Home » Edukasi Bisnis Online » Panduan Blogging » 10 Cara Menggunakan Google Trend untuk Meningkatkan SEO Anda

10 Cara Menggunakan Google Trend untuk Meningkatkan SEO Anda

Semua pemilik website / blog dan atau Toko Online tentu saja menginginkan agar konten-konten yang dimilikinya berada pada 10 besar halaman 1 Google.  Hal tersebut sangatlah tidak mudah dan memerlukan biaya yang besar jika harus menggunakan jasa SEO profesional dan atau harus membeli tools yang dapat membantu meningkatkan ranking konten anda.  Kabar baiknya ternyata anda bisa memaksimalkan SEO pada blog anda dengan menggunakan tool gratisan dari Google. Tools apakah itu? Kali ini saya akan berbagi Tips: 10 Cara Menggunakan Google Trend untuk SEO yang Lebih Baik.

Apakah posisi blog/web tidak tahu pada urutan keberapa saat menggunakan pencarian dengan menggunakan mesin pencari Google? Untuk berada pada posisi 10 besar halaman 1 Google memang tidak semudah yang kita bayangkan, karena tentu saja pesaing-pesaing kitapun tidak akan mau posisi mereka tergantikan oleh web/blog-blog lain yang bisa menurunkan ranking dan kepercayaan dimata Google sehingga merekapun pasti terus berusaha untuk memperbaiki konten-konten yang mereka tampilkan.

Berikut ini Topik Panduan yang recommended untuk Anda Baca:

Inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkannya agar situs web Anda siap bersaing memperebutkan posisi 10 besar halaman 1 Google.

Tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu membayar mahal untuk mendapatkan Tools berbayar, karena cara yang akan saya bagikan ini adalah 100% Cara yang Gratisan namun sangat powerful membantu meningkatkan traffic dan ranking situs web Anda.

Salah satu alat gratis yang akan kita bahas kali ini dan paling kurang dimanfaatkan adalah Google Trends.

Cara Menggunakan Google Trend

Sumber Gambar: Google Trends

Sebelum kita mulai, coba bayangkan Google Trends adalah alat cukur pribadi Anda, tempat yang bisa Anda ubah untuk membuat jari Anda tergetar di dunia.

Perhatian: Anda wajib memahami dan menguasai cara menggunakannya dengan benar agar Anda bisa mengoptimalkan Alat Google Trend ini untuk meningkatkan SEO dan situs Web Anda.

Biklah, tanpa berlama-lama, saya akan langsung membagikan hal-hal yang wajib Anda ketahui agar bisa memaksimalkan Google Trends.

10 Cara Menggunakan Google Trend untuk Inspirasi Blog/Web Anda:

#1. Mulai dari yang Terbesar kemudian lakukan Penyortiran (Big and Whittle Down)

Perlu Anda ketahui bahwa Google Trends telah memasukkan parameter langsung dari bat – Web Search, Worldwide, dll.

Jadi Anda tinggal cek pada kolom Dasbor utama hari ini dengan lebih sederhana. Kemudian Anda bisa meminta Explore Topics, sebelum Anda mulai mempersempitnya.

Silahkan klik: Google Trends Indonesia atau Google Trends

Keputusan yang sangat bijak Anda telah menggunakan Google Trends untuk mulai mencari informasi dan berita apa yang sedang hangat dan trend dibicarakan oleh orang-orang saat ini. Oleh karena itu Mulailah dengan memasukkan kata kunci yang Anda butuhkan untuk topik Anda dan tekan Enter.

Dari sana, Google Trends akan membawa Anda untuk menelusurinya dengan cara berikut:

Filter Google Trends

Cara Menggunakan Google Trend - Filter Category

Gambar: Filter Category

Menggunakan Worldwide membantu Anda menargetkan pasar tertentu secara geografis. Misalnya, Anda akan melihat kata “payung” puncak pada waktu yang berbeda di belahan dunia yang berbeda. Pilihan waktu berkisar dari “5 tahun terakhir,” sampai ke “4 jam terakhir.”

Tip Pro: Gunakan beberapa pilihan waktu untuk mendapatkan ide tentang tren jangka panjang vs. tren jangka pendek.

Penyaringan menurut kategori sangat penting. Setidaknya jika Anda menjalankan pencarian di “Celtic Thunder” dan tidak ingin membaca tentang pola cuaca sesuai negara yang anda pilih.

Jenis Pencarian (termasuk web, berita, dan YouTube) adalah kategori penting lainnya, namun lebih pada item # 3.
Dengan sekitar 10 miliar penelusuran bulanan di U.S.A. saja, kunci utama di sini adalah mulai besar, lalu filter untuk mendapatkan informasi yang paling relevan.

#2. Konteks, Konteks, Konteks

Google Trends bekerja dengan cara yang sangat relativistik. Hasil hari ini tidak dibandingkan dengan keseluruhan popularitas semua tren, namun lebih tinggi dari kata kunci sebelumnya yang Anda masukkan.

Ambil ungkapan “pelayaran Karibia” – istilah pencarian yang tak terbantahkan lagi. Inilah yang akan Anda lihat di setelan default, yang mencakup “12 bulan terakhir”.

Kecenderungan terjun Karibia – melewati 12 bulan

Pada timeline itu, sepertinya popularitas kapal pesiar Karibia sedang turun.

Tapi bagaimana jika kita mengubah tanggal menjadi “2004-sekarang”?

Pelayaran Karibia – 2004-sekarang

Tren keseluruhan terlihat jauh lebih stabil. Pola “detak jantung” yang familiar ini merupakan karakteristik istilah pencarian musiman seperti pelayaran Karibia.

Takeaway: tidak pernah mengabaikan konteks.

Cobalah untuk menyingkirkan hal-hal yang bisa membatasi Anda sendiri sebelum Anda yakin telah menemukan wawasan yang tidak dimiliki orang lain.

Cara lain untuk menambahkan konteks meliputi:

Menggunakan alat “+ Bandingkan” untuk menambahkan kata kunci baru.

Filter menurut negara atau kategori Pencarian web

#3. Dapatkan Lebih Lanjut dengan Pilihan Pencarian Spesifik

Selanjutnya saya akan membagikan panduan Bagaimana cara mendapatkan wawasan lebih lanjut untuk mengoptimalkan Google Trends.

Jika Anda cermati dengan seksama, Anda akan melihat ada lima pilihan – namun masih banyak pengguna Google Tren yang sering tidak menggunakannya:

  1. Pencarian web (Default)
  2. Pencarian gambar
  3. Pencarian Berita
  4. Google Belanja
  5. Penelusuran YouTube

Setiap kali anda klik satu persatu, anda akan melihat hasil berdasarkan segmen pasar potensial Anda secara berbeda-beda.

Anda juga akan melihat lebih banyak pilihan di sini untuk memilah kueri populer:

Seperti contoh sebelumnya yang saya berikan yaitu tentang quieries pelayaran terkait Karibia.

Aturlah catatan ini kedalam default tertentu: ini menunjukkan tren yang meningkat, itulah sebabnya mengapa di contoh di atas Anda akan melihat frasa kunci yang telah naik 2.400 persen. Klik “Naik”, dan Anda juga memiliki opsi untuk melihat keseluruhan kata kunci teratas. Biasanya, “Rising” adalah pilihan yang lebih baik jika Anda ingin mengidentifikasi tren yang sedang hot/sedang trending topik dibicarakan.

Saran ini sangat berguna untuk SEO karena bisa membantu menginspirasi konten baru yang mencakup tren baru yang sedang terjadi dewasa ini.

Jangan takut untuk menggali terus – ada kemungkinan Anda bisa naik ke tren ke posisi yang baru sebelum menjadi “trending tersebut hilang” dan mengamankan posisi teratas untuk posting terakhir Anda.

#4. Target menurut Lokasi

Cara Menggunakan Google Trend - Menurut Lokasi

Target Menurut Lokasi

Penggunaan Google Trends yang paling cepat adalah berfokus pada kata kunci. Untuk hasil terbaik, Anda juga perlu memasukkan lokasi ke dalam campuran. Jangan takut untuk nol di daerah dan sub-wilayah tertentu – terutama saat berhubungan dengan A.S.

Dengan menggunakan tren “pelayaran Karibia” dari sebelumnya, Anda akan menemukan orang Floridian – atau paling tidak, orang-orang yang sudah berada di Florida – adalah yang paling tertarik: Pelayaran Karibia – target menurut lokasi

Ambillah satu langkah lebih jauh dengan sekali klik di Florida, dan Anda akan mendapati bahwa wilayah metro Orlando-Daytona Beach-Melbourne tertinggi, diikuti oleh Miami dan kemudian Napoli. Ini adalah data penting untuk penargetan khusus di PPC dan bahkan penelusuran lokal.

#5. Prediksi tren

Ini adalah Hal terbaik di dunia untuk masuk ke Google Trends dan mengidentifikasi tren yang telah meninggalkan jejak seperti sisah remah roti. Setiap pemasar mesin pencari lainnya menggunakan data yang sama. Jika Anda menginginkan wawasan tambahan, coba gunakan data yang ada untuk memprediksi tren.

Beberapa waktu yang lalu, praktik “pemberitaan” adalah cara yang pasti untuk memanfaatkan cerita panas saat ini. Google Trends memang dapat menunjukkan dengan tepat tren berita mana yang terpanas.

Ada beberapa cara untuk melakukannya: Mengidentifikasi tren dengan penyaringan menurut kategori atau negara tertentu.

Kisah kesehatan terbaik hari ini mungkin tidak menjadi berita utama utama di Google Trends, namun ini dapat membantu Anda mengidentifikasi topik yang akan ditonton. Bandingkan dua frasa kunci dalam satu tren tunggal. Apakah “Vote for X” lebih tinggi dari “Vote for Y”?

Anda mungkin memiliki jajak pendapat informal. Gunakan Frase Utama Long-Tail untuk Menginspirasi ContentRanking di bagian atas SERPs untuk “Pelayaran Karibia” cukup merupakan usaha, namun tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat mencapai puncak hasil pencarian Google untuk variasi yang lebih panjang dari sebuah kemenangan Anda.

#6. Pengaturan Frase.

Mengatur persneling, katakanlah Anda sedang menulis blog musik dan Anda ingin memanfaatkan acara yang akan datang; penghargaan Grammy. Sebuah klik pada tren akan menghasilkan pertanyaan teratas yang diajukan kepada Google, paling banyak mencari artis baru terbaik, dan bahkan pertanyaan terkait host Grammy – seperti “berapa umur James Corden”? Tetapi Anda ingin lebih dalam dan menemukan konten yang benar-benar berwawasan. Coba gunakan tip # 3 untuk menemukan kueri terkait yang membuat Google Trends – tapi jangan berhenti di situ. Sebutkan pertanyaan tersebut satu sama lain (ala tip # 2) untuk mendapatkan konteks yang tepat dan mencari tahu apa yang menjadi inti dari keingintahuan pelanggan.

#7. Gunakan “Diagram Terpopuler”

Untuk Wawasan Tambahan Klik ikon di kiri atas, telusuri ke Bagan Teratas: Grafik teratas Google Trends Seperti yang dijelaskan Google, Bagan Teratas berbeda dari tren yang kebanyakan orang tonton. Anggap ini sebagai “Billboard Top 100” dari Google; Anda akan melihat item tren teratas di berbagai kategori. Seperti sekarang, hewan dengan tren paling tinggi adalah rusa. Siapa yang tahu? Urut antara Tren dan Paling Banyak Dicari untuk wawasan tambahan. Di sana Anda akan menemukan bahwa anjing itu menguasai daging kucing tertinggi – dan popularitas rusa kemungkinan besar terkait dengan musim berburu rusa baru-baru ini. Dalam pencarian, konteks adalah segalanya.

#8. Gunakan Konten berkualitas untuk Pengoptimalan Video

Katakanlah Anda mengeposkan video tentang cara mendapatkan diskon di kapal pesiar Karibia. Tuliskan dalam istilah penelusuran Anda. Dikirimkan dari Penelusuran Web ke Penelusuran YouTube. Perhatikan Pertanyaan Terkait dan Topik Terkait. Diperoleh oleh Top atau Rising – jika Anda lebih suka Dari sini, Anda akan menemukan bahwa orang mencari kapal pesiar berdasarkan kelas kapal, tidak hanya dengan mencari kapal itu sendiri. Berbekal pengetahuan ini, Anda berada pada posisi yang lebih baik untuk menulis judul dan deskripsi yang relevan. Ini meningkatkan kesempatan Anda untuk menangkap lalu lintas YouTube, saat musim hujan bergulir sekitar.

#9. Gunakan Cyclical Trends untuk Brand Positioning.

Katakanlah Anda sedang mengoptimalkan butik pernikahan. Pencarian sederhana pernikahan menunjukkan realitas musim pernikahan di Google: tren pernikahan dari sini, Anda dapat mengumpulkan pernikahan itu tidak bersaing dengan hari libur. Dengan menggunakan beberapa strategi di atas, Anda dapat menemukan beberapa kata kunci tambahan untuk memposisikan posting di masa depan. untuk menangani kembalinya setiap tren siklis. Ketika pesaing Anda hanya menulis posting tentang pilihan lagu pernikahan, lagu Anda sudah habis – dan menangkap pemandangan.

#10. Identifikasi Ketidak Tahuan & Jangan salah baca Tren

Mari kita kembali ke salah satu tren terkini, Grammy Awards. Lonjakan baru-baru ini menunjukkan ketertarikan yang kuat terhadap topik ini. Tapi bagaimana jika Anda memperkecil garis waktu yang lebih lama? Penghargaan grammy tren google. Hal ini menunjukkan bahwa begitu buzz awal habis, akan turun kembali ke tingkat yang biasa.

Penggunaan Google yang terus berlanjut, berarti Anda akan melangkah lebih jauh dari apa pun yang Anda pikirkan bahkan lebih dari wawasan yang Anda miliki saat ini untuk melihat apakah Anda memiliki kurangnya update informasi. Misalnya: Jangan pernah percaya satu foto pun. Selalu mendapatkan pandangan yang lebih luas dari garis waktu untuk melihat apa lagi yang terjadi.

Apakah tren yang meningkat dalam satu frase kunci masih dapat dipersempit oleh yang lebih penting? Intinya adalah Selalu mencari konteks. Seperti contoh yang juga sudah saya berikan saat Menelusuri pernikahan untuk langkah # 9, saya mengalami peningkatan tren YouTube yang drastis untuk pernikahan selama musim panas 2017 – jauh lebih besar daripada di musim panas sebelumnya – yang hampir empat kali lipat dari minat sebelumnya. Penelitian lebih lanjut tidak dapat mengidentifikasi kata kunci tertentu, kecuali untuk menunjukkan peningkatan drastis minat pernikahan di Asia Selatan.

Tren berbasis geografis ini adalah contoh bagus dari wawasan unik yang berasal dari pencarian konteks pemahaman yang tidak pernah berakhir.

Meskipun Google Trends telah berubah dan semakin baik selama bertahun-tahun, Namun Pondasinya tetap sama: ada berbagai wawasan unik yang bisa dipakai untuk mereka yang bersedia melampaui pencarian dasar. Kuncinya adalah berfokus pada pertanyaan yang ingin Anda peroleh jawabannya sampai Anda menemukan wawasan tersebut – bahkan jika terkadang anda menemukan hasil yang tidak selalu jelas dan tidak sesuai yang anda harapkan.

Semoga Tips Blogging ini bisa bermanfaat untuk menambah Inspirasi baru buat anda.  Saya sangat berterima kasih juga karena anda telah bersedia berbagai dan share artike ini melalui klik icon social media dibawah ini:

One thought on “10 Cara Menggunakan Google Trend untuk Meningkatkan SEO Anda

  1. Halo, mas.
    Sy baru membuat blog baru dan berbahasa Inggris.
    Google Trends buat sy masih baru dan tool yang sy pake Keyword Planners.
    Namun apakah dampak besar bagi blog atau website kalau menggunakan Google Trends? Khususnya untuk meningkatkan trafik bukan menjual barang.

    Thanks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

toko buku bisnis online drestha Mau Jago Jualan di Internet dan Sosial Media? Beli Bukunya Sekarang Juga! Silahkan Order Disini!
loading...
Help-Desk