Home » Panduan Internet Marketing » Panduan Cara Membuat Website » Ingin Membuat Toko Online Super Mantap dan Profesional? Ikuti 4 Langkah Berikut ini!

Ingin Membuat Toko Online Super Mantap dan Profesional? Ikuti 4 Langkah Berikut ini!

Hai, Selamat Datang kembali di Sekolah Bisnis Online Drestha. Apakah Anda Newbe / Pemula dan ingin mempunyai serta bisa membuat Toko Online Sendiri? Kali ini Saya akan membagikan Tutorial Panduan Cara Membuat Toko Online Profesional Gratis dengan menggunakan CMS WordPress dan WooCommerce. Panduan Cara Membangun Toko Online Gratis ini juga sangat mudah untuk Anda ikuti dan cocok bagi Pemula.

Untuk membuat Toko Online Gratis dan Profesional dengan menggunakan CMS WordPress, Ada beberapa persiapan yang wajib Anda lakukan sebelum mulai Membuat Toko Online Anda.  Dalam panduan Cara Membuat Toko Online Profesional kali ini, Saya akan mengajarkan cara membuat toko online di komputer lokal Anda tanpa memerlukan Hosting berbayar terlebih dahulu. Oleh karena itu Anda akan membutuhkan sebuah web server lokal. Pilihan web server lokal yang dapat saya rekomendasikan dalam panduan ini adalah AppServ, karena selain gratis, proses instalasinya juga sangat mudah. Selanjutnya baru Anda memilih CMS WordPress, memilih Themes serta Plugin pendukung.

Pembahasan dalam Topik Persiapan Membuat Toko Online Profesional dengan WordPress akan membahas 4 Langkah Persiapan Membangun Toko Online, yaitu:

  1. Instalasi Server Web
  2. Download dan Instalasi WordPress
  3. Membuat Database Toko Online
  4. Download, Instalasi WooCommerce dan Konfigurasi Dasar WooCommerce

INSTALASI SERVER WEB

Seperti yang telah Saya sampaikan sebelumnya di atas, sebelum memulai Membuat Toko Online Anda wajib mendownload server web lokal di komputer Anda. Web server berfungsi untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan.

Dalam panduan membuat toko online ini, Saya merekomendasikan Anda menggunakan AppServ 8.6.0 dikarenaan selain gratis AppServ memiliki versi yang dapat berjalan baik pada sistem operasi Windows.

AppServ adalah paket program yag terdiri dari PHP, MySQL, Apache dan phpMyAdmin yang dapat dijadikan sebagai web server lokal di komputer Anda.  Anda gak perlu lagi repot-repot mengkonfigurasi server lokal karena sudah dijalankan secara otomatis.

Baiklah tanpa berpanjang lebar, berikut ini cara instalasi server web:

  1. Unduh file instalasi AppServ dengan mengakses URL http://www.appservnetwork.com/
  2. Kemudian Klik link Download pada AppServ versi 8.6.0 
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal

    Gambar-1: Link Download AppServ 8.6.0

  3. Tunggu sebentar sampai proses download selesai
  4. Setelah selesai, lakukan proses instalasi dengan cara klik dua kali file instalasi AppServ
  5. Jika telah muncul gambar seperti di bawah ini, Klik Next.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-2

    Gambar-2: Welcome to AppServ 8.6.0

  6. Akan muncul kotak dialog License Agreement. Klik I Agree untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-3

    Gambar-3: License Agreement

  7. Kemudian akan muncul kotak dialog Choose Install Location.  Pada tahapan ini, Anda dapat menentukan lokasi AppServ yang akan Anda instal.  Default AppServ terinstal di C:\appserv, tapi Anda juga bisa menginstalnya di lokasi lain misalnya D:\Appserv. Klik Next.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-4

    Gambar-4: Choose Install Loation

  8. Kemudian akan muncul kotak dialog Select Component. Pastikan Anda centang semua: Apache HTTP Server yang akan berfungsi sebagai web server, MySQL Database berfungsi sebagai database server, PHP berfungsi untuk menjalankan script PHP dan terakhir phpMyAdmin untuk pengaturan seluruh database.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-5

    Gambar-5: Select Components

  9. Selanjutnya muncul kotak dialog Apache HTTP Server Information. Kemudian lakukan pengaturan: Pada kolom Server Name isi dengan nama server Anda (misal localhost), Pada kolom Administrator Email isi alamat email admin dan pada kolom Apache HTTP Port biarkan tetap default 80.  Setelah itu klik Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-6

    Gambar-6: Server Information

  10. Muncul kota dialog MySQL Server Configuration.  Isi Pasword untuk database MySQL Server. Setelah selesai silahkan klik Install. 
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-7

    Gambar-7: Server Configuration

  11. Tunggu proses Instalasi hingga selesai.
  12. Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini. Centang pada Start Apache dan Start MySQL. Klik Finish.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-9

    Gambar-8: Setup Wizard AppServ 8.6.0

  13. Tahapan selanjutnya adalah Anda menguji hasil instalasi yang telah Anda lakukan.  Buka Browse, Ketik URL http://localhost. Jika berhasil terbuka maka akan muncul seperti gambar berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-10

    Gambar-9: Instalasi Berhasil

Instalasi Server Web Anda telah berhasil dilakukan.  Tahapan persiapan membuat toko online Selanjutnya adalah proses Download WordPress.

DOWNLOAD WORDPRESS

WordPress akan Anda jadikan sebagai pondasi untuk Membuat Toko Online yang bisa didownload secara gratis.  Berikut ini langkah-langkah untuk mendownload WordPress:

  1. Download WordPress dengan mengakses URL http://wordpress.org
  2. Klik tombol Download WordPressPersiapan Membuat Toko Online - Download WordPress
  3. Tunggu sampai proses download selesai

Langah Persiapan Membuat Toko Online selanjutnya adalah Membuat Database Toko Online.

MEMBUAT DATABASE TOKO ONLINE

Sebelum kamu mulai menginstal WordPress, Persiapan yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan sebuah database untuk menyimpan data-data penting Toko Online kamu nantinya.

Berikut ini langkah-langkah membuat database:

  1. Pastikan kembali AppServ yang sebelumnya sudah kamu instal sudah berjalan sempurna
  2. Buka browser, akses URL http://localhost/phpmyadmin/ untuk membuka halaman PHPMyAdmin
  3. Masukkan User Name (contoh yang saya buat: root) dan Pasword yang telah kamu daftarkan sebelumnya
    Persiapan Membuat Toko Online - Membuat Database Toko Online

    Gambar-1: Log In

  4. Klik Log In. Kamu bisa lihat halaman muka AppServ seperti Gambar berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Membuat Database Toko Online-2

    Gambar-2: Halaman Muka AppServ 

  5. Untuk membuat database baru, silahkan ketik nama database pada kolom Create new database.  Pada contoh, penulis membuat database dengan nama “dbdresthastore”.
    Persiapan Membuat Toko Online - Membuat Database Toko Online-3

    Gambar-3: Membuat Nama Database Baru 

  6. Klik Create
  7. Kemudian akan muncul Informasi Database nama_database has been created. Menunjukkan bahwa proses pembuatan database baru kamu sudah sukses dibuat.
    Persiapan Membuat Toko Online - Membuat Database Toko Online-4

    Gambar-4: Nama Database Baru Berhasil Dibuat

Bagaimana, sampai sejauh ini tida ada masalah kan? Karena kita akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya….

Setelah kamu berhasil melakukan persiapan membuat toko online hingga tahapan membuat database toko onlinemu, saatnya kamu bisa melakukan tahapan membuat toko online selanjutnya yaitu melakukan proses Instalasi WordPress yang sebelumnya sudah kamu download.

INSTALASI WORDPRESS 4.9.1

Untuk mulai membuat toko online, anda juga sangat membutuhkan CMS WordPress agar kamu bisa melanjutkan proses membangun toko online impianmu.  Proses Instalasi WordPress juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Berikut ini cara Install WordPress di database yang telah kamu siapkan sebelumnya:

  1. Ekstrak WordPress dengan menggunakan WinRar atau aplikasi sejenis. Hasil ekstrak berupa folder dengan nama WordPress.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-1

    Gambar-1: Ekstrak WordPress ZipFile

  2. Untuk mempermudah mengingatnya silahkan ubah nama folder (rename) sesuai dengan nama toko online anda. Contoh yang Saya lakukan diubah menjadi “DresthaStore“.  Untuk mengubahnya cukup klik kanan pada folder WordPress yang telah kamu ekstraks sebelumnya dan pilih Rename untuk mengubahnya.  Setelah itu ketik nama baru sesuai nama toko online kamu.
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-3

    Gambar-2: Rename Folder WordPress ZipFile

  3. WordPress merupakan CMS yang hanya dapat dijalankan di server.  Jadi kamu wajib memindahkannya ke root folder yang juga telah anda instal sebelumnya.  Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah memindahkan forlder WordPress (nama toko onlinemu jika kamu ubah) ke root folder AppServ.  Default lokasinya berada di C:\appserv\www (dalam contoh sebelumnya saya simpan di D:\AppServ\www).
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-4

    Gambar-3: Memindahkan Folder WordPress ke AppServ=>www

  4. Berikutnya, buka browser anda dan akses URL http://localhost/dresthastore.  Akan muncul tampilan seperti gambar berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-5

    Gambar-4: Tampilan Halaman Confiq error (masing-masing berbeda tamiplan sesuai versi)

  5. Perhatikan informasi error yang muncul.  Disebutkan bahwa file wp-config.php tidak tersedia.  Jadi kamu harus membuat file wp-config.php dengan cara mengklik tombol Create a Configuration File.
  6. Klik tombol Let’s Go ketika kamu menjumpai tampilan seperti berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-6

    Gambar-5: Create Configuration File

  7. Selanjutnya akan muncul tampilan halaman untuk mengisi informasi database.  Isi informasi database kamu dengan mengikuti yang telah saya buat seperti dalam gambar berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-7

    Gambar-6: Proses Melengkapi Informasi Database

  8. Informasi yang wajib kamu masukkan adalah: Database Name yaitu dbdresthastore (nama database yang sebelumnya sudah kamu buat sesuai panduan langkah ke-5 membuat database di atas), User Name isi dengan root, Pasword isi sesuai pasword yang anda buat sebelumnya, Database Host: localhost dan Table Prefix isi dengan wp_
  9. Klik tombol Submit
  10. Klik Run the Install 
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-8

    Gambar-7: Run Instalation

  11. Selanjutnya akan muncul tampilan halaman Welcome dari WordPress seperti berikut ini:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-9

    Gambar-8: Welcome Page WordPress

  12. Silahkan lengkapi beberapa detil informasi yang diminta, seperti: Site Title kamu isi dengan judul toko online kamu, Username kamu isi dengan username untuk masuk kehalaman dashboard admin wordpress kamu, Pasword isi dengan pasword yang kamu inginkan, Your Email isi dengan alamat email kamu dan terakhir Privacy dapat kamu centang Allow search engines to index this site. ini agar toko online kamu bisa terindek oleh mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo nantinya.
  13. Klik tombol Install WordPress
  14. Silahkan tunggu proses instalasi WordPress sampai selesai.  Jika berhasil akan muncul tampilan seperti berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-10

    Gambar-9: Instalasi WordPress Berhasil

  15. Kemudian klik tombol Log In, akan muncul tampilan seperti berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-11

    Gambar-10: Tampilan Halaman WordPress Log In 

  16. Saatnya kamu Log In dengan username dan pasword yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.  Jika berhasil, maka kamu akan diarahkan masuk kehalaman Dashboard Admin WordPress seperti tampilan gambar berikut:
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi WordPress-12

    Gambar-11: Tampilan Halaman Dashboard Admin WordPress

  17. Sampai disini kamu sudah berhasil melakukan proses instalasi WordPress.  Jika kamu ingin melihat tampilan halam standar toko online WordPress kamu, silahkan klik Judul web => Visit Site.  Atau kamu bisa langsung akses melalui URL http://localhost/nama_toko online_kamu (contoh: http://localhost/dresthastore)
    Persiapan Membuat Toko Online - Instalasi Web Sever Lokal-14

    Gambar-12: Tampilan Standar Halaman Utama Toko Online Anda

Selamat, Kamu sudah menyelesaikan tahapan Awal Membuat Toko Online dengan WordPress. Namun belum cukup sampai disini yah… Karena kamu harus melakukan berbagai pengaturan-pengaturan Halaman Admin Dashboard kamu agar nantinya tampilan Toko Online kamu semakin lebih profesional dan menarik.  Kamu perlu melakukan instalasi beberapa plugin pendukung lainnya.  Plugin pertama yang wajib kamu install agar bisa membuat toko online kamu jalan adalah kamu harus download dan install plugin WooCommerce

Kamu mau tahu cara mengelola halaman dashboard admin kamu? Silahkan Baca juga Panduan dan Tutorial berikut: Panduan Cara Mengelola Dashboard Admin WordPress

Ingin tahu plugin apa saja yang wajib kamu Install di website kamu / Toko Online Kamu selain plugin WooCommerce? Silahkan baca Panduan Berikut: Plugin WordPress Yang Wajib Kamu Install

KONFIGURASI DASAR WOOCOMMERCE

Langkah terakhir dalam melakukan Persiapan Membuat Toko Online Gratis dan Profesional adalah Melakukan Konfigurasi Dasar WooCommerce agar Toko Online Anda bisa dijalankan dan Tampilan lebih menarik dan profesional.

Namun sebelum Kamu bisa melakukan proses konfigurasinya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah Mendownload dan Install plugin WooCommerce di dashboard admin toko online yang sebelumnya sudah berhasil kamu intall.

Berikut langkah-langkah proses download dan instalasi plugin WooCommerce:

  1. Cara termudah adalah kamu bisa masuk kembali ke halaman dashboard admin toko online kamu.
    Instalasi WooCommerce - Persiapan Membuat Toko Online

    Instalasi WooCommerce – Persiapan Membuat Toko Online

  2. Kemudian melalui dashboard admin kamu, klik plugin => Add new dan ketik WooCommerce => Install dan terakhir Aktifkan!
    Instalasi WooCommerce - Persiapan Membuat Toko Online-1

    Instalasi WooCommerce – Persiapan Membuat Toko Online

  3. Cara ke 2, silahkan kamu Download plugin WooCommerce melalui URL http://wordpress.org/plugins/woocommerce/
  4. Selanjutnya klik tombol Download sesuai versi yang muncul.
  5. Tunggu proses download hingga selesai sempurna
  6. Setelah proses download selesai, lanjutkan ke tahap instalasi plugin WooCommerce via dashboard admin.
  7. Jika anda sudah sempat keluar, silahkan masuk kembali dengan Log In ke halaman Admin dashboard kamu.  Bisa juga melalui akses URL http://localhost/dresthastore (nama_tokoonline kamu)/wp-admin
  8. Silahkan Log In
  9. Setelah kamu berhasil masuk ke halaman dashboard admin, silahkan klik plugin dan kemudian klik add new.
  10. Langkah selanjutnya klik Upload PluginInstalasi WooCommerce - Persiapan Membuat Toko Online-3
  11. Klik Choose File WooCommerce yang sudah di Download dan ekstraks sebelumnya lalu klik Install NowInstalasi WooCommerce - Persiapan Membuat Toko Online-4
  12. Klik ActivatedInstalasi WooCommerce - Persiapan Membuat Toko Online-5

Proses Instalasi Wooommerce telah berhasil amu lakukan, searang baru Kamu bisa masuk ketahap Konfigurasi Dasar WooCommerce.

KONFIGURASI DASAR WOOCOMMERCE

Setelah Kamu berhasil Instal plugin WooCommerce di Dashboard WordPress kamu, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengaturan dan konfigurasi dasar WooCommerce agar Toko Online idaman kamu bisa dioperasikan. Silahkan Lanjutkan Membaca Langkah terakhir Persiapan dalam Membuat Toko Online Super Mantap dan Profesional ini.  Silahkan Klik Disini Untuk Mulai membaca Panduan Cara Mengkonfigurasi dan Setting WooCommerce Toko Online Kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

toko buku bisnis online drestha Mau Jago Jualan di Internet dan Sosial Media? Beli Bukunya Sekarang Juga! Silahkan Order Disini!
error: Content is protected !!
Help-Desk