Home » Edukasi Bisnis Online » Panduan Blogging » Panduan Cara Membuat Blog dengan Menggunakan Blogger.com

Panduan Cara Membuat Blog dengan Menggunakan Blogger.com

Dalam topik kita kali ini, saya ingin berbagi kembali kepada para pembaca setia Drestha sekalian yaitu Panduan Cara Membuat Blog Dengan Menggunakan Blogger yang disediakan oleh Google.

Sebelum saya melanjutkan pembahasan ini, untuk lebih memudahkan para pembaca sekalian khususnya bagi para blogger pemula, sebelum kita memulai membuat blog, terlebih dahulu saya akan menjelaskan terlebih dahulu bagaimana merencanakan sebuah blog sebelum anda mulai membuatnya.

Memilih Platform Blog

Untuk memulai membuat blog, siapapun bisa memanfaatkan layanan yang ada di Internet dan bisa anda gunakan secara gratis maupun berbayar.  Kalau ditanya, jujur saja saya lebih menyukai menggunakan CMS WordPress ketimbang Blogger.  Anda bisa dapatkan melalui situs WordPress.org.  Sekali lagi ini adalah menurut saya… Mengapa saya memilih WordPress? Tentu saja dikarenakan CMS WordPress memiliki fitur yang lebih lengkap dan juga sangat mudah untuk mengelolanya.  Selain itu juga WordPress didukung oleh banyak pengembang dari berbagai negara dunia.  Saat ingin berkreasi, saya bisa mendapat kebebasan berkreasi seperti dalam website Drestha.com ini, dimana saya bisa menggabungkan antara Blog, Media Promosi dan juga Toko Online menjadi satu dalam situs ini.  Yang menjadi permasalahan jika anda ingin membuat blog dengan menggunakan WordPress anda wajib memiliki hosting dan domain.  Ingin tahu lebih lanjut apa itu Hosting dana pa itu Domain silahkan Anda baca Topik Panduan saya yang berjudul:

Dua layanan blog yang sangat popular dan bisa anda gunakan secara gratis yaitu: WordPress.com dan Blogger.com. Ya benar, Keduanya bisa anda gunakan untuk membuat blog/website secara gratis. Dalam topik yang akan saya bahas kali ini saya tidak menjelaskan cara pembuat website/blog dengan menggunakan CMS WordPress dari www.WordPress.com tapi saya akan menjelaskan Panduan Cara Membuat Blog dengan Blogger.com.

Kemudahan membuat blog dengan menggunakan blogger yaitu anda tidak perlu membutuhkan hosting dan membeli nama domain, caranyapun sangat mudah…Anda cukup mendaftarakan alamat gmail anda.  Anda hanya perlu memiliki akun Gmail barulah anda bisa mendaftar di www.blogger.com

Merencanakan Blog

Dalam membuat blog, hal terpenting yang harus anda lukukan pertama-tama adalah dengan melakukan perencanaan. Apa saja yang wajib anda rencanakan saat ingin membuat blog/website? Berikut ini saya akan mejelaskan perencanaan awal yang bisa anda jadikan sebagai panduan anda selanjutnya:

  • Nama Blog Anda. Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum membuat blog yaitu anda wajib memikirkan secara matang nama blog anda nantinya. Anda bisa menggunakan nama anda sendiri sebagai blog pribadi anda, atau nama yang unik… Intinya adalah cari dan gunakan nama yang unik dan menarik. Jika Anda Masih bingung cara menentukan nama untuk blog Anda, Silahkan Baca Panduan saya berikut: Empat (4) Ide Blog Yang Kreatif dan Cara Mendapatkan Ide Blog Yang Kreatif.
  • Alamat Blog Anda. Setelah anda menentukan nama untuk blog anda, langkah selanjutnya adalah menentukan alamat untuk blog anda tersebut. Bicara tentang alamat, tentu saja sangat penting… Bayangkan jika anda memiliki sebuah toko tapi orang tidak tahu alamat toko anda? Alamat tersebut jugalah nantiny yang akan mengarahkan orang-pengunjung menuju blog anda.  Seperti dalam nama Blog/website saya ini menggunakan alamat “Drestha.com”. Anda juga bisa dengan menambahkan dengan menggunakan kata kunci produk/jasa anda sebagai alamat blog anda seperti situs media informasi pelatihan dan sertifikasi BNSP yang saya kelola dengan nama alamat: sertifikasibnsp.com.
  • Konten Berkualitas yang akan di hadirkan di blog. Baiklah, Nama Blog sudah dan alamat blog juga sudah anda tentukan.  Saatnya anda membuat Konten Berkualitas untuk anda hadirkan dalam blog anda.  Tahapan ini boleh dikatakan gampang-gampang mudah, karena sebelum anda memposting suatu artikel dalam blog anda, anda saya sarankan untuk tidak terburu-buru membuat artikel namun konten tidak berkualitas. Ingin Tahu lebih lanjut bagaimana Cara Membuat Artikel dengan Konten Berkualitas dan digabungkan dengan Proses Riset Keyword dan Analisa Keyword terlebih dahulu.  Kenapa ini perlu anda lakukan? Jawabannya adalah karena dengan anda melakukan Riset Keyword dan Analisa Persaingan keyword anda bisa menemukan dan menentapkan kata kunci terbaik yang bisa anda gabungkan dalam Artikel anda.
  • Keunikan dan Perbedaan apa yang ingin anda tampilkan dalam blog anda. Untuk bisa memberikan keunikan dalam blog anda, saya sangat menyarankan anda untuk bisa membuka beberapa blog/website dengan tema yang telah anda tentukan sebagai inspirasi buat anda. Kemudian anda buatlah perbedaannya, sehingga orang tertarik untuk berkunjung ke website/blog anda.  Para blogger juga tentulah melakukan hal yang sama dan strategi yang kurang lebih sama.  Menjadikan blog-blog yang seudah besar sebagai inspirasi mereka kemudian membuat perbedaan dalam blog yang akan mereka sajikan.

Itulah beberapa hal yang wajib anda rencanakan terlebih dahulu sebelum anda membuat blog anda.  Tidak usah terlalu kaku, karena nanti juga setelah anda menjalaninya anda semakin mahir dan semakin peka dalam mebuat tulisan-tulisan dengan artikel yang berkonten menarik dan berkualitas.

Apa yang anda alami juga tentu saja dialami hamper semua blogger pemula seperti halnya yang saya alami sendiri saat pertama kali ingin memulai membuat Blog/website.  Namun berbekal rasa ingin tahu, terus belajar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya dengan membaca blog-blog para senior yang saya jadikan sebagi sumber inspirasi saya.

Membuat Blog dengan Blogger

Tahapan selanjutnya yaitu kita siap untuk memulai membuat Blog dengan menggunakan Blogger.com.  Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, cara membuat blog dengan Blogger sangat mudah… Anda hanya perlu sudah memiliki akun di gmail.com jika anda belum memiliki akun gmail silahkan daftarkan diri anda terlebih dahulu di Gmail.com dan daftarkan alamat Gmail anda.

Setelah anda memiliki akun Gmail, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat Blog dengan Blogger:

  1. Silahkan anda kunjungi situs blogger.com
  2. Kemudian setelah anda masuk, silahkan klik Create Your Blog.
    PANDUAN MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGGER BAGI PEMULA

    Situs Blogger

  3. Login dengan menggunakan akun Gmail Anda.
  4. Setelah anda berhasil login, langkah selanjutnya anda akan diminta untuk membuat profil Blogger. Klik Buat Profil Blogger Terbatas.
  5. Selanjutnya, tulis nama yang akan anda gunakan menjadi nama tampilan akun blogger anda. Klik lanjutkan ke Blogger.
  6. Klik tombol Blog Baru.
  7. Berikutnya, silahkan isi form pendaftaran blog.PANDUAN MEMBUAT BLOG DENGAN BLOGGER BAGI PEMULA - 2
  8. Sekarang, Anda telah berhasil memiliki Blog. Untuk melihat tampilan Blog Anda silahkan klik tombol lihat blog.

Merencanakan Model Bisnis Blog Anda

Setelah kita berhasil membuat blog, langkah selanjutnya yang akan anda lakukan adalah mengembangkan Blog yang telah anda buat tadi.  Namun sebelum anda mulai mengembangkan Blog anda, hal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu adalah memikirkan model bisnis apa yang akan anda terapkan kedalam blog anda tersebut.

Berikut ini saya berikan pertimbangan dalam memilih model bisnis blog anda sebagai sumber inspirasi anda nantinya:

  • Model bisnis periklanan online. Jika anda ingin menerapkan model bisnis ini, maka persyaratan utama yang harus anda lakukan adalah memastikan blog anda memiliki traffic pengunjung yang sangat banyak.  Semakin tinggi traffic pengunjung website/blog anda, maka pemasang iklan akan semakin tertarik berbisnis dengan anda.  Intinya, anda wajib memastikan tingkatkan traffic pengunjung blog anda. Jadi, anda wajib menguasai strategi Meningkatkan Traffic Pengunjung menuju blog/website anda, Cara Riset Keyword dan Analisa Persaingan Keyword.
  • Model Bisnis Jualan Online/Menjual Jasa. Jika anda berencana ingin berbisnis online dengan berjualan menggunakan blog anda, hal paling utama yang wajib anda lakukan skill dan kemampuan bagaimana cara mempengaruhi orang lain dengan memasarkan produk/jasa yang ingin anda jual agar orang mau mengambil keputusan dan tindakan membeli produk / jasa anda.  JIka anda sudah memiliki produk/jasa yang ingin anda jual bisa anda lakukan dengan menggunakan jenis blog ini.
  • Model Bisnis Affilate Marketing. Hampir sama dengan jenis berjualan online, anda juga bisa menggunakan jenis affiliate marketing pada blog anda. Anda juga wajib memiliki skill dan kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau menggnakan jasa anda dana tau membeli produk yang anda pasarkan dalam blog anda.

Bagaimana, apakah anda sudah bisa menentukan jenis blog mana yang ingin anda pilih selanjutnya? Silahkan tetapkan dan pilih sesuai dengan keinginan anda.  Karena semua baik adanya, hanya dipastikan kembali adalah strategi bagaimana cara meningkatkan traffic pengunjung anda dan menngkatkan omzet bisnis online anda bisa semakin menigkat.

Jika ditanyakan, dalam blog yang saya miliki anda bisa melihat di Drestha.com bahwa saya sendiri menggabungkan ke tiga jenis blog tersebut.  Dimana saya menggabungkan Model Bisnis periklanan online dimana anda bisa melihat adanya beberapa iklan yang active dari Google Adsense dan beberapa iklan affiliate juga saya masukkan di dalamnya.  Dengan anda memadukan jenis blog tersebut anda bisa mengevaluasi jenis mana yang efektif untuk blog anda.  Selain anda semakin popular, makin terkenal andapun bisa mendapatkan penghasilan tetap tanpa batas tiap bulannya.

Baiklah, setelah Anda berhasil membangun Blog Anda, saatnya kita lanjut ke panduan belajar selanjutnya yaitu: Mengembangkan Blog Anda agar tampilan lebih profesional. Panduan ini merupakan lanjutan dari Seri Panduan Cara Membuat Blog dengan Blogger Bagi Pemula. Silahkan Klik Disini untuk melanjutkan Membaca dan Belajar Cara Mengembangkan Blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk