan/peduli pada topik yang akan anda bahas.  Misal seperti diawal saya ingin membahas masalah YouTube Marketing. Nah, saya harus mencari tahu apa yang bisa membuat orang-orang harus menggunakan YouTube sebagai salah satu media marketing yang tepat bagi mereka.  Singkatnya saya harus tahu terlebih dahulu apa manfaat dan pentingnya YouTube dalam mendongkrak omzet pemasaran calon pembaca yang akan saya targetkan.
  • Bagaimana. Setelah menjelaskan apa dan mengapa, Kemudian langkah selanjutnya adalah anda wajib menjelaskan tentang bagaimana.  Misal saya bisa menjelaskan bagaimana cara menggunakan YouTube sebagai media marketing.  Sehingga setelah membaca artikel anda, diharapkan pembaca mendapatkan
    solusi sesuai apa yang sedang ia butuhkan.  Karena saat anda bisa memberikan solusi kepada pembaca anda, tentu saja pembaca akan senang dan akan menjadi pembaca setia dan loyal yang akan terus mengunjungi website/blog anda.

TEKNIK MENULIS ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR UNTUK PEMULA - PANDUAN BLOGGING & BISNIS ONLINE-2

Dengan Anda menampilkan tiga struktur di atas (apa, mengapa dan bagaimana), maka anda akan bisa membuat artikel yang utuh seputar topik pembahasan yang ingin anda tampilkan.  Sehingga dengan membaca artikel yang telah anda buat tersebut, harapannya pembaca dapat mengetahui apa itu… mengapa perlu menggunakan…. dan bagaimana cara/langkah-langkah untuk melakukan….

Saya berikan satu contoh lain lagi dengan topik tentang Belajar Bahasa Inggris.  Maka bisa kita buat struktur penulisannya seperti berikut ini:

  • Apa: Apa itu bahasa Inggris?
  • Mengapa: Mengapa perlu belajar bahasa Inggris? Berikan penjelasan alasan-alasan kenapa orang perlu belajar bahasa Inggris.
  • Bagaimana: Bagaimana cara mudah untuk belajar dan menguasai bahasa Inggris?  Bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif?

Intinya, Struktur apa, mengapa dan bagaimana tadi akan lebih memudahkan anda untuk menyusun outline (kerangka) tulisan.  Kalau kerangka tulisan sudah jadi, maka andapun akan lebih mudah saat akan memulai menulis artikel tersebut.

Baca juga: Cara Menulis Artikel Berkualitas dan User friendly

Struktur tersebut juga dapat anda terapkan dalam berbagai jenis tulisan.  Bahkan bisa anda gunakan untuk menulis promosi juga.  Seperti contohnya anda ingin memasarkan suatu produk, maka anda dapat menjelaskan apa produk yang ingin anda promosikan tersebut, mengapa memilih / menggunakan produk tersebut dan bagaimana cara pemesanan, pembelian, pembayaran, penggunaan dan perawatan produk tersebut.

Semakin anda sering menulis artikel yang terstruktur, maka tingkat sensitivitas andapun akan semakin terasah dengan baik.  Sehingga andapun akan semakin mahir dan lancar serta lebih nyaman menulis artikel-artikel dengan berbagai topik apapun.  Oleh karena itu, mau-tidak mau, kunci keberhasilannya agar anda sukses menjadikan website/blog anda mendapat ranking di google atau mesin pencari lainnya, yaitu anda wajib terus berlatih membuat artikel-artikel dengan menggunakan teknik dan metode yang telah saya ajarkan ini dan menggabungkannya dengan Kata Kunci yang telah anda analisa dan Riset Terlebih dahulu dengan mengikuti Panduan Cara Melakukan Riset Keyword dan Analisa Persaingan Keyword yang telah saya ajarkan sebelumnya.

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, khususnya bagi pemula yang baru terjun untuk memulai bisnis online dan memulai blog untuk mendapatkan passive income dari internet.

Saya sangat berterima kasih atas kesediaan anda telah berbagi dan share artikel dan tips ini kepada para sahabat dan teman-teman yang lain dengan membagikannya via icon sharing media sosial di bawah ini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *