Home » Edukasi Digital Marketing » Copywriting » Ingin Sukses Menjadi Copywriter Handal? Miliki 5 Mindset Copywriter Berikut ini!

Ingin Sukses Menjadi Copywriter Handal? Miliki 5 Mindset Copywriter Berikut ini!

Memanglah benar anda bisa menemukan dan pelajari begitu banyak panduan dan tutorial seputar teknik copywriting.  Jadi pastikan Anda bijak dalam memilih salah satu panduannya untuk bisa anda kembangkan selanjutnya.  Meskipun anda bisa saja mendapatkannya dengan mudah, salah satu syarat mutlak yang tidak boleh anda lewatkan adalah Anda wajib memiliki copywriter Mindset atau yang disebut dengan Pola Pikir Seorang Copywriter.

Jangan merasa senang bisa punya hingga ribuan template copywriting dengan berbagai aspek, tapi anda sendiri tidak memiliki pola pikir seorang copywriter… Menurut saya gak ada arti dan akan sia-sia saja anda berusaha bisa menjadi seorang copywriter handal.

Tentulah copy yang nanti anda hasilkan tidak menjual karena anda belum memahami 5 mindset yang akan saya jelaskan dalam topik kita kali ini.  Karena saya sangat yakin nantinya template copy yang anda hasilkan jadi terasa kaku bahkan tampak sudah kuno dan tidak menarik bagi audiens anda.

Dengan cara berpikir yang lebih modern tentu saja seharusnya ide-ide yang lebih creative akan terus berdatangan dan membuat copy penjualan anda semakin menarik jika anda sudah memahami copywriter mindset yang saya bagikan dalam topik yang kita bahas ini.

Anda bisa terapkan semuanya dalam membuat landing page, sales letter (email marketing), konten dan blogs anda…

Baiklah tanpa berlama-lama lagi, berikut ini 5 Copywriter Mindset yang wajib Anda miliki jika ingin menjadi seorang Copywriter yang handal:

Copywriter Mindset 1: Copywriting tidak sekedar Menulis

Ingat, bukan karena namanya Copy “writing” trus anda sekedar menulis saja! Karena era yang sudah serba digital seperti sekarang ini sudah terdapat banyak sekali media-media yang bisa anda gunakan untuk membantu pemasaran digital anda.  Bisa dalam bentuk Gambar, Video maupun Audio.  Jika Anda ingin menjadis eorang Copywriter profesional, pastikan bahwa salah satu pekerjaan anda nantinya juga adalah mampu membuat konsep pemasaran dengan menggunakan gambar dan script dalam Video yang menarik.

Yang paling penting disini adalah Copywriter wajib mendalami psikologi manusia bukan mesin robot karena menggunakan Internet.

Masih ingat kan apa fungsi utama seorang copywriter? Yah, benar sekali… Membuat copy / teks yang dapat meningkatkan konversi. Jika Anda Lupa dan masih ingin membaca Topik kita sebelumnya mengenai Copywriting silahkan Baca Disini: Panduan Lengkap belajar Copywriting.

Meskipun anda wajib memahami psikologis manusia, bukan berarti untuk menjadi seorang copywriter anda harus menjadi psikolog sungguhan baru bisa memahami teknik menjadi copywriter handal.  Namun intinya untuk bisa meningkatkan konversi, anda juga wajib memahami prinsip-prinsip psikologi manusia, karena anda akan banyak menemui prinsip-prinsip tersebut.

Copywriter Mindset 2: Jangan Khawatir Karena Tidak Ada Yang Mempedulian Anda.

Kenapa saya katankan jangan khawatir? Manusia memiliki sifat dasar yaitu Egois… Lebih mementingkan dan peduli pada dirisendiri.

Masih gak ngerti maksudnya? Baiklah saya kasih contoh…

Kursus Private Komputer Bersertifikat BNSP Diselenggarakan oleh AKUSARA. Didirikan sejak tahun 2008 di Bandung. Yang digagas oleh Sinda Hasian Siadari dan Team yang profesional dan bersertifikat serta telah memiliki lisensi dari BNSP. Alamat kami adalah di Jl. Soekarno Hatta No 10 – Bandung Jawa Barat.

AKUSARA adalah Lembaga Pelatihan Komputer dan Kursus Internet Marketing yang telah berpengalaman sejak 2008. Kelas-kelas yang diadakan adalah: SEO for Beginner, SEO for Advance, Digital Marketing Certification….

Banyak almuni dari murid-murid kami yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan diberbagai perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional bahkan perusahaan asing dengan posisi dan penawaran paket yang sangat menarik…..

Bagaimana menurut Anda jika anda membaca suatu Iklan yang isinya seperti di atas? Ngantuk dan booring kan…

Apakah menurut Anda menjual informasi kelas pelatihan perlu anda jelaskan secara terperinci sejarah berdirinya lembaga pelatihan tersebut? Bukankah bisa dimasukkan dalam profil perusahaan dalam situs web sehingga bisa dibaca lebih detil bukan pada topik yang akan anda jual dan masukkan dalam copy/teks scrip anda.

Ingat 99,9% orang tidak akan peduli dengan sejarah bisnis anda! Karena mereka akan langsung fokus pada apa yang anda tawarkan, seperti keunggulan dan harga yang anda tawarkan tersebut. Baru mereka akan tertarik untuk klik iklan anda.  JIka mereka rasa perlu kemudian mereka akan mulai berselancar mencari tahu tentang profil perusahaan/produk yang anda tawarkan.

Jadi, jika anda ingin menjadi seorang copywriter, anda harus mengetahui informasi apa yang paling dibutuhkan oleh calon customer anda dan informasi tersebutlah yang anda tawarkan pada mereka.

CopywriterMindset 3: Lakukan penjualan seperti Anda fokus menjual pada 1 orang.

Sekedar memberikan saran, jika anda membuat scrip anda coba bayangkan seolah-olah sedang fokus pada 1 orang prospek calon customer anda. Jangan langsung mau jual kebanyak orang.

Masih bingung maksudnya? Baiklah saya coba jelaskan dengan contoh lagi yah…

Misalnya anda ingin berjualan property. Pada umumnya terdapat 2 jenis pembeli properti, yaitu ingin digunakan sendiri atau ingin berinvestasi. tentu saja sangat berbeda 180 derajat.

Jadi jangan sampai anda melakukan cara penjualan dengan tehnik yang sama sekaligus.  Karena kedua pasti memiliki selera, kelas dan permasalahan yang berbeda.

Untuk contoh di atas maka solusinya adalah buat buyer personal…(bukan pesona), dimana anda membuat perwakilan rata-rata dari customer ideal anda.

Siapa yang paling mungkin untuk membeli produk anda atau menggunakan jasa anda.  Itulah yang akan kita jadikan perwakilan sebagai buyer persona.

Buyer Persona - Copywriter Mindset

Lupakan mereka yang tidak potensial dan kemungkinannya kecil untuk membeli atau membutuhkan produk/jasa anda.

Contoh lain:

Anda ingin menjual suplemen penurun berat badan, siapa saja buyer persona anda yang berpeluang untuk membeli produk anda? Jawabannya pastilah orang yang kelebihan berat badan / overweight! Tapi kan masih sangat luas dan belum spesifik target market anda tersebut… Anda bisa buat semakin sepesifik dengan informasi-informasi tambahan:

  • Jenis kelamin: wanita
  • Usia: 20 – 30 tahun
  • Status: Ibu muda dengan anak 2
  • Pekerjaan: Karyawan Kantor (yang bekerja jam 9 sd jam 5 sore)
  • Memiliki permasalahan utama: ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan, tapi tidak memiliki waktu banyak untuk berolahraga
  • Apa yang ingin ditawarkan: Suplemen penurun berat badan gak perlu repot-repot harus berolahraga dan gak perlu diet ketat.

Nah itulah contoh Persona Buyer Anda!

Kemudian setelah anda menetapkan persona buyer anda, buatlah sales page, iklan maupun promosi yang anda butuhkan untuk menargetkan persona buyer tersebut.

Copywriter Mindset 4: Jangan seperti Robot

Waktu dibangku sekolah dulu tentulah sudah tidak asing dengan menggunakan bahasa istilah EYD… penulisan yang menurut saya sangat kaku karena harus sesuai dengan tata bahasa baku seperti robot.

Mungkin anda berpikir terkesan kelihatan lebih profesional, apalagi jika ditambahkan dengan istilah-istilah baru yang kurang dimengerti biar kelihatan lebih keren…haloo… ingat bro, jika anda menggunakan bahasa yang terlalu kaku orangpun akan males membacanya dan justru terkesan aneh dan dibuat-buat… Jangan seolah-olah sedang menggurui dan mengajar seperti disekolahan jika ingin membuat suatu copy / teks karena orang tentu males membacanya.

Lebih asik jika anda menggunakan bahasa sehari-hari yang memang bisa diterima untuk era sekarang ini sesuai dengan target persona anda.

Copywriter Mindset yang terakhir yang wajib anda miliki jika ingin menjadi copywriter handal yaitu anda rajin-rajin menambah ilmu dan pengetahuan Anda… Cari referensi yang bisa anda jadikan tambahan inspirasi teks serta konten-konten yang saat ini sedang trending topik dan paling banyak dicari orang.

Tingkatkan Pengetahuan Anda dengan membaca Topik Panduan yang saya rekomendasikan untuk Anda Baca berikut ini:

Kesimpulan:

Saya harap dengan memiliki 4 modal di atas + keninginan untuk terus belajar sudah cukup bisa menjadikan anda seorang copywriter yang handal.

Anda bisa mempraktikkan membuat copy di Landing Page…Email Marketing..Iklan..maupun konten untuk website anda.

Hindari 4 kesalahan yang biasanya dilakukan saat akan membuat copywriting berikut ini:

  1. Tidak peduli dengan apa yang akan orang lain pikirkan saat membaca tulisan yang anda buat.
  2. Terlalu berfokus pada diri sendiri.
  3. Berbicara atau membuat teks yag tidak tepat sasaran.
  4. Scrip teks yang dibuat membosankan dan sulit dimengerti.

Dalam Topik selanjutnya, saya akan membahas bagaimana membuat Struktur Copy dengan menggunakan satu formula terbaik untuk membuat copywriting.

Silahkan Baca Panduan saya selanjutnya: Menyusun Struktur Copywriting dengan Formula AIDA.

Apakah Artikel ini bermanfaat dan membantu Anda? Jika iya, saya sangat berterima kasih karena Anda sudah bersedia untuk membagikannya dengan share dan klik icon share social media di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk