Facebook Marketing

Facebook Marketing dari tahun-ketahun terus saja mengalami perubahan yang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan tersebut, tentulah tutorial-tutorial tentang facebook marketing yang efektif 2 – 3 tahun lalu besar kemungkinan sudah tidak dapat digunakan lagi sekarang. Lebih parah lagi justru bisa mendatangkan kerugian jika masih tetap menggunakan strategi marketing yang lama.

Mengapa bisa demikian? Hal tersebut dikarenakan pergerakan informasi online di Indonesia saat ini masih lebih lambat daripada pergerakan informasi online di luar, sehingga saat orang asing sudah mulai menerapkan panduan-panduan strategi terbaru, masyarakat Indonesia masih menggunakan strategi yang lama.

Satu hal lagi, saat ini kalau kita bicara Facebook Marketing tentulah kita berpikir ‘iklan…iklan…iklan…’ Tanpa kita menyadari dan mengetahui bahwa sebelum kita memulai memasang iklan ada hal-hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

Dalam Tips & Artikel Facebook Marketing ini, saya akan berbagi strategi dan langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan di dunia marketing modern ini dengan menggunakan social media Facebook, agar upaya strategi yang akan anda lakukan semakin sempurna.

  1. Temukan 5 page milik brand saingan anda di Facebook.

Seringkali terjadi, khususnya bagi orang yang baru terjun ke Facebook Marketing biasanya langsung “bermain kasar”.  Maksudnya, mereka masih belum mengerti dan tidak tahu apapun tentang Facebook itu.  Apa yang harus ia lakukan, apa yang disukai oleh orang lain, informasi apa yang bisa mereka dapatkan dan efektif untuk bisnis mereka… Langsung saja mengirimkan banyak post…dan lebih parahnya mengirimkan banyak iklan.

Sehingga akibatnya adalah apa yang telah anda lakukan tersebut akan menjadi sia-sia meskipun anda telah menggunakan layanan agensi periklanan Facebook.  Oleh karena, cara terbaik untuk belajar adalah dengan melihat dan meniru strategi apa yang efektif di dalam bidang industri yang sesuai dengan bidang anda sendiri.

Berikut ini cara untuk mencarinya:

Silahkan masukkan “Pages about [industri] that are liked by my friends” di kolom pencarian Facebook.  Anda dapat melihat hasilnya seperti pada gambar berikut ini:

FACEBOOK MARKETING-1

Facebook akan memperlihatkan page dalam topik yang anda ketik dan yang populer di kalangan teman-teman anda sendiri.  Silahkan lanjutkan dengan klik ‘See more’ dan anda akan melihat saingan anda.

Silahkan anda mencari informasi sebanyak mungkin yang menurut anda paling mirip dengan bisnis anda.  Abaikan yang memiliki follower sedikit atau followernya banyak tapi tidak ada like & komentar.

Kemudian pelajari hal berikut ini:

  • Post yang seperti apakah yang bisa mendapatkan banyak like.
  • Seberapa sering mereka menerbitkan post baru.
  • Jam berapa post yang mendapat banyak like
  • Foto, cover dan kelengkapan profil apa yang digunakan.

Dan masih banyak hal yang bisa anda pelajari dari page tersebut.

Yang terpenting adalah saat nanti anda membuat iklan maka anda bisa menargetkan orang-orang yang ngelike page saingan-saingan anda ini.  Dengan demikian, sudah tentu saja iklan yang anda kirimkan menjadi tepat sasaran dan lebih murah.

2.  Buat page yang menarik.

Page ibarat sebuah toko real milik anda.  Oleh karena itu pastikan page andapun menarik.  Coba bayangkan jika toko anda jelek, kira-kira apakah dapat menarik perhatian untuk datang dan membeli produk yang anda jual?

Jika anda masih belum memiliki Page silahkan Masuk ke link berikut ini untuk membuat Facebook Page baru.  Kemudian pilih kategori yang tepat, serius.  Beda kategori bisa beda fitur yang diberikan.

Kemudian masukkan nama brand anda.  Berikut Tips menamai page yang biasanya membuat orang salah:

  • Gunakan nama brand anda, titik.
  • Jangan gunakan jenis produk/layanan sebagai nama (misalnya: “kontraktor rumah”).
  • Singkat, 2 – 3 kata paling optimal.  pisahkan dengan spasi.

Selanjutnya jangan lupa untuk melengkapi profil anda mulai dari URL, deskripsi, foto, cover dan keterangan lainnya.  Berikut Tips yang layak untuk anda coba:

  • Profil picture: pastikan untuk menggunakan logo dengan resolusi tinggi, jangan gunakan gambar yang buram.
  • Cover: sekali lagi pergunakan gambar yang menarik dengan resolusi tinggi, jangan gunakan sembarang gambar dari Internet.
  • About: Berikan uraian singkat mengenai usaha anda, jauhkan kata-kata yang bertele-tele.
  • Lengkapi semua informasi yang diminta di tab Info, ingat… selengkap-lengkapnya.

Tips yang perlu diperhatikan ketika baru membuat page, anda akan diminta untuk langsung memasang iklan di page anda.  Saran saya agar jangan tergesa-gesa, belum saatnya.

Yang dapat anda lakukan adalah anda bisa memasukkan data audiens anda sekarang.

3.  Ketahui dan tentukan target calon audiens anda.

Dalam dunia marketing, kita pastinya sudah memahami bahwa menargetkan 1 kelompok audiens jauh lebih efektif daripada yang terlalu umum.  Sulir membuat strategi agar bisa ampuh untuk semua kalangan.

Hal ini akan sangan berguna nantinya pada saat anda membuat konten.

Kesalahan yang paling fatal dan sering terjadi di sini biasanya adalah menggunakan bahasa yang tidak pantas buat target audiens mereka sendiri.

Contoh:

Sebuah bisnis, dengan target pasar yang dipilih adalah orang berusia 35+

Namun di Facebook Marketing mereka justru membuat post yang ditujukan untuk anak muda.  Misalnya menggunakan bahasa gaul, atau membuat gambar lucu.  Bagaimana menurut anda, apakah pantas?  Itu salah satu contoh yang paling sederhana.

Intinya, kita harus menyediakan apa yang pantas dan juga menarik bagi target audiens yang akan kita capai nantinya.

Kabar baiknya, dengan menggunakan Facebook kita bisa dengan mudah mengenali siapa saja audiens yang akan kita incar.  Bagaimana caranya?  Lagi-lagi anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan brand saingan anda.

Gunakan kembali kata kuncinya: “Interests liked by people who like [nama page saingan anda]

Facebook marketing-2

Coba perhatikan gambar di atas, anda dapat melihat target anda adalah orang yang religius, sayang ibu, suka sepakbola, belajar psikologi dan suka menggambar.

Sehingga saat anda ingin membuat konten, agar anda mendapat respon dan like, upayakan agar membahas hal-hal apa yang mereka suka.

Kata kunci ‘interest’ juga dapat anda ganti dengan kata kunci lainnya, misalnya:

  • Movies
  • Books
  • Restaurants
  • Places
  • Public figures
  • Organizations
  • dan lain-lain sesuai kata kunci yang anda inginkan.

4.  Lakukan Optimasi website untuk Facebook anda.

Lanjutkan ke page ke-2 >>>

One Reply to “Facebook Marketing”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk