Home » Edukasi Digital Marketing » SEO » Mau Tahu Cara Temukan Long Tail Keyword Bernilai Tinggi? Baca Panduan Berikut ini!

Mau Tahu Cara Temukan Long Tail Keyword Bernilai Tinggi? Baca Panduan Berikut ini!

Dalam menentukan dan menggunakan keyword yang tepat untuk website anda bukanlah hanya keyword yang memiliki volume pencarian tinggi, akan tetapi keyword yang tepat dan dapat juga mempertimbangkan menggunakan keyword yang lebih panjang, yang disebut juga sebagai Long Tail Keyword.  Keyword jenis ini tentu saja memiliki tingkat pencarian yang lebih kecil akan tetapi dapat memberikan profit terbesar untuk website anda.  Lantas bagaimana cara temukan long tail keyword yang bernilai tinggi untuk website anda?

Dalam panduan kita kali ini, saya tidak akan menjelaskan kembali apa itu Long Tail Keyword, karena pada Topik panduan sebelumnya sudah saya jelaskan dan ajarkan.  Namun Jika Anda masih bingung apa itu Long Tail Keyword silahkan Anda dapat kembali membaca Panduan yang telah saya muat di Sekolah Bisnis Online dan Internet marketing ini dengan topik: Keyword Resarch Tutorial Untuk Temukan Kata Kunci terbaik dan Cara Gunakan Keyword Prioritas ke Website.

Anda harus tetap hati-hati, karena tidak semua kata kunci yang panjang memiliki nilai yang tinggi. Oleh karena itu, dalam panduan belajar bisnis online dan internet marketing kali ini kita akan belajar bagaimana caranya mencari dan menemukan long tail keyword yang bernilai tinggi dan akan meningkatkan kepercayaan Google terhadap website Anda.

Kenapa sih kita perlu menggunakan Long Tail Keyword?

Yang kita pelajari ini masih berhubungan dan berkaitan dengan topik kita sebelumnya yang telah kita bahas saat kita mempelajari Cara Melakukan Riset Keyword dan Cara Gunakan Keyword Prioritas ke dalam Website Anda.

Alasan pertama mengapa Anda harus mempelajari cara temukan long tail keyword ini adalah dikarenakan Keyword yang bernilai tinggi atau yang memiliki commercial intent (niat membeli) biasanya kata kuncinya panjang. Logikanya, jika seseorang ingin membeli suatu produk / barang / jasa mereka biasanya akan mengetikkan kata kunci yang lebih detil dan lengkap, seperti contoh: ada orang yang mau cari produk Samsung Note 7, mereka akan mengetik “beli samsung note 7 jakarta” atau “jual samsung note7 second jakarta”, dll…

Alasan kedua yaitu dkarenakan jenis kata kunci ini umumnya tingkat persaingannya lebih rendah daripada menggunakan keyword pendek.

Meskipun volume pencarian tergolong rendah, bukan lantas tidak bisa mengangkat traffick kunjungan website kita.  Anda juga bisa secara tidak sengaja menargetkan banyak long tail sekaligus sehingga volumenya jadi banyak juga.

Mencari dan Menemukan Long Tail Keywords

Jika anda telah mengikuti panduan saya sebelumnya, anda juga secara tidak sengaja akan menemukan kata kunci yang panjang dalam konten yang saya buat tersebut.

Jika anda ingin mencari dan menemukan long tail keyword, Tolong jangan gunakan Google Keyword Planner! Karena itu adalah kesalahan besar… Sekali lagi, Google Keyword Planner bukanlah Tool untuk mencari Long Tail keyword!

Berikut ini Tools yang bisa Drestha rekomendasikan untuk dapat Anda coba gunakan mencari long tail keywords:

1.  Ubersuggest

Perhatikan contoh gambar berikut ini:

Cara Temukan Long Tail Keyword dan Cara Mencari Long Tail Keyword yang Bernilai Tinggi - Ubersuggest

Dengan menggunakan Ubersuggest, Anda bisa menggali lebih banyak kata sekaligus.  Keyword-keyword tersebut tidak terdaftar di Google Keyword Planner (GKP).  Saya merekomendasikan untuk anda bisa menggunakan tools ini untuk menemukan lebih banyak kata kunci yang tersembunyi.

Alternatif lain selain menggunakan Ubersuggest anda juga bisa gunakan Keywordtool.io

2.  Google Webmaster Tools / Google Analytics

Jika traffic pengunjung website anda sudah stabil, secara tidak anda sadari akan terdapat banyak long tail keywords yang masuk ke website anda.

Silahkan anda coba masuk melalui Google Webmaster Tools atau Google Analytics (pastikan sudah terhubung dengan website anda), lanjutkan dengan klik menu Search Traffic > Search Queries.

3.  Forum, Jejaring Sosial dan Situs Komunitas

Coba lihat dan perhatikan percakapan-percakapan dalam forum, jejaring sosial dan atau situs komunitas. Apa yang sedang mereka bahas itu bisa anda jadikan sebagai inspirasi untuk menemukan long tail keyword anda. Tidak perlu anda berlama-lama melakukan riset tambahan, karena sudah jelas kita bisa menemukan apa saat ini yang sedang diminati.

4. SEMRush

Tool SEMRush bisa membantu Anda mengintip keyword organik dari website lain dengan topik yang sama dengan website anda.

Tentu saja website yang lebih lama dan telah populer sudah melakukan riset kata kunci sendiri.  Oleh karena itu, dengan anda melihat keyword yang mereka gunakan akan lebih menghemat waktu anda dalam menemukan long tail keywords.

Lantas, Bagaiman cara menilai long tail keywords yang memiliki nilai tinggi?

Kalau hanya untuk menemukan saja tentu saja tidaklah sulit, tantangan yang sebenarnya itu adalah baimana menemukan long tail keywords yang bernilai tinggi!

Sebagai bahan referensi saat anda ingin mencari Long Tail Keyword (LTK), berikut ini ciri-ciri LTK bernilai tinggi:

  • Hasil tingkat pencariannya per bulan tidak 0 (nol).  Jika keyword yang akan anda targetkan dalam bahasa inggris sebaiknya gunakan kata kunci yang memiliki volume pencarian di atas 880.
  • LTK yang memiliki commercial intent. Jika belum paham dan mengerti apa itu Commercial Intent silahkan baca: Panduan Cara Riset Keyword.
  • Tingkat persaingan rendah / mudah.  Meski tidak semua Long Tail Keyword persaingannya rendah, namun jangan sampai anda salah dalam mengincar keyword dengan volume kecil tapi persaingan tinggi.

Prioritas Keyword

Kembali pada sekian banyak keyword yang telah berhasil anda kumpulkan, lantas langkah selanjutnya apa yang harus anda lakukan untuk menentukan skala prioritas keyword tersebut?

JIka anda ternyata memiliki ratusan keyword, seperti yang telah saya jelaskan seblumnya, silahkan buat tabel dalam bentuk Ms. Excel atau Spreadsheet semua keyword yang telah anda kumpulkan tersebut. BUat tabel berdasarkan data volume pencarian, intent dan tingkat kesulitan dan persaingan kata kunci tersebut. Kemudian pisahkan menjadi file yang berbeda.

Keyword-keyword tersebutlah yang nantinya bisa anda gunakan dan masukkan kedalam konten website anda guna mengoptimasikan website anda.

Berikut urutan skala prioritas berdasarkan jenis website:

  1. Blog informasi: Bolume > Persaingan > Intent
  2. Blog bisnis: Volume > Intent > Persaingan
  3. Blog Mikro: Persaingan > Intent > Volume
  4. Toko Online / Online shop / e-commerce: Intent > Volume > Persaingan
  5. Jasa / layanan: Inten > Volume > Persaingan

Poin intinya yaitu: dari ketiga faktor penentu tersebut di atas, cari tahu mana yang lebih penting dan lebih menguntungkan (memberikan profit) lebih baik itulah yang harus anda prioritaskan.

Sebagai contohnya: Jika anda memiliki toko online dan website yang menjual layanan jasa service SaaS, serta web-app, maka yang perlu anda jadikan prioritas adalah keyword dengan jenis intent commercial investigation dan transactional supaya konfersi rate anda lebih tinggi.

Jika anda mengincar volume tinggi untuk jenis-jenis website tersebut, anda gunakan blog bisnis sebagai penunjang untuk mengundang traffic pengunjung.

Demikianlah panduan pembelajaran kita kali ini.  Saya harap panduan cara temukan long tail keyword ini dapat bermanfaat dan menjawab semua pertanyaan informasi yang sedang anda butuhkan saat ini.  Dalam Topik selanjutnya, saya akan membagikan panduan cara menilai performa dari keyword website anda dan bagaimana cara melakukan optimasinya lebih lanjut.  Pastikan anda telah mendaftar menjadi member dan keluarga besar Sekolah Bisnis Online dan Belajar Internet Marketing Drestha.com sehingga semua informasi serta panduan-panduan terbaru dari saya langsung terkirim ke alamat email anda.

Saya sangat berterima kasih jika anda juga telah bersedia ikut membesarkan dan membagikan panduan ini melalui klik icon social media di bawah ini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk