Facebook Marketing

4.  Lakukan Optimasi website untuk Facebook anda.

Jka bicara mengenai Facebook marketing, alangkah baiknya saat ini anda telah memiliki website sendiri. Krena melakukan pemasaran di Facebook tanpa memiliki website itu sama halnya seperti anda ingin berperang tapi persenjataan tidak memadahi, alhasil bunuh diri deh..he..he…he… Ok cukup yah basa-basinya, nanti malah basi beneran lagi….

Jika belum saya sangat menganjurkan agar anda membuat website anda terlebih dahulu.  Masing Bingung bagaimana caranya membuat website sendiri langsung online tanpa biaya mahal? Silahkan baca Tutorial Edukasi saya Disini.

Coba ingat-ingat kembali, apakah anda pernah melihat sebuah kiriman artikel yang dishare di Faceebook seperti ini:

Facebook Marketing-3

Sudah gambarnya buram, tidak berhubungan dengan topik atau yang muncul justru bukan gambar topik utamanya.  Kemudian judulnya berbeda dengan aslinya, diperparah lagi dengan deskripsi yang juga tidak jelas.

Itu adalah salah satu akibat dari website yang tidak dioptimasi.  Awal saya terjun dalam dunia Digital Marketing dan Pembuatan Website sayapun melakukan kesalahan yang sama.  Hingga akhirnya saya terus belajar untuk membuat website sayapun semakin baik khusunya optimasi SEO.

Jika Anda Tidak ingin melewatkan tulisan-tulisan saya seputar Edukasi seputar Website, WordPress, Hosting dan SEO khususnya dalam peningkatan Monetize Social Media Digital Marketing saya sangat menyarankan agar Anda mendaftarkan Alamat email Anda pada Form Subribe yang tersedia dan jangan lupa konfirmasi pengajuan anda tersebut.

Siapa sih yang gak mau setiap artikel yang kita kirimkan mendapat respon positif apalagi saat dibagikan / di-share semuanya tepat.  Tepat disini dalam artian Gambarnya resolusinya bagus, gambar sesuai dengan topik dan judul serta memilki judul dan deskripsi yang menarik.  Kenapa? Ya supaya setiap orang yang mengunjungi website kita semakin tertarik, betah dan traffficnya pun semakin bagus.

Disini saya akan berbagi untuk mengoptimasinya, ada beberapa “meta tag” yang harus anda pasang di website anda, tepatnya pada bagian <head>

Coba lihat gambar yang ditunjukkan oleh OGP.me berikut ini:

Facebook Marketing-4

Semoga saja anda tidak bingung melihat gambar di atas maksudnya apa…. Kalau masih bingung, jangan khawatir, saya akan jelaskan disini;

Jika anda pengguna WordPress, sangat saya sarankan untuk menginstal plugin yang bernama Yoast SEO.  Untuk tahu lebih lanjut apa itu Yoast SEO silahkan klik Disini.

Kenapa saya rekomendasikan Yoast SEO? Karena Plugin ini mudah untuk kita gunakan dan pengaturan meta tag jua sudah disediakan di dalamnya.

Bagaimana jika anda bukan pengguna WordPress dan tidak mengerti bahasa HTML sama sekali? Cara termudah yaitu tinggal kirimkan saja artikel ini ke developer website anda dan kemudian anda tes di Open Graph Debugger ini.

5.  Pahami tips untuk membuat post yang baik di Facebook

Saat ingin membuat postingan di Facebook,  Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan mengirimkan tulisan di Facebook terlalu banyak dalam waktu yang sama dalam hari yang sama, karena alasanya ada 2, yaitu:

  • Postingan yang lebih dari 2 kali dalam sehari akan memndapatkan lebih sedikit respon dan sedikit Like dari pembaca anda.
  • Setiap Post yang dikirimkan haruslah Post yang berkualiats, kenyataannya sulit untuk dapat membuat banyak post yang berkualitas dalam sehari.

Untuk lebih Lengkapnya akan kita bahas kembali dalam Tips Edukasi selanjutnya pada Judul Artikel Tips Cara Meningkatkan Like di Facebook.  Nantikan Artikel tersebut yah..Jangan lupa daftarkan dan konfirmasi alamat email anda agar anda tidak melewatkan setiap artikel-artikel dari saya selanjutnya.

Berikut ini Tips untuk masing-masing jenis Post, Teks, Gambar, Video, Link untuk meningkatkan performa Facebook Marketing anda.

Pertama-tama yang perlu anda perhatikan adalah post berjenis teks sebaiknya tidak berdiri sendiri melainkan dibarengi gambar, video atau link.  Orang cenderung melewatkan post berupa teks karena tidak menarik.

Facebook Marketing-5

Coba perhatikan gambar kiriman salah satu page saya ketika saya melakukan Optimasi dan dengan Konten serta Copywriting yang menarik… Respon yang dihasilkan cukup tinggi sekali, dimana ada kurang lebih 2,5 ribu orang yang Like Postingan tersebut dan 6.741 orang membaca artikel tersebut yang langsung menuju website yang telah saya persiapkan.

Sekali lagi, jangan mengirimkan konten di Page Facebook Marketing tanpa media, karena teks yang terlalu panjang akan dipotong oleh Facebook.

Jika anda ingin menggunakan Video, pastikan Video tersebut sudah anda upload terlebih dahulu ke Facebook anda.  Hindari menaruh link video dari YouTube…Lah kenapa?

Coba perhatikan gambar berikut ini:

Facebook Marketing-6

Coba anda perhatikan gambar di atas, Facebook dalam urusan link video YouTube akan menurunkan jangkauan pemirsa kecuali anda berbayar (bersponsor).  Sebaliknya jika video yang anda upload secara langsung ke facebook akan mendapatkan respon jangkauan, komentar, like dan share lebih banyak.

Sekanjutnya Apabila anda mengirimkan Post berupa gambar, supaya optimal, pastikan ukuran gambar yang anda gunakan sebaiknya mendekati persegi atau berupa persegi.  Dengan ukuran minimum yaitu 472×394 px.  Lebih tinggi juga tidak apa-apa, asal janga kurang dari itu.

Berikut ini contoh:

Facebook Marketing-7
Facebook Image displayed on user newsfeed dimensions are 472x394px.  Other images will never be cropped, instead they will be scaled down.  So actual ratio is 236x197px. “More” portrait images than this ration will leave a blank on the right. “more” horizontal images will fit (no empty space above and below). Lihat selengkapnya Disini.

Poinnya adalah gambar yang memilki ukuran besar akan secara otomatis diperkecil namun tanpa memotong bagiannya.

Tips yang terakhir adalah Post yang berupa Link.

Sebagai informasi bahwa Link yang akan mendapatkan engagement terbaik di Facebook biasanya adalah Link yang mempunyai Gambar dengan ukuran landscape (Memanjang ke samping).  Coba perhatikan Gambar yang telah saya Lampirkan sebelumnya dari Pelatihan Sertifikasi BNSP.

Ada yang bertanya ke saya, Sebenarnya jenis post mana sih yang paling baik digunakan dan dikirimkan ke Facebook?

Jawan saya Tergantung… yah, tergantung dari Bobot isi konten yang kita buat.

Melakukan Postingan di social media, termasuk di Facebook, pada umumnya tidak bisa terlalu berbobot.  Kenapa? Karena Gambar yang kita kirimkan hanya mengandung sedikit informasi, demikian juga teks yang kita buat terbatas.  Bahkan video di facebook rata-rata dilihat hanya kurang dari 30 detik.

Facebook Marketing Retention

Jadi, apabila konten yang anda tulis adalah berupa informasi singkat, hiburan, pemberitahuan dan sejenisnya, maka gunakan foto atau video.  Tapi jika bobotnya lebih tinggi jangan.  Untuk KOnten yang berbobot lebih tinggi dan juga lebih panjang, lebih baik terbitkan diwebsite anda sendiri kemudian anda post link-nya ke Facebook anda.

Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan yaitu: Kapan sih Waktu terbaik untuk posting di Facebook?

Sekali lagi saya menjawab tergantung… tergantu siapa audiens kita.  jadi anda wajib melakukan riset terlebih dahulu siap target audiens anda.  Apakah mereka adalah type orang yang aktif di Facebook sepanjang hari atau hanya malam hari?  Apaah mereka aktif saat hari kerja atau akhir minggu?

Kalau secara logika, sekilas jam aktifnya mungkin bisa seperti ini:

  • Jika Pelajar/mahasiswa: hari kerja, malam hari.
  • Pekerja: akhir minggu, malam.
  • Ibu rumah tangga: hari kerja, siang.

Perhatian… Sekali lagi semua itu hanyalah kemungkinan, jangan dijadikan sebagai acuan pasti!

6. Tips berikutnya adalah berpartisipasi dengan Group Populer sesuai industri.

Setelah 3-5 hari secara rutin menerbitkan post di Page Facebook marketing anda, barulah anda akan menyadari kok tidak ada yah membaca artikel / post yang anda kirimkan? Tidak ada yang merespon, Like apalagi yang akan Share postingan anda tersebut…alias kosong melompong…

Dalam tahapan ini, ada 2 tahapan yang biasanya akan dilakukan oleh praktisi social media marketing pemula:

  • Menyerah
  • Ngotot menerbitkan kontensetiap hari dengan membabi buta dan menunggu keajaiban datang menghampiri artikelnya

Dan satu lagi yang hampir saya kelupaan, yaitu dengan menggunakan iklan…but, artikel mengenai beriklan di Facebook akan saya bahas pada topik berikutnya.

So, pada prinsipnya dalam tahapan ini anda hanya menerbitkan konten tanpa melakukan strategi lain makan anda tidak akan mendapatkan kemajuan sama sekali.  Meskipun Konten yang anda bagikan cukup bagus.

Solusi agar membuat orang lain mengenal kita, mengenal page kita, maka kita harus masuk dan bergabung dengan group yang memiliki keanggotaan yang banyak.  Carilah group yang sesuai dengan bisnis anda. Anda bisa menggunakan kata kunci seperti yang telah saya ajarkan sebelumnya.

Pilihlah Group yang paling sesuai dengan industri anda, cari yang memiliki keanggotaan yang banyak pesertanya… tapi perlu diingat jangan meninggalkan spam.  Karena Facebook paling tidak suka dengan namanya Spam.

Ciri-ciri Group yang bagus adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan apakah sering terjadi tanya jawab / interaksi antar anggotanya.  Bukan sekedar memasang iklan saja.
  • Setiap Post yang dibagikan memiliki banyak komentar, like dan share dari anggotanya.
  • Membernya sering berbagi informasi berupa teks/gambar/link
  • Semua post yang dibagikan selalu berhubungan dengan tema group tersebut.

Selain itu, karena beberapa grup sifatnya adalah tertutup (closed group), maka andapun wajib untuk bergabung terlebih dahulu.  Pelajari terlebih dahulu group tersebut, jika ternyata jelek ya silahkan anda keluar dan cari group lain lagi…

Setelah anda bergabung, pastikan jangan anda langsung memasang iklan! Pantangan Keras hukumnya!  Karena semakin ketat pemiliknya berarti group tersebut bagus.  Yang harus anda lakukan adalah berbagi informasi, artikel, tips yang bermanfaat bagi anggota yang lain.  Setelah kurang lebih seminggu barulah anda mulai mengenalkan page anda dan undang mereka bergabung ke page anda… setelah interaksi mulai cukup kemudian anda bisa mengajak / mengundang mereka untuk berkunjung ke website anda.  Biasanya saat mereka bergabung ke page anda, mereka akan buka-buka setiap link arikel anda.

Salah satu tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan respon positif dari anggota group adalah dengan berbagi panduan untuk permasalahan tertentu yang anda kemas dalam sebuah ebook pdf.

7. Analisa performa page anda sendiri.

Lanjutkan ke Page-3 >>>

One thought on “Facebook Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *