Mengenal Blog Bagi Pemula

Selamat datang kembali sahabat Drestha yang baik hati dan luar biasa, salam Transformasi.  Kali ini Drestha.com akan berbagi tentang Dasar-dasar Blogging. Tema kita kali ini adalah “Mengenal Blog Bagi Pemula

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Topik kita: Mengenal Blog Bagi Pemula”, Saya yakin Sahabat Drestha sekalian sebagian besar tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Blog.  Namun disini, Drestha ingin mengajak para sahabat sekalian untuk kita menyamakan persepsi terlebih dahulu sebelum kita membahas Topik-topik selanjutnya seputar “Panduan Blogging agar dapat menghasilkan Passive Income“.

Jika sahabat Drestha mencoba untuk mencari arti kata blog melalui mesin pencari Google, tentu saja sahabat Drestha akan menemukan banyak sekali situs-situs yang memunculkan dan memberikan pengertian definisi blog itu. Saya, selaku penuis dan pengelola Drestha ini sendiri sangat menyukai definis blog yang ditulis di Problogger.com, dimana dalam situs tersebut mengartikan Blog adalah sebuah website yang tersusun dalam suatu alur kronologis dengan konten-konten terbaru berada apada urutan teratas dan konten lama akan berada pada urutan di bawahnya.

Agar para Sahabat Drestha lebih mudah dalam memahami dan mengenal blog, coba Anda lihat dihalam utama situs Drestha.com ini, Sahabat Drestha akan melihat susunan artikel yang dimuat. Dimana Artikel Terbaru selalu berada pada urutan pertama kemudian disusul oleh artikel sebelumnya dan demikian seterusnya.

Mengenal Blog Bagi Pemula - Seri Panduan Blogging
Gambar 1.1 Drestha.com – Contoh Sebuah Blog

Panduan SEO yang Wajib Anda Baca:

Melalui sebuah blog, diharapkan sesorang dapat mempublikasikan tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi orang yang membutuhkan informasi yang diharapkan.  Tulisan-tulisan tersebut bisa berupa sebuah opini pribadi, promosi suatu produk, cerita mengenai usaha bisnisnya, pengalaman pribadi penulis dan masih banyak lagi yang dapt dituangkan dalam sebuah blog.  Bagi sahabat Drestha yang hobi menulis, mengelola Blog dapat menjadi wadah untuk menyalurkan dan menampung hobi tersebut, tentunya akan sangat menarik, kenapa karena semakin bermanfaat dan berbobot tulisan yang sahabat Drestha muat dalam blog Anda maka akan dapat meningkatkan minat pengunjung ke blog sahabat, tentulah hal ini bisa menjadi mesin uang yang akan terus bekerja buat sahabat Drestha sekalian.

Pertanyaanya, lantas bagaimana caranya agar blog yang telah sahabat Drestha buat tersebut bisa menjadi mesin uang dan menjadi passive income buat sahabat Drestha sekalian? Sebenarnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan sebelumnya jika kita sudah mengetahui strategi yang dapat dilakukan, misalnya:

  • Anda dapat menyewakan ruang Iklan pada blog yang Anda sediakan.  Dengan menerapkan cara ini, kita dapat menyewakan dan menyediakan ruang iklan pada tempat-tempat yang strategis dengan kriteria dan program paket harga yang berbeda-beda bisa kita tawarkan nantinya.  Anda dapat menyewakan dengan durasi waktu sesuai program dan paket yang ingin Anda tawarkan, bisa bulanan bahkan tahunan. Coba saja perhatikan banyak sudah blogs dan situs-situs yang melakukan cara ini. Anda bisa pelajari untuk dijadikan referensi dalam membuat paket yang ingin ditawarkan.
  • Menawarkan produk/jasa Anda melalui blog.  Cara ini juga sudah banyak dilakukan oleh para pemilik blogs.  Blog tentu saja dapat kita gunakan sebagai sarana / media promosi pemasaran produk yang akan kita jual. Misalkan Anda memiliki Bisnis, Anda dapat promosikan bisnis Anda dalam blog yang Anda buat.  Sahabat Drestha dapat melihat Situs AKUSARA – Media Promosi Info Pelatihan Sertifikasi BNSP milik Saya yang lain yang saya buat khusus untuk Memasarkan Info Pelatihan. Situs tersebut baru saya bangun kurang lebih 6 bulan, namun dengan menggunakan strategi yang tepat saat ini sudah bisa menghasilkan rata-rata perbulan di atas puluhan juta rupiah hanya dari memasarkan produk informasi pelatihan saja. Menarik sekali bukan? Dalam Blog Drestha ini, semua ilmu dan strategi yang saya lakukan agar bisa menjadikan blog para sahabat Drestha sekalian menjadi Mesin uang akan saya kupas dan bahas tuntas secara gratis.  namun jika Sahabat Drestha ingin mengikuti Kelas-kelas Digital marketing yang kami selenggarakan juga bisa mengikutinya, karena setiap kelas yang kami lakukan adalah kelas Mentoring sampai Mesin uang Anda menghasilkan buat Anda. Berikut ini jadwal terbaru Workshop “FUNDAMENTAL DIGITAL MARKETING & SMART DREAM REVOLUTION” yang akan laksanakan. Pastikan Anda Subscribe juga situs kami tersebut agar Anda terus mendapatkan Informasi-informasi Workshop dan Pelatihan Terupdate dari kami.
  • Menerapkan pemasaran afiliasi. Dengan menerapkan cara ini, kita akan bekerja sama dengan suatu penyedia produk. Misalkan saya punya produk sebuah buku / e-book.  Kemudian Anda bisa ikut memasarkan produk e-book yang saya miliki tersebut.  Sebagai pemasar afiliasi Anda bisa ikut memaskan produk-produk yang dimiliki oleh penyedia Afiliasi tersebut. Topik ini akan saya bahas secara detil dalam topik mengenal Blog selanjutnya.
  • Menampilkan iklan PPC (Pay Per Click) di Blog. Konsep dalam menampilkan iklan PPC pada dasarnya mirip-mirip seperti kita menyewakan ruang iklan di Blog.  Hanya saja ada sedikit perbedaan, dimana kita menyediakan ruang untuk pemasangan iklan PPC.  Iklan PPC dapat kita pasang dari orang yang ingin memasang iklan di blog kita.  Setiap kali iklan PPC yang telah terpasang dan ada yang mengklik baru kita akan mendapat penghasilan.  Tarif juga beragam sesuai dengan masing-masing pemasang iklannya. Ada juga aturan main dalam pemasangan iklan PPC tersebut, dimana kita sebagai pemilikdilarang kelas untuk mengklik sendiri atau mengajak orang lain untuk mengklik iklan tersebut.  Untuk bagaimana agar bisa mendapatkan Iklan PPC akan saya bahas juga secara detil dalam Topik Mengenal Blog Selanjutnya.
  • Menyediakan Jasa Review / Promosi Produk di Blog. Jika Sahabat Drestha sudah memiliki Artikel yang cukup banyak dan juga memiliki Traffick Pengunjung cukup tinggi, cara ini sangatlah penulis rekomendasikan untuk dapat dilakukan. Yah membuka Jasa Product review. Dimana Anda akan membuat tulisan-tulisan yang mempromosikan suatu produk dari perusahaan lain dan anda promosikan dalam Blogs yang Anda buat.  Penjelan lebih detil tentang ini akan saya bahas dalam Topik Mengenal Blog Selanjutnya.

Demikianlah Pemahaman dasar Mengenal Blog Bagi Pemula yang dapat Saya bagikan kepada para Sahabat Drestha sekalian. Topik Selanjutnya yang akan Drestha bahas adalah: “Cara Mendapatkan Ide Baru Menulis Blog Yang Kreatif & Menarik untuk Pemula“.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *