Home » Edukasi Bisnis Online » Panduan Bisnis Online » Panduan Cara Membuat Konten Marketing Bagi Pemula

Panduan Cara Membuat Konten Marketing Bagi Pemula

Kali ini saya akan memberikan pemahaman dasar tentang apa itu Content Marketing dan mengapa Pemasaran Digital dengan menggunakan Konten lebih efektif untuk meningkatkan traffic pengunjung dan omzet penjualan bisnis online anda.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada dasarnya terdapat kesamaan yang bisa kita temukan dari semua pengusaha yaitu mereka ingin mendapatkan banyak pengunjung dan omzet penjualan meningkat namun tidak mau menghamburkan angaran yang besar untuk melakukan pemasaran dan promosinya.

Jika kita perhatikan sangat bertentangan sekali bukan?

Dalam dunia pemasaran secara tradisional, tentu saja anda bisa melihat banyak sekali para pengusaha yang harus mengeluarkan begitu besar anggaran untuk biaya promosi dan iklan agar peluang untuk pengembangan usaha mereka juga bisa meningkat.

Jadi jika anda memiliki anggaran yang sangat minim jangan harap anda bisa bersaing dengan mereka dan dapat mengembangkan usaha anda.

Tapi itu adalah jaman tradisional yang sudah tidak bisa dipakai lagi di era serba digital saat ini. Apalagi saat ini sudah ada satu teknik yang sudah sangat terbukti lebih efektif untuk meningkatkan usaha anda… yaitu teknik:

Content Marketing.

Pengertian content marketing - manfaat content marketing

Kembali lagi kita ke masa zaman pemasaran tradisional, jika anda ingin menjangkau customer anda, yang wajib dilakukan adalah anda harus keluar untuk mencari customer seperti melalui canvasing door to door dan cara lain sebagainya.  Tentu saja bisa anda bayangkan dan hitung berapa biaya yang harus anda keluarkan jika harus melakukan penjualan secara canvasing terus menerus… belum lagi kondisi jalanan yang super macet dan tingkat stress tinggi tentunya akan anda rasakan.

Nah, dengan munculnya strategi pemasaran dengan teknik content marketing, ternyata yang terjadi justru sebaliknya. Justru customer andalah yang akan mencari produk anda via internet.

Jika anda menyediakan konten yang sangat bermanfaat bagi mereka dan selalu saja bisa membantu menyelesaikan dan memberikan solusi bagi permasalahan mereka, tentulah akan menjadikan mereka sebagai kustomer / pelanggan setia anda yang loyal dan akan membagikan secara cuma-cuma konten anda kepada relasi mereka.

Hal inilah yang membuat mengapa content marketing menjadi solusi yang lebih efektif untuk meningkatkan pemasaran digital anda.

But, sabar dulu yah… Meskipun Conten Marketing memang lebih efektif, kenyataannya masih saja banyak yang sering melakukan kesalahan dalam melakukan pemasaran konten, akhirnya usaha yang dilakukan seperti sia-sia dan tidak sesuai yang diharapkan.

Kenapa bisa terjadi demikian? Tentu saja karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman cara melakukan pemasaran konten sehingga terkesan konten yang dibuat asal jadi tanpa dilakukan dengan benar.

Oleh karena itu, jangan sampai anda terus menerus terjebak dalam kesalahan yang sama… Silahkan baca Panduan Cara Melakukan Pemasaran Konten berikut ini agar Anda bisa melakukan Content Marketing yang lebih efektif lagi.

Apa itu Content Marketing, dan Mengapa Menggunakan Content Marketing?

Sebenarnya saya sudah membahas mengenai pengertian Content Marketing dalam Panduan saya sebelumnya yang berjudul: “Pengertian Content Marketing dan Mengapa Pemasaran Konten“.

Sebagai garis besarnya pengertian dari Content Marketing adalah:

Content Marketing yaitu suatu strategi marketing dimana dibutuhkan suatu perencanaan terlebih dahulu, kemudian kita masuk kedalam proses pendistibusian dari konten yang mampu mempengaruhi dan menarik minat audiens / pembaca dengan lebih tepat sasaran sehingga dapat mendorong pembaca untuk mengambil tindakan / keputusan menjadi customer anda.

berikut ini akan saya luruskan Pemahaman yang masih saja salah terutama bagi blogger di Indonesia:

#1 Content marketing tidak hanya tentang mempromosikan konten

Memang benar jika kita baca dalam kamus besar bahasa Indonesia, Marketing dapat diartikan sebagai pemasaran dan atau promosi, namun jangan lantas kita artikan pemasaran konten yaitu bagaimana mempromosikan konten.

Sekali lagi, keluar dari persepsi yang salah tersebut, karena content marketing disini bukanlah tentang promosi!

Melainkan termasuk di dalamnya proses perencanaan, pembuatan dan analisa… bahkan bukan hnya itu saja.

Perlu saya sampaikan bahwa dalam istilah pemasaran kita juga mengenal istilah funnel marketing atau lebih sering disebut purchasing funnel.  Yaitu suatu tahapan yang akan dilalui oleh calon customer mulai dari proses pengenalan hingga pengambilan keputusan untuk membeli.

Masih bingung untuk memahaminya?

Baiklah saya akan coba jelaskan dengan menggunakan cerita agar lebih memudahkan anda untuk memahaminya:

Disini saya akan coba menceritakan calon customer yang berencana sedang mencari Pelatihan Berbasis Kompetensi untuk meningkatkan Kompetensinya sebagai seorang Trainer.  Anggap seorang calon customer tersebut namanya Anton.  Saat ingin memutuskan untuk mendaftar Pelatihan via Situs Informasi Pelatihan Sertifikasi Berbasis Kompetensi dengan Sertifikat BNSP di www.sertifikasibnsp.com yang saya kelola juga, tentu saja Anton tidak langsung mendaftar, tentulah Anton akan melewati proses sebagai berikut:

Content Marketing - Marketing Funnel - Purchase Funnel

Marketing Funnel / Purchase Funnel

Jika kita lihat sesuai dengan tahapan gambar di atas, maka sebelum Anton mengambil keputusan untuk memilih AKUSARA sebagai Pilihan yang tepat untuk mendaftar dan melakukan proses pembayaran biaya pelatihan sesuai pelatihan yang saat ini sedang Anton butuhkan akan terlebih dahulu melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google dan menemukan salah satunya website www.sertifikasibnsp.com saat sedang mencari dengan kata kunci: Training of Trainer BNSP 2017. Anton akan melakukan evaluasi pembanding dengan situs-situs sejenis dengan ata unci tersebut.  Akhirnya setelah melakukan evaluasi Anton bisa memutusan bahwa wwwsertifiasibnsp.com lah pilihan yang tepat dan mengambil keputusan untuk menghubungi staff admin pada nomor yang tertera dan melakukan proses pendaftaran dan pembayaran lebih lanjut…. Bagaimana, Anda sudah mulai paham buan dengan penjelasan tersebut?

Baiklah, setelah cerita tadi mari ita lanjutan untu koreksi pemahaman yang salah kedua…

#2 Konten marketing / content marketing tidak harus berisi pemasaran / penjualan.

Kesalahan yang masih sering dilakukan oleh para pembisnis online khususnya masih saja beranggapan bahwa content marketing haruslah berisi penjualan.

Coba baca kembali cerita tentang Anton di atas.  Pada awalnya Anton sedang mencari jawaban atas permasalahan yang sedang dialaminya dan berusaha mendapatkan solusi dengan mencarinya lewat internet dengan mengetikkan kata kunci yang diharapkan dapat menemukan jawaban.

Kemudian mesin pencari seperti Google akan menampilkan situs anda.  Nah mulailah Anton bisa mengenal situs dan atau produk anda.  Anton tentu saja akan mempelajari terlebih dahulu toko online anda, siapa anda dan berusaha mendapatkan informasi yang lengkap tentang anda terlebih dahulu barulah Anton akan mengambil keputusan untuk memilih anda atau membeli produk anda. Tentu saja masuk akal bukan?

Dalam artian dalam mempersiapkan content marketing, wajiblah anda menyediakan konten untuk setiap tahapan sesuai dengan gambar tahapan purchase / marketing funnel di atas.

Seperti dalam contoh berikut ini:

  1. Untuk tahapan Awareness: Anda wajib menyediakan konten berkualitas dengan kata kunci yang dapat membantu memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi orang / calon target market anda.  Ingat, jangan langsung gunakan unsur penjualan di dalamnya namun gunakan bahsa yang menari minat pembaa alon customer anda.  Sehingga saat anda berhasil menari minat mereka maa reputasi anda juga akan semakin meningkat. Coba ketik kata kunci : “TOT 2017” dan anda akan menemukan situs saya dan pelajari konten meta description dari situs media informasi pelatihan www.sertifikasibnsp.com dan juga website personal saya www.sindahasian.com
  2. Tahapan Evaluasi: Dalam tahapan ini juga anda diminta untu menampilan onten mengenai permasalahan yang lebih mendalam dan jelasan bahwa produ/layanan anda adalah solusi utamanya. Silahkan klik hasil pencarian atas kata kunci TOT 2017 (bisa pilih salah satu www.sindahasian.com / wwwsertifikasibnsp.com).
  3. Purchase: Yang disebut sebagai tahapan pengambilan keputusan.  Dalam tahapan ini barulah anda membuat konten yang meransang dan memaning pembaa anda tersebut untuk mengambil keputusan dan tindakan membeli/menggunakan jasa anda.

Jangan gunakan bahasa yang berlebihan, gunakan bahsa yang sewajarnya saja namun menarik perhatian calon customer anda. Jika Anda masih belum tahu cara menulis Artikel dengan Konten yang Berkualitas silahkan Baca panduan kami yang berjudul: Panduan Cara Membuat Artikel dengan Konten Berkualitas.

Coba anda bayangkan jika anda adalah Anton, saat anda mencari solusi sedangkan anda menemukan website/toko online yang tidak menggunakan strategi content marketing, dimana dalam website tersebut hanya berisi tentang produk/layanan mereka saja… tentu saja anda akan segera berpikir bukan disitu tempat yang anda perlukan dan segera keluar dan mencari tempat lain…. Hal tersebut tentu saja akan sangat berdampak terhadap berkurangnya kepercayaan Google khususnya dan juga customer anda dan tidak akan kembali lagi ke website / toko online anda.

Dari gambaran di atas dapat saya berikan 3 kesimpulan manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda menggunakan content mareting yang tepat:

  1. Dengan menggunaan pemasaran onten anda berpeluang besar mendapatan customer baru yang loyal dan akan terus kembali.
  2. Semakin membangun kepercayaan / trust dari calon customer anda kepada produk yang anda tawarkan.
  3. Yang terakhir tentu saja akan semakin meningkatkan omzet penjualan anda.

Sehingga boleh saya katakan content marketing adalah teknik juara dan sangat efektif dalam pemasaran digital untuk mendongkrak penjualan anda jika anda gabungkan dengan tehnik pemilihan kata kunci yang tepat dengan melakukan Riset Keyword terlebih dahulu.

Semoga saja artikel dan panduan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi sahabat sekalian.  Saya sangat berterimakasih atas kesedian anda telah berbagi dan share panduan ini dengan klik share media sosial berikut ini:

 

2 Replies to “Panduan Cara Membuat Konten Marketing Bagi Pemula”

  1. marketing theory berkata:

    Thanks to my father who told me concerning this web site, this website is really remarkable.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk