Home » Edukasi Bisnis Online » Panduan Cara Membuat Website » Ingin Tahu Cara Membuat Website Langsung Online? Baca Panduan Berikut ini!

Ingin Tahu Cara Membuat Website Langsung Online? Baca Panduan Berikut ini!

Apakah Anda sudah pernah mendengar apa itu CMS WordPress? Apakah Anda juga sudah tahu apa itu WooCommerce? Ada berapa jenis CMS yang anda ketahui? Apa Keunggulan dari CMS WordPress dari CMS yang lain?

“Apa itu CMS WordPress dan Apa itu WooCommerce?” Topik kita kali ini adalah melanjutkan pembahasan Panduan Lengkap Cara Membuat Website Bagi Pemula, kita akan membahas isi dalam Bab-1 Panduan Membuat Website Bagi Pemula ini yaitu: “Membahas Pengenalan Dasar CMS WordPress dan WooCommerce”.

Sahabat Sekolah Bisnis Online dan pengunjung setia Drestha yang luar biasa, terima kasih karena telah memilih Drestha sebagai Media Belajar Internet Marketing yang tepat buat Anda.  Sesuai Topik kita sebelumnya, yakni Panduan Lengkap Cara Membuat Website Bagi Pemula, Langsung Online dan Gratis, maka saat ini kita akan meneruskan kelanjutan dari Panduan tersebut.  Saat ini kita akan mulai masuk ke BAB-I : Pendahuluan. Dimana kita akan membahas tiga topik, diantaranya yaitu: “Pengenalan CMS, CMS WordPress dan WooCommerce

Topik dalam BAB-I ini akan kita bagi menjadi 3 sub bagian agar kita lebih mudah dalam memahami dan mempelajarinya.  Yaitu:

  1. Pengenalan CMS (Content Management System)
  2. Pengenalan CMS WordPress
  3. Pengenalan WooCommerce

Baiklah mari mulai kita bahas satu persatu….

1. Pengenalan CMS (Content Management System)

CMS adalah kepanjangan dari Content Management System, yaitu aplikasi yang akan memudahkan Anda untuk mengelola web Anda nantinya.  Aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk dapat mengubah maupun memanipulasi isis serta melakukan pengaturan halaman front end dari website.

Dengan CMS, siapapun Anda, meskipun awam akan PHP dan HTML tetap dapat membuat website dengan sangat mudah.  Kebanyakan CMS sudah dapat didownload secara gratis dari jasa penyedia Hosting yang akan Anda gunakan nantinya.  Disini kita akan menggunakan Hosting Murah dari NiagaHoster.

CMS banyak sekali jenisnya dan juga gratisan, namun yang akan kita bahas dalam Topik kita Cara Membuat Website kali ini adalah menggunakan CMS WordPress.  Kenapa menggunakan CMS WordPress? Alasannya adalah WordPress merupakan salah satu CMS yang sudah sangat terkenal, banyak digunakan oleh pecinta blogs dan tentu saja dikarenakan WordPress ini bersifat sangat user friendly, jadi akan sangat mudah kita gunakan untuk orang awam sekalipun.

Baca Juga:

1.1. Jenis-Jenis CMS

Jika kita lihat dari hak lisensinya, CMS dapat kita bagikan menjadi 2 jenis, yaitu CMS Komersil dan Open Source alias Gratis.  Mari kita bahas apa itu CMS Komersil dan CMS Open Source:

  • CMS Komersil. Adalah CMS yang dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan maksud dan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.  Dikarenakan hampir semua CMS jenis ini memiliki feature yang digunakan untuk memenuhi CMS seperti menambah, mengisi atau mengedit isi artikel serta beberapa pilihan template yang dapat digunakan.  Intinya, Calon pengguna diwajibkan untuk membayar dan atau membeli lisensi terlebih dahulu baru bisa mengunakannya.
  • CMS Open Sorce.  Jenis yang paling banyak diminati oleh para Blogger yang menggunakan Blog dengan CMS WordPress.  Karena tidak pelu harus membeli lisensi atau membayar untuk menggunakan CMS tersebut.  CMS ini dibuat dan dikembangkan dengan maksud dan tujuan agar siapapun dapat membuat website dengan budget yang lebih murah dan terjangkau.  Kebanyakan CMS jenis ini menggunakan lisensi GPL (General Public License).  Sehingga setiap orang akan bebas untuk menambah, mengubah atau mengurangi script yang ada selama Anda menguasai baha HTML untuk mengubahnya.

1.2. Manfaat CMS OpenSource

Dalam dunia internet dan pembuatan website, CMS memiliki banyak sekali manfaat, terutama CMS OpenSource.  Berikut ini beberapa manfaat CMS OpenSource:

  • Sifatnya yang gratis membuat CMS OpenSource dapat digunakan dengan cara copy atau download secara bebas dan legal.  Hal ini tentu saja akan sangat membantu meringankan beban biaya pembuatan website Anda.  Selain itu, CMS jenis ini juga dapat memudahkan perusahaan besar maupun kecil untuk mempromosikan brand merek dagang mereka.
  • Semua informasi yang akan ditampilkan dapat dikelola dengan menggunakan sebuah CMS.  Oleh sebab itu, CMS wajib sudah siap pakai. Beberapa fungsi CMS dalam mengelola data adalah mengedit posting, fungsi indexing, fungsi searching, serta beberapa fungsi lainnya.
  • Selain mengelola data dan informasi, manfaat lain dari CMS adalah untuk mendukung berbagai template atau tema website Anda.  Jadi seorang Webmaster (sebutan bagi pengelola web) dapat dengan mudah mengganti tema atau tampilan website.  Selain itu juga seoarng webmaster juga dapat mengelola banyak bagian sebuah widget atau hiasan kalender, kategori dari setiap postingan dan lain sebagainya.  Tema juga dapat direview, sehingga tidak mengganggu user yang sedang berkunjung.
  • CMS juga telah didukung oleh banyak komunitas.  Jumlah pengguna CMS jenis ini banyak dibandingkan CMS komersil karena sifatnya yang gratis.  Banyaknya pengguna memungkinkan terjadi proses timbal-balik bagi perusahaan atau penggunanya.  Sehingga apabila suatu saat terjadi bug (kelemahan), maka komunitas dunia internet dapat segera membantu.

Sampai disini Pengenalan akan CMS Drestha rasa sudah cukup, karena kita tidak akan membahas CMS secara detil namun akan lebih membahas Cara Membuat Website dengan CMS WordPress secara detil.

Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan berikutnya yaitu “Mengenal CMS WordPress”.

2. Pengenalan CMS WordPress

Supaya website dapat berjalan maksimal, maka sebaiknya Anda memilih jenis CMS yang sudah terpercaya serta selalu mendapat dukungan / support dari pembuatnya.  Panduan Cara Membuat Website ini akan menggunakan CMS WordPress.  Sebelum kita memulai menggunakan CMS WordPress ini, alangkah baiknya Anda untuk mengenal sedikit tentang apa itu CMS WordPress.

Drestha.com – Media Kursus Digital Marketing, Belajar Marketing Online, Bisnis Online Gratis, Belajar Bisnis Online, Belajar Bisnis, Membuat Website Gratis, Cara Daftar Google Adsense, Optimasi SEO dan Optimasi Mesin Uang Anda dengan berbagai Tips dan Inspirasi terbarukan.

MENGENAL WORDPRESS

WordPress pertama kali dikembangkan oleh Matt Wullenberg pada tahun 2002 ketika “b2” atau cafeblog tempatnya pada saat nge-blog tidak beropersasi lagi. Hal tersebut akhirnya memunculkan suatu ide yang brillian untuk Matt mengembangkan sedniri blogware dengan mengikuti standar web, lebih terstruktur dengan baik, dengan mengusung nuansa yang lebih elegan dan lebih bersih.  Keinginan tersebut akhirnya mulai diwujudkan Matt pada tahun 2003.  Bersama dengan temannya, Mike Little, Matt mulai mengembangkan WordPress.

CMS WordPress sendiri bersifat open source dan dapat di-download tanpa harus membayar.  Banyak ahli SEO (Search Engine Optimizaton) menyarankan menggunakan WordPress untuk membuat situs pribadi atau blog karena lebih user friendly dan lebih akrab dengan Google.

Lantas apa sih keunggulannya menggunaka CMS WordPress itu? Kenapa kita harus memilih menggunakan WordPress untuk membangun Website dan atau Blog pribadi Kita?

Berikut ini beberapa keunggulan dari CMS WordPress:

  • Gratis.  Berlisensi GPL (General Public License) sehingga WordPress dapat digunakan secara bebas dan dimodifikasi ulang untuk keperluan website.
  • Theme mudah diganti.  Karena sifatnya yang GPL atau gratis, membuat banyak orang yang menggunakan atau menjadi developer.  Sehingga siapapun bisa menggunakan theme dari banyak developer bahkan bisa membangun theme sendiri.
  • Cepat terindeks oleh Search Engine Google sehingga sangat cocok juga untuk perusahaan-perusahaan yang sedang ingin membangun Brand Image mereka.
  • Bagi mereka yang baru pertama kali belajar ingin membuat website, CMS WordPress dapat di-install dikomputer sendiri dengan menggunakan web server lokal.
  • CMS WordPress memiliki tampilan yang sederhana, sehingga lebih memudahkan mengatur atau mengelola website Anda.
  • Melalui fasilitas export-import, Anda dapat dengan mudah backup data atau memindahkan data dari beberapa jenis-jenis CMS tertentu.
  • CMS WordPress mendukung multibahasa, terutama bahasa Indonesia.
  • Banyak plugin yang dapat digunakan, seperti memblokir IP tertentu, memaksimalkan SEO, galeri gambar atau video.

3. Sekilas WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin yang dibuat oleh perusahaan Perancang Themes WooThemes. Bagi WooThemes, Tujuan WooCommerce adalah memberikan kemudahan bagi pengguna blog ber-platform WordPress dalam berbisnis online.  WooCommerce sendiri terdiri dari versi berbayar dan gratis.  Versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap.

CMS, CMS WordPress dan WooCommerce

Kenapa saat ini sudah sangat banyak pebisnis online menggunakan WooCommerce?

Alasan Pertama adalah dikarenakan WooCommerce telah terdapat versi WooCommerce Gratis.  Alasan Kedua dikarenakan banyaknya pengguna sehingga memiliki komunitas yang besar. Dan yang ketiga adalah dikarenakan pemakaiannya juga sangat mudah dan userfriendly.

WooCommerce memiliki cukup banyak fitur yang ditawarkan untuk sarana pengelolaan toko online, baik di front end maupun di back end.

Dari back end, WooCommerce juga memiliki banyak pengaturan-pengaturan yang sangat mudah dipahami.  Salah satu fiturnya yang menarik adalah dalam setiap produk Anda dapat melengkapinya dengan keterangan produk, keterangan tambahan, serta fitur review.  Selain itu, Siapapun juga dapat menambahkan pilihan produk berdasarkan warna, ukuran, kualitas dan berat sesuai keinginan.

WooCommerce juga bisa dikatakan sebagai plugin multi fungsi.  Kenapa? Alasannya adalah dikarenakan WooCommerce mampu dimanfaatkan sebagai media menjual produk fisik maupun produk digital.  Selain itu, dengan codestyling-localization, Anda dapat mengubah toko online Anda menjadi Bahasa yang diinginkan seperti bahasa Indonesia.

Sangat Direkomendasikan untuk Anda baca:

Berikut ini daftar fitur unggulan WooComerce:

  • Kemanan transaksi.  Sistem keamanan WooCommerce telah sepenuhnya diaudit oleh Security Keamanan WordPress untuk memastikan dapat memenuhi standar keamanan semaksimal mungkin.
  • Panel Akun. Anda dapat login dan dapat dengan mudah mengelola pesanan atau detail dalam panel akun WooCommerce.
  • Optimasi pencarian.  Dengan widget navigasi WooCommerce berlapis, Anda dapat menemukan barang atau jasa tertentu dengan cepat dan efisien.
  • Fitur perhitungan kurir otomatis.  Anda dapat menghitung biaya pengiriman sebelum checkout menggunakan kalkulator pengiriman dengan lebih nyaman.
  • Fitur berbagi info belanja.  Anda dapat berbagi informasi produk dengan teman-teman melalui media sosial.
  • Fitur daftar keinginan.  Daftar keinginan akan menyimpan barang yang diinginkan untuk dibeli.

Ingin Memulai Bisnis Online? Perhatikan hal berikut ini sebelum memulai binis online!

Sebelum Anda memutuskan untuk mebuat website toko online, sebaiknya Anda terlebih dahulu melakukan persiapan-persiapan seperti berikut ini:

  • Pastikan Anda teleh menentukan Produk yang akan dijual dalam toko online Anda.
  • Pastikan Anda juga telah menentukan target market penjualan Anda.
  • Yang tidak kalah lebih penting adalah Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah memilih Hosting dan Domain yang tepat untuk website toko online Anda.
  • Lakukan berbagai cara dan strategi untuk meningkatkan traffic kunjungan menuju toko online Anda.
  • Pastikan juga anda telah menentukan jam buka tutup lapak anda dengan konsisten.
  • Bangun kepercayaan dari pelanggan maupun calon pelanggan Anda.
  • Terakhir, jangan mudah putus asa dan bosan.  Tetap konsisten dalam melayani dan menjalankan promosi usaha toko online Anda.

Demikianlah Pembahasan Topik dalam Bab-1 ini, Drestha harapkan Informasi dan Pengenalan dasar akan CMS, CMS WordPress dan WooCommerce ini dapat bermanfaat buat para sahabat sekalian dan semakin yakin dan tidak ragu lagi untuk memilih CMS WordPress sebagai CMS yang akan Anda gunakan dalam Pembuat Website Anda nantinya dan juga WooCommerce untuk membuat Toko Online Anda nanti.

Silahkan Lanjutkan Membaca ke BAB-II : Persiapan Membangun Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk