Home » Edukasi Bisnis Online » Panduan Cara Membuat Website » Ingin Mulai Membuat Website? Lakukan 2 Langkah Persiapan Membangun Website berikut ini!

Ingin Mulai Membuat Website? Lakukan 2 Langkah Persiapan Membangun Website berikut ini!

Selamat datang kembali di Sekolah Bisnis Online Drestha.  Kali ini Saya akan melanjutkan Tutorial Panduan Cara Membuat Website dan Toko Online Gratis untuk Pemula. Sekarang Kamu gak harus bayar mahal untuk bisa membuat website dan Toko Online impian Kamu. Di Sekolah Bisnis Online Drestha Kamu bisa belajar Cara Membuat Website dan Toko Online secara gratis. Anda masih pemula? Jangan khawatir, ikuti langkah-langkah persiapan membangun website yang telah Saya siapkan dan sangat mudah untuk Kamu praktikkan.

Apakah Anda masih Pemula dan ingin Membangun Website? Apakah Anda ingin Membuat Wesbite namun masih bingung mulai dari mana? Apakah Anda sudah tahu apa yang diperlukan untuk membuat website? Sebelum Anda ingin Membangun Website Anda masih bingung persiapan yang harus dilakukan serta langka-langkah cara membuat website impian Anda? Apa saja yang harus disiapkan untuk membuat website? Keputusan Anda telah tepat dengan membaca Lanjutan Seri Panduan Lengkap Cara Membuat Website Bagi Pemula ini.

Topik Kita kali ini adalah “Persiapan Membangun Website”

PERSIAPAN MEMBANGUN WEBSITE 

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum Anda membangun Wesbite idaman Anda. Dalam Seri Panduan Lengkap Cara Membuat Website Gratis Bagi Pemula ini, Proses pembuatan wesbite akan kita lakukan dengan menggunakan Hosting, maka Anda akan membutuhkan sebuah Host web server. Pilihan web Server yang Drestha rekomendasikan saat ini adalah NiagaHoster karena selain NiagaHoster adalah Hosting Murah, proses instalasinya juga sangat mudah.  Kemudian langkah selanjutnya adalah memilih CMS, yaitu CMS WordPress, berikutnya memilih themes serta plugin pendukung.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan topik kita, untuk memudahkan para Pembaca sekalian dalam mempelajari dan mempraktikkan langkah-langkah dalam Persiapan Membangun Website, Drestha akan membaginya kedalam 2 bagian, yaitu:

  1. Instalasi Web Server (Menyewa Hosting, Instalasi, Aktivasi dan Setting Hosting, Domain dan SSL)
  2. Download CMS WordPress

Mari kita mulai bahas satu persatu langkah-langkah dan Persiapan Membangun Website dan Toko Online idaman Anda.

Sebelum Anda melanjutkan Membaca Persiapan Membangun Website ini, Pastikan Anda juga telah Membaca Artikel ini:

Persiapan Membangun Website yang pertama Anda lakukan adalah Instalasi Web Server Untuk Membangun Website Anda

Seperti yang telah Drestha singgung sebelumnya, dalam persiapan membangun website, langah pertama sebelum Anda bisa membuat website, Anda membutuhkan Hosting atau disebut juga Web Hosting dan DomainApa itu web Hosting dan Domain?

Sederhananya seperti ini: Hosting atau yang juga disebut web hosting adalah tempat website anda akan ditaruh.  Semua file yang berhubungan dengan Website Anda akan ditaruh pada hosting.  Sedangkan domain adalah alamat dari website Anda.  Agar Anda dan juga orang lain dapat mengakses website Anda dibutuhkan sebuah alamat yang mengantarkan ke alamat website Anda.  Contoh domain adalah nama website ini: www.drestha.com

Rekomendasi Hosting Murah

Sebagai informasi yang dapat Drestha sampaikan kepada para pembaca setia Drestha bahwa memang benar sangat banyak penyedia layanan hosting dan domain yang ditawarkan.  Masing-masing penyedia layanan hosting dan domain tentu saja akan menawarkan kelebihannya masing-masing, jadi dibutuhkan pengambilan keputusan yang bijaksana dalam memilih dan menetapkan hosting yang tepat dan sesuai kebutuhan para pembaca sekalian.

Hosting Unlimited IndonesiaDalam Panduan ini, Drestha merekomendasikan NiagaHoster.  Kenapa Drestha merekomendasi NiagaHoster? Karena selain NiagaHoster adalah Hosting Murah juga mudah dalam mempelajari dan menggunakannya.

PERHATIAN! Sebelum kita lanjutkan, Saya igin mengingatkan para pembaca setia dan member Drestha.com agar berhati-hati dalam memilih Hosting untuk website Anda.  Di Internet ada banyak orang yang tidak jelas asal-usulnya menawarkan layanan hosting murah.  Sebaiknya Anda jangan mudah terpengaruh dan langsung membelinya hanya karena harganya yang murah.  Kenapa? Karena Hosting yang akan Anda pilih akan berpengaruh pada kualitas kecepatan akses bagi website anda dan juga harus diperhatikan sistem keamanan dari hosting tersebut.  Karena salah dalam memilih akan berakibat buruk dikemudian hari.

Langkah Selanjutnya dalam Persiapan Membangun Website yaitu Menentukan Nama Domain untu Website Anda

Tips Dalam Menentukan Nama Domain

Sebelumnya, Saya selaku pemilik dan pengelola Drestha ini sebelum memilih dan menemukan nama yang tepat untuk blog saya, pasti selalu berpikir terlalu pangjang… Baiklah untuk menyingkat waktu, berikut ini saya bagikan beberapa tips dalam menentukan nama domain Anda:

  1. Pastikan nama domain Anda berkaitan atu bisa menggambarkan topik/isi wesbite Anda nantinya.
  2. Tidak terlalu panjang, 3 kata atau kurang.
  3. Tidak mirip dengan nama website yang populer
  4. Menggunakan ekstensi .com
  5. Tidak mengandung tanda strip (-)
  6. Tidak mengandung angka, keculai apabila brand anda mengandung angka
  7. Mudah  diingat, tidak sulit untuk untuk diucapkan/ditulis.

Itu hanya sekedar tips yah, jangan sepenuhnya harus Anda ikuti.  Karena pada kenyataannya, banyak website sukses yang tidak mengikuti semua tips nama domain yang saya sebutkan di atas…he..he..he..

Cara Membeli Hosting dan Domain

Hosting Unlimited IndonesiaHal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki penyedia hosting. Dalam Panduan kali ini Drestha merekomendasikan NiagaHoster.  Silahkan Klik Link dan Gambar NiagaHoster berikut ini untuk memulai memilih paket Hosting yang akan Anda Butuhkan:

Bagaimana cara membeli Hosting dan domain di NiagaHoster? Baiklah mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke website www.drestha.com dan pada halaman utama Anda akan melihat tampilan Gambar Hosting NiagaHoster pada sidebar.  Silahkan Klik Gambar tersebut.
  • Setelah Anda klik gambar tersebut atau Klik Link NiagaHoster berikut, Anda akan diarahkan ke halaman NiagaHoster dan melihat gambar seperti berikut ini:NiagaHoster Hosting Murah Seri Panduan Membangun Website Gratis
  • Setelah Anda masuk halaman utama NiagaHoster, Arahkan Kursor ke bawah hingga Anda melihat dan menemukan pilihan daftar paket harga Hosting Murah sesuai kebutuhan Anda.  Jika Anda hanya sekedar ingin membangun Website personal blog dan toko online skala kecil, Saya sarankan agar Anda dapat meilih paket personal.  Perhatikan contoh gambar berikut :Paket Hosting Murah Niaga Hoster - Panduan Membuat Website Gratis
  • Langkah selanjutnya setelah Anda memilih Paket Personal, Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, yaitu halaman konfirmasi Pemesanan Anda.  Silahkan Tentukan Lama waktu Sewa Hosting Anda dan juga lengkapi pertanyaan-pertanyaan yang diminta.  Setelah semua sudah dilengkapi silahkan klik Selanjutnya.
  • Kemudian Anda akan diarahkan untuk proses Pembelian / Pemilihan Domain yang Anda inginkan buat nama Domain website Anda. Pada tomobol cari domain Anda dapat melihat apakah nama domain yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak.  Pastikan memilih nama domain yang masih tersedia, kemudian lanjutkan klik Selanjutnya.
  • Jika Anda sudah selesai dan nama domain Anda tersedia, silahkan klik tombol Tambah ke Cart.  Kemudian Anda akan menemukan pemberitahuan rincian order hosting dan nama domain Anda.  Pastikan kembali sudah sesuai dengan pesanan dan pilihan Anda.  JIka menurut Anda sudah sesuai, silahkan lanjutkan klik Tombol Selanjutnya.Rincian Order Hosting Murah Niaga Hoster - Panduan Membangun Website Gratis
  • Langkah terakhir adalah Anda akan diarahkan ke halaman CheckOut yang berisi informasi rincian pesanan Anda.  Silahkan lengkapi dan pilih cara pembayaran Anda.  Kemudian klik Proses CheckOut.
  • Segera lakukan pembayaran atas pesanan Anda agar Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya untuk membuat Wesbite dan Toko Online idaman Anda.

Apakah Anda masih bingung dan ingin belajar dengan menggunakan Audio Video, silahkan Anda dapat menonton Vodeo Panduan Membeli Hosting dan Domain Seri Panduan Membangun Website Berikut ini.  Sekali lagi pastikan Anda terlebih dahulu sudah Klik Link berikut ini: NiagaHoster baru kemudian Silahkan tonton dan ikuti panduan dalam video ini untuk Panduan dan langkah-langkah dalam membeli hosting dan domain di NiagaHoster.

Setelah Anda selesai melakukan proses pembelian paket Hosting sesuai dengan kebutuhan Anda, segera lakukan konfirmasi pembayaran yang Anda lakukan agar dapat diproses lebih lanjut oleh penyedia webHost NiagaHoster.  Selanjutnya Anda pasti akan mendapatkan email dari layanan hosting yang berisi informasi akun anda. Simpan email tersebut.

Persiapan Membangun Website selanjutnya adalah Mendownload & Instalasi WordPress

Ada 2 alternatif cara instalasi WordPress.

Pertama, yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan tool bernama Softaculous yang biasanya sudah ada di hosting Anda.

Kedua, dengan cara manual.

Mari kita mulai membahas cara Instalasi WordPress satu persatu.

Instalasi WordPress dengan Softaculous

Silahkan simak terlebih dahulu video berikut ini:

Jika Anda tidak suka/malas untuk menonton video, jangan khawatir, disini Drestha akan tetap berikan Panduan secara manual kepada para pembaca sekalian.  Silahkan ikuti panduan berikut ini jika Anda lebih memilih mengikuti panduan berikut:

1.  Buka namadomainanda.com/cpanel

Masuk ke alamat CPanel Anda.  Kemudian masukkan username dan pasword Anda sesuai dengan yang telah Anda daftarkan saat membeli Hosting.

cPanel NiagaHoster - Hosting Murah

Disinilah semua tool ajaib yang akan membantu anda dalam mengelola hosting Anda.

Sebagi informasi, tampilan CPanel masing-masing orang bisa jadi akan berbeda dari Video yang Anda tonton tadi.  Namun caranya tidak akan berbeda jauh.

2.  Cari aplikasi bernama Softaculous

Apa sih Softaculous itu? Bagi para pemula, nama tersebut tentu saja hal yang baru.

Softaculous - membangun website install WordPress

Softaculous adalah aplikasi yang Anda butuhkan untuk menginstall berbagai platform yang dibutuhkan oleh website Anda.  Salah satunya adalah CMS WordPress.

Dengan Softaculous, kita bisa menginstall WordPress hanya dengan 2x klik saja.

Cara Menginstallpun tergolong sangat mudah, setelah anda menemukan Softaculous, cari CMS WordPress kemudian klik Install.

Jika Anda tidak menemukannya, Anda juga bisa menggunakan Fantastico.  Atau Anda juga bisa mengikuti Instalasi lewat FTP di bawah ini.

3.  Isi informasi yang diminta oleh Softaculous

Setelah Anda masuk ke halaman Softaculous, kemudian pilih Menu Blog >>> WordPress lalu klik install:

Lanjutan Data Instal WordPress membangun website

Lanjutan Data Instal WordPress membangun website

Cara Download & Instalasi WordPress - Seri Panduan Belajar Cara Membangun Website

Tunggu kurang lebih 3 menit hingga proses instalasi selesai.  Kemudian akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut ini:

Cara Download & Instal WordPress - Seri Panduan Belajar Cara Membangun Website

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, langkah selanjutnya yang haru Anda lakukan adalah Anda masuk ke Dashboard WordPress pada alamat: namadomainanda.com/wp-admin/ seperti notifikasi gambar di atas.  Kemudian masuk dengan menggunakan username dan password sesuai dengan yang sebelumnya telah Anda daftarkan saat proses Instalasi WordPress di cPanel Anda.

Baiklah sampai disini, proses instalasi WordPress Anda sudah selesai dan siap untuk mulai disetting dan operasikan.  Dengan kata lain Anda akan melangkah ke proses langkah selanjutnya dari Panduan Belajar Membuar Website Bagi Pemula ini.  Sebenarnya masih terdapat cara lain untuk melakukan proses Instalasi WordPress namun tidak akan saya jelaskan dalam panduan ini, akan saya jelaskan pada judul panduan topik yang lain.

Ingin Tahu Rahasianya Cara Cari Uang dan Mendapatkan Uang Dari Internet? Ingin Tahu Rahasia Mendaftar Google Adsense agar 100% Disetujui menjadi Publisher Adsense di Google? Panduan berikut pasti sangat berguna bagi Anda: Panduan Lengkap Cara Daftar Google Adsense

Sampai Disini Anda sudah bisa dikatakan memiliki Website / Blog yang siap untuk dilakukan konfigurasi dan setting dengan tambahan-tambahan fitur serta plugin yang akan membuat website dan blog Anda semakin kelihatan profesional.  Dalam Situs Drestha ini, Saya menggunakan Welcome Theme WordPress Premium dari InsertCart, Jika Anda menginginkan Template Welcome WordPress Premium Theme ini Saya berikan diharga yang sangat Murah.  Anda cukup Membayar Rp. 75 ribu saja (semua harga yang ada pada Lapak WordPress Theme akan saya berikan dengan harga Rp. 75.000,- / 1 (satu) template premium). dan saya akan Kirimkan langsung ke alamat email Anda Template tersebut. namun untuk versi gratisnya juga Ada dan Anda bisa dapatkan via: InsertCart Welcome Theme.

Selanjutnya kita akan belajar ke Langkah Berikut, yaitu: Panduan Cara Mengelola Blog / Website Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
Content Marketing - Pemasaran Konten - Pemasaran Digital Panduan Cara Membuat Konten Marketing Bagi Pemula
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install

error: Content is protected !!
Help-Desk