Home » Edukasi Digital Marketing » SEO » Panduan Cara Optimasi On-Page SEO Bagi Pemula

Panduan Cara Optimasi On-Page SEO Bagi Pemula

Panduan Cara Optimasi On Page SEO bagi pemula untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda – Sekolah Bisnis Online dan Belajar Internet Marketing Gratis.

On page SEO adalah faktor-faktor yang akan menentukan teroptimasi atau tidaknya website anda terhadap mesin pencari dilihat dari dalam websitenya sendiri.

Dalam artian bahwa andalah yang bertugas melakukan optimasi di dalam website anda sendiri.

Optimasi SEO on-page sendiri bertujuan agar mesin pencari seperti Google mengetahui apakah website anda sudah relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user.  Dan apakah website anda benar-benar yang memiliki kualitas terbaik untuk ditampilkan.

Oleh karena itu, dalam panduan cara optimasi SEO on page ini ada 2 kata kunci yang perlu kita perhatikan, yaitu relevan dan kualitas.  Tanpa memenuhi kedua hal tersebut, maka akan mustahil website anda bisa mendapatkan peringkat 1 di mesin pencari.

Dalam artikel Tips Panduan cara optimasi on page SEO bagi Pemula ini, kita akan mempelajari bagian-bagian mana saja dalam website anda yang wajib kita terapkan dan aplikasikan optimasi on page SEO serta bagaimana cara melakukan optimasinya.

Konsep on-page SEO

Dalam SEO, konsep optimasi on-page adalah hal paling UTAMA yang harus anda pahami. Meskipun masih ada kategori jenis optimasi lainnya selain on-page (yaitu optimasi off-page, yang akan kita bahas dalam panduan belajar SEO selanjutnya).

Pada intinya, konsep optimasi on-page SEO itu sederhana…anda mengoptimasi website anda dengan tujuan agar:

  1. Website anda sangat bermanfaat bagi pengunjung
  2. Memudahkan para pengunjung untuk melakukan eksplorasi
  3. Pengunjung dapat merasa betah berselancar dan membaca artikel anda
  4. Mesin pencari dapat dengan mudah membaca struktur website anda

Namun pertanyaannya, bukankah optimasi itu adalah untuk mesin pencari, kenapa malah kita harus fokus kepada pengunjung?

Sebagai penjelasan, mesin pencari mampu mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.

Bayangkan jika anda saat mencari suatu informasi di Google, kemudian masuk ke salah satu website.  Dan setelah anda masuk ternyata isinya tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan / jauh dari apa yang anda harapkan.  Kemungkinan besar setelah anda masuk hanya berselang hitungan sekian detik anda akan klik tombol ‘bloc’ untuk mencari website lain yang lebih sesuai dengan apa yang anda butuhkan… Apakah analisa saya ini benar?

Perlu anda ketahui, Google tentunya ingin menampilkan website-website yang memuaskan penggunanya, jadi pastikan website anda mampu memuaskan pengunjung anda nantinya dengan informasi-informasi yang bermanfaat.

Apakah anda ingin membangun website dengan template Premium dari WordPress? Silahkan dapatkan Penawaran menarik WordPress Theme Primum di Lapak Theme saya ini. Silahkan Klik Disini.

Komponen Halaman Website yang Optimal

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna website anda. Mari Kita bahas satu per satu dari setiap kategori berikut ini:

1.  Cara optimasi on page SEO yang pertama adalah dengan membuat Konten yang memiliki kualias terbaik.

Jika anda perhatikan, konten adalah komponen utama dalam sebuah halaman website.  Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.

Akan mustahil bisa mendapatkan peringkat 1 Google tanpa konten yang berkualitas.

….seperti apa sih konten berkualitas itu?

Berikut ini ciri-ciri konten yang berkualitas:

  1. Konten yang anda publikasikan memberikan manfaat yang maksimum bagi para pengunjung website anda
  2. Konten yang anda muat memiliki cirikas khusus dan lebih menonjol dari konten-konten website milik orang lain yang sejenis
  3. Para pengunjung senang menyimak website anda dalam jangka waktu yang panjang
  4. Konten anda membangkitkan perasaan (kagum, terhibur, bahagia, dll)
  5. Menyelesaikan permasalahan bagi pengunjung yang sedang membutuhkan

JIka anda ingin mendapatkan peringkat 1 mesin pencari dengan durasi waktu yang lama, maka konten anda sebaiknya memenuhi kelima kriteria di atas.

Wajib anda ketahui bahwa Google telah dengan terang-terangan menyatakan bahwa mereka menentang konten yang:

  1. Kurus (thin), dengan kata lain konten anda tidak berbobot
  2. Tidak menampilkan dan memberikan nilai tambah bagi pembacanya
  3. Tidak origila (plagiat)
  4. Membuat para pembaca website anda frustasi (karena konten anda kualitasnya rendah sehingga tidak sesuai harapan pembacanya)

Jika konten anda masih masuk dalam salah satu kategori di atas, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan peringkat yang tinggi, segera lakukan perbaikan konten anda karena dapat beresiko mengalami pinalti dari Google.

2. Cara optimasi on page SEO yang kedua adalah Gunakan Keyword yang populer dan tepat sasaran

Kapan terakhir kali anda meencai suati informasi dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo dan atau Bing? Tentunya anda akan mengetikkan beberapa kata sebagai keyword-nya / kata kuncinya.

Kemudian Google akan menampilkan hasil yang paling mendekati dengan kata kunci yang anda ketik tersebut.  Semakin relevan keywordnya, maka semakin tinggi peringkatnya.  Itulah yang kita sebut dengan istilah mengoptimasi keyword.

Setiap halaman yang anda miliki pastikan telah anda optimasi minimal untuk 1 kata kunci.  Bagaimana cara melakukan Optimasi keyword tersebut?

Dalam tips dan artikel ini, saya akan mencoba berbagi pengetahuan bagaimana cara menyertakan keyword dalam halam website anda.  Tepatnya dalam konten, judul dan URL postingan anda.

Dengan demikian, akan membantu mesin pencari dan juga pengunjung untuk memahami apa isis dan maksud dari website anda.

Satu hal lagi…. Saran saya, ada baiknya anda memahami apa maksud di balik sebuah keyword / kata kunci.  Seperti contoh, misalkan ada sesorang yang sedang mencari produk iPhone di Google dengan kata kunci beli / jual handphone apple… dan lihat, apakah Google menampilkan buah Apple? tentu saja tidak… Google akan menampilkan produk iPhone bukan buah apel, dan juga tidak menampilkan artikel seputar membeli iphone…

Oleh karena itu, sangatlah mustahil anda bisa mendapatkan peringkat tertinggi apabila anda menyediakan artikel tentang cara membeli iPhone saja sedangkan anda tidak menyediakan produk iPhone yang anda jual dalam website anda.

3. Cara optimasi on page SEO yang ketiga adalah Gunakan Judul halaman yang mengundang klik.

Cara termudah agar dapat mengoptimasi judul pos anda adalah dengan cara menyertakan keyword utama yang anda incar.

Salah satu contohnya, misal kita akan mengambil kata kunci SEO, maka judulnya pastikan mengandung unsur SEO, seperti “Belajar Optimasi SEO Bagi Pemula”.

Yang terpenting dalam pembuatan judul jangan berfokus hanya pada optimasi Keyword saja, tetapi tambahkan optimasi ketertarikan manusia agar tertarik untuk membacanya.  Sehingga saat anda berhasil membuat orang tertarik untuk berkunjung, maka peringkatnya akan semakin naik.

Masih belum maksud? Saya akan coba perjelas kembali…

Kita ambil contoh, ada 2 website yang bersaing, berada pada peringkat 1 dan 2.

Namun peringkat 2 lebih banyak mendapatkan pengunjung daripada peringkat 1… Disebabkan karena judul yang dia buat lebih menarik, sehingga banyak yang mengklik.

Panduan Cara Optimasi On Page SEO

Sekali lagi saya ingin ingatkan bahwa Google akan lebih mengutamakan hasil yang terbaik, jika kita lihat contoh pada gambar diatas maka website yang di peringkat ke 2 tentunya akan dinaikkan menjadi peringkat pertama dikarenakan jumlah pembaca lebih banyak…. Bagaimana, tentu lebih masuk akal bukan?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai tehnik membuat judul yang menarik, silahkan baca juga tips & artikel kami berikutnya yang berjudul “Panduan Cara Membuat Judul Postingan Yang Menarik“. Jangan lupa daftarkan alamat email anda agar tidak melewatkan tips dan panduan terbaru dari saya.

4.  Cara optimasi on page SEO yang keempat adalah URL yang singkat dan desriptif

Walaupun pengaruhnya tidaklah begitu besar, tapi Optimasi keyword di URL yang mengandung keyword juga dapat mempengaruhi peringkat website anda pada hasil pencarian.

Coba perhatikan contoh URL yang belum dipotimasi berikut ini:

  • drestha.com/?p=94

URL tersebut tentunya tidak relevan dengan isi, judul dan kata kunci halaman tersebut.  Sebagai contoh URL yang baik saat anda membuat halaman / postingan tentang ‘resep bakso ceker’ dan URL anda buat seperti > drestha.com/resep-bakso-ceker/ dan satu contoh lagi saat anda ingin membuat halaman mengenai produk bisa dibuat seperti > drestha.com/laptop/macbook-pro/

Kuncinya adalah buatlah URL anda mendeskripsikan konten anda, lebih bagus lagi jika url anda mengandung kata kunci uatama.

5.  Cara optimasi on page SEO yang kelima adalah Buatlah Meta description yang deskriptif dan mengundang klik

Sebelum kita memulai pembahan ini, apakah anda sudah memahami apa itu Meta Description?  Meta Description adalah kalimat yang akan muncul dalam hasil pencarian mesin pencari di internet.  Salah satu contohnya seperti gambar berikut ini:

cara optimasi on page seo

Sama halnya saat anda mengoptimasi URL, demikian juga Meta Description tidaklah sangat mempengaruhi tingkat ranking anda.  Selain itu, meta description terkadang juga tidak selalu muncul saat pencarian, dikarenakan Google saat ini lebih sering menggunakan kalimat yang ada dalam konten anda sebagai deskripsi halaman / postingan yang anda buat.

Namun jangan lantas anda tidak melakukan optimasi meta description halaman / postingan anda.  Selain mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk anda membuatnya.

Justru dengan anda juga membuat meta description yang menarik, tentunya akan memungkinkan traffic kunjungan ke website anda akan semakin tinggi, kenapa bisa? seperti halnya logika yang telah saya sampikan sebelumnya.  Yang membutuhkan informasi / yang akan membaca postingan anda adalah Manusia, jadi semakin banyak orang yang tertarik mengunjungi website anda maka peringkatnya juga makin tinggi, saat anda membuat meta description yang menarik tentunya akan menarik perhatian yang membacanya untuk klik halaman / postingan anda.

Coba perhatikan contoh meta description di atas….

….. 6. Gambar berkualitas tinggi dan ukuran yang optimal >> Klik Disini untuk Lanjut Membaca ke Halaman 2!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
Content Marketing - Pemasaran Konten - Pemasaran Digital Panduan Cara Membuat Konten Marketing Bagi Pemula
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install

error: Content is protected !!
Help-Desk