Home » Edukasi Digital Marketing » Copywriting » Mau Belajar Menyusun Struktur Copywriting Dengan Formula AIDA? Baca Panduan ini!

Mau Belajar Menyusun Struktur Copywriting Dengan Formula AIDA? Baca Panduan ini!

Menerapkan Penyusunan Struktur Copywriter yang benar untuk meningkatkan Konversi Penjualan Usaha Online Anda saat menulis Landing Page dan Content Marketing lainnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan Formula AIDA.

FORMULA AIDA

FORMULA AIDA

Sebelum Saya melanjutkan pembahasan dalam Topik kita kali ini, saya hanya ingin sampaikan bahwa topik ini adalah kelanjutan dari topik sebelumnya yaitu: Panduan Lengkap Menjadi Copywriter Handal dan 5 Mindset Copywriter Yang Wajib Anda Miliki.

Apakah Anda pernah membuat halaman khusus untuk penjualan atau yang lebih dikenal dengan Landing Page sebelumnya? Tidak jarang tentu saja Anda pernah mengalami kehabisan Ide dan bingung mau menulisa apa… Tiba-tiba otak Anda terasa kosong… Terpaku dan tidak bisa menggerakkan keyboard Anda…

Lebih parahnya bisa berjam-jam bahkan berhari-hari masih bingung mau menulis apa dan tidak tahu harus memulai dari mana…

Sudah begitu saat Anda selesai membuat Landing Page Anda, eh ternyata tidak ada yang berminat dan mengunjungi halaman penjualan anda tersebut!

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, menulis copy pada saat membuat halaman penjualan landing page tidaklah mudah, karena Anda harus menguasai cara penyusunan struktur penulisan copywriting anda.  Saat anda membuat struktur yang berbeda meski sedikit saja perbedaannya akan berakibat penulisan penawaran anda tidak menarik.

Hal ini tentulah membuat konversi-nya menjadi sangat rendah.

Ada satu formula rahasia yang telah turun-menurun diajarkan oleh para master copywriting yang juga akan saya bagikan kepada Anda dalam tipik kita kali ini… Sebuah formula yang akan sangat membantu Anda dan mempermudah untuk menciptakan struktur penulisan copy yang efektif.

Namanya adalah Formula AIDA.

Pastikan Anda membaca Panduan Menggunakan Formula AIDA untuk Meningkatkan Penjualan ini sampai selesai jika Anda ingin menguasai teknik penyususnan struktur penulisan Copywriting yang benar untuk anda aplikasikan saat penulisan landing page dan atau content marketing lainnya.

Apa itu Formula AIDA?

AIDA merupakan singkatan dari:

  1. Attention
  2. Interest
  3. Desire
  4. Action

Jika Anda ingin bisa mengubah suatu halaman kosong pada komputer anda menjadi sesuatu yang bisa menarik perhatian bahkan membuat orang lain untuk mengambil keputusan dan tindakan, berarti Anda wajib menguasai Formula AIDA ini!

AIDA memang masih sering dikaitkan dengan Copywriting.

Meskipun sangat identik dengan Copywriting, Anda tetap bisa gunakan Formula AIDA ini untuk membuat tulisan apapun agar lebih menarik.

Saya juga sangat rekomendasikan Anda untuk membaca:

Seberapa Ampuhkah Formula AIDA ini Sehingga wajib digunakan?

Untuk Anda bisa membuat Landing Page dengan menerapkan Formula AIDA, silahkan lihat contoh: Landing Page Domination yang dibuat oleh Handoko Tantra.

Mari kita mulai bahas satu persatu:

#1 Attention

Jika ingin meningkatkan konversi penjualan Anda, pastikan Copy yang Anda buat harus langsung mampu menangkap perhatian pembaca Anda.

Berdasarkan hasil penelitian dari SilverPop pada tahun 2013, Dikatakan bahwa kita harus dapat menarik perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik atau kurang.

Tidak salah? Bagaimana mungkin? Bagaimana caranya bisa menangkap perhatian pengunjung dalam waktu 8 detik?

Ternyata alasan tersebut diperkuat dengan sebuah alasan dimana manusia biasa mengedipkan mata mereka tiap 4 detik, jadi jika kita tidak bisa langsung mendapatkan perhatian dari pembaca dalam 2 kali kedipan mata maka bisa dipastikan mereka akan segera pergi meninggalkan situs web/landing page anda.

Jadi, pastikan agar kalimat-kalimat yang anda susun mungkin berhari-hari bisa ditentukan hanya dalam 2 kali kedipan mata saja.

Itulah maksud dari tahapan ini, yaitu mendapat perhatian dari pembaca anda!

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara Anda menarik perhatian mereka…

Terdapat 3 elemen yang wajib anda perhatikan, yaitu:

  • Judul / headline landing page anda
  • Gambar / media video
  • Kalimat Pembuka

Agar bisa menangkap perhatian pembaca dengan fokus pada 3 elemen di atas, berikut tips yang bisa saya bagikan:

  1. Tawarkan apa yang buyer persona anda pedulikan dari bisnis anda
  2. Sajikan Solusi yang bisa menjawab permasalahan utama buyer persona anda
  3. Buat buyer persona anda meresa itu adalah memang yang sedang mereka alami saat ini dan membutuhkan jawaban solusi penyelesaiannya

Masih belum mengerti apa itu buyer persona? Silahkan baca kembali Panduan saya sebelumnya dengan Topik: 5 Mindset Yang wajib Dimiliki Seorang Copywriter.

Baiklah saya berikan Contoh bagaimana agar bisa menarik perhatian dalam waktu 2 kali kedipan mata:

Anggap saja bahwa buyer persona Anda adalah Ibu karir yang baru melahirkan dan anda ingin menawarkan suplemen penurun berat badan.

Ini kira-kira kalimat yang bisa anda tuliskan agar dapat menarik perhatian pembeli:

“Ingin turunkan berat badan hingga 20 kg hanya dalam waktu sebulan tanpa diet ketat yang menyiksa diri?”

“Kembalikan tubuh langsing idealmu seperti dulu lagi”

“Tidak punya waktu dan energi untuk berolahraga? Sekarang andapun bisa turunkan berat badan tanpa repot dan tidak kelelahan ditempat kerja”

#2 Interest

Langkah selanjutnya setelah anda berhasil menarik perhatian pembaca anda adalah buat mereka tertarik dengan script headline anda dan terus melanjutkan membaca sampai slesai.

Buatlah pembaca anda semakin sadar dengan besarnya permasalahan mereka.

Agar anda bisa memancing minat / interest pembaca anda, cara terbaik yang bisa saya sarankan adalah sediakan:

  1. Informasi sesuai fakta
  2. Statistik
  3. Studi kasus
  4. Kondisi idealnya
  5. Alasan

Kembali kita gunakan contoh Suplemen di atas tadi:

“Dengan mengkonsumsi suplemen [merek] ini Anda akan:

… mampu turunkan berat badan hingga 20kg kurang dari 30 hari

… dapat kembali gunakan baju kesayangan anda yang sudah sempit

…semakin disayang suami

…tetap punya waktu luang untuk keluarga dan pekerjaan”

Ini adalah hanya contoh saja, dan pada praktiknya anda juga tidak diharuskan menggunakan ke-5 hal yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

#3 Desire

Pada tahapan ini, anda diminta untuk membuat pembaca anda sangat-sangat menginginkan produk/layanan jasa yang akan anda tawarkan.

Sebenarnya Desire sangat mirip dengan interest… hanya saja desire lebih fokus pada permainan perasaan emosi dan logika.

Seperti:

1.  Dengan anda memberitahukan benefit apa / manfaat apa yang akan buyer persona anda dapatkan.

Ingat, Jangan sampai anda salah membedakan antara fitur dan manfaat!

Karena terdapat perbedaan besar antara fitur dan manfaat.  Fitur lebih kepada penjelasan dari isi atau komponen yang akan anda berikan melalui produk/layanan jasa anda.  Sedangkan manfaat lebih kepada keuntungan yang bisa mereka rasakan secara langusng melalui fitur yang anda tawarkan tadi.

Ingat kembali pada saat kita membahas copywriting mindset, saya sudah bahas masalah ini sebelumnya.

“Pembaca tidak akan peduli dengan anda, yang mereka pedulikan hanya diri mereka sendiri”.

Intinya, mereka tidak begitu peduli dengan fitur, kelebihan, resep, spek maupun komponen dari produk/layanan jasa anda, yang mereka pedulikan adalah bagaimana fitur tersebut bisa bermanfaat bagi mereka.

Yang masuk dalam kategori fitus seperti:

250 mg Ekstrak teh hijau

2,5 mg Vitamin B6

10 mg L-Cartine

Dan untuk Manfaat seperti:

…diperkaya dengan ekstrak teh hijau serta vitamin B6 yang dapat membantu mempercepat metabolisme serta pembakaran lemak tubuh meskipun anda sedang duduk di depan komputer atau di depan TV

…ditambah dengan L-Cartine untuk melindungi tulang, jantung, ginjal serta otak dan menambah sistem kekebalan tubuh selama proses penurunan berat badan anda.  L-Cartine juga akan melindungi ibu yang masih menyusui agar anak tidak kekurangan nutrisi saat mengkonsumsi suplemen ini.

Saat menjual produk, fitur memang wajib ada… namun fitur tanpa manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh calon buyer persona anda tentu saja tidak akan mampu menjual karena sebagian besar dari mereka tidak mengerti.

2.  Dengan memancing emosi negatif dan berikan solusi

Mereka yang sejak tahap attention masih tetap mengikuti tulisan anda hingga mencapai tahap interest adalah sebagian besar mereka yang tentunya memiliki permasalahan seperti yang sedang anda tulis secara spesifik.

Kebanyakan dari mereka sudah sangat frustasi dan butuh solusi untuk membantu mereka.

Berikut ini contohnya:

Waktu anda tentulah sangat berharga…anda harus bangun pagi, menyeiapkan sarapan lalu bersiap untuk berangkat ke kantor.  Belum lagi energi yang sudah terkuras akibat mengurusi keluarga, urusan pekerjaan di kantor, boss anda dan… anda tiba dirumah pukul 7 malam bahkan bisa lebih larut jika jalanan macet, tentulah sudah sangat melelahkan.

Dengan rutinitas seperti ini, apakah masih memungkinkan untuk berolah raga dan lakukan diet ketat? Mustahil untuk bisa lakukan itu bukan?

Untungnya, dengan mengkonsumsi suplemen [nama produk] hanya dibutuhkan 90 detik dalam sehari. 1 tablet sebelum makan…dan [nama produk] yang akan bekerja membakar lemak ditubuh anda meskipun anda sedang duduk santai atau sambil bekerja

Silahkan anda kembangkan sendiri kata-kata yang lebih menarik minat buyer persona anda, karena yang saya berikan di atas hanya contoh saja.

#4 Action

Tahapan yang paling sederhana dan tahapan terakhir adalah mengajak pembaca untuk mengambil tindakan.

Sesuai dengan tindakan yang anda harapkan dari buyer persona anda, membeli, mendaftar, membuat akun, mendownload, kirim email, telepon anda…silahkan anda tuangkan dalam tahapan ini.

Disebut sebagai Call to action (CTA)

Pastikan CTA sudah disertai dengan Harga jika anda menawarkan produk / jasa untuk dijual.

Baiklah, terima kasih sudah membaca sejauh ini. Anda sudah mengerti dan memahami apa itu Formula AIDA dan bisa anda terapkan saat membuat copywriting dengan menulis Landing Page untuk halaman penjualan anda.

Gabungkan ke 4 formula AIDA tadi secara berurutan jangan sampai salah atau kurang karena akan berakibat konversi anda tidak akan meningkat.

Dalam Topik selanjutnya saya akan membahas Komponen-komponen apa saja yang bisa membuat halaman landing page anda memiliki konversi penjualan yang tinggi.

Saya juga akan memberikan contoh copywriting untuk landing page yang baik dan landing page yang kurang baik.

Apakah Artikel dan panduan Menggunakan Formula AIDA ini bermanfaat dan membantu menjawab pertanyaan anda selama ini? JIka sangat membantu, saya juga sangat berterima kasih karena anda sudah bersedia untuk membagikan artikel ini dengan klik icon share social media di bawah ini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk