Home » Edukasi Digital Marketing » Tutorial WordPress » Cara Membuat Post Baru

Cara Membuat Post Baru

Setelah Anda berhasil menginstal WordPress, langkah selanjutnya agar website Anda bisa mendatangkan dan meningkatkan traffic pengunjung adalah dengan Anda membuat Postingan Baru dengan Konten yang unik dan menarik.  Caranya yaitu dengan Anda membuat Post / tulisan / artikel baru yang kaya akan konten unik.

Bagaimana Cara membuat post / membuat tulisan baru di WordPress Anda?

Sebelum saya melanjutkan membahas cara membuat post ini, pastikan kembali bahwa Anda telah memiliki Website sendiri.  Jika Anda masih baru dan belum memiliki website dan ingin mulai belajar membuat website sendiri silahkan Anda baca terlebih dahulu beberapa panduan edukasi saya berikut ini:
  1. Mengenal WordPress
  2. Blogger Vs WordPress
  3. Instalasi WordPress

Jika Anda telah memiliki Hosting dan Domain, serta telah melakukan Instalasi WordPress di cPanel Anda baru kita bisa memulai langkah cara membuat postingan baru di WordPress ini.

Silahkan simak Video berikut ini untuk belajar cara membuat post / tulisan baru:

Setelah Anda simak Video Tutorial Cara membuat Postingan di WordPress, mari kita bahas satu persatu tool bar yang terdiri atas tombol-tombol yang akan membantu Anda dalam mengatur format tulisan Anda nantinya.

Pengenalan Toolbar

Pengenalan Toolbar - Cara Membuat Post Baru

Gambar di atas adalah gambar toolbar yang akan Anda lihat saat Anda akan membuat Pos baru.  Berisi tombol-tombol untuk mengatur format post Anda.

Dalam tutorial cara membuat post baru ini, Ada satu tombol yang penting yang harus Anda ketahui yaitu tombol “Insert Read More tag

Insert Read More Tag - Cara membuat Post Baru

Insert Read More Tag

Saat Anda menggunakan tombol Read More tersebut di atas, akan muncul garis pembatas pada postingan Anda.  Tulisan-tulisan yang ada di atas garis pembatas tersebut akan diperlihatkan di Halaman Arsip.  Jumlah kata sesuai dengan yang telah Anda seting untuk dimunculkan pada halaman arsip tersebut.  Fungsi Read More Tag adalah sebagai Pendahulu sebuah post yang akan dumunculkan.

Add Media / Gambar

Toolbar selanjutnya yang perlu kita ketahui dalam cara membuat post baru yakni Add Media.  Untuk memasukkan gambar dan atau media lain seperti Video, Anda tinggal klik gambar Add Media / Tambahkan Media seperti yang dapat Anda lihat pada gambar berikut:

Add Media - Cara Membuat Post Baru

Add Media

Setelah Anda klik seperti gambar di atas maka Anda akan diarahkan pada pilihan gambar yang akan dimasukkan dalam tulian Anda tersebut. Silahkan siapkan dan pilih gambar tersebut. Ikuti perintah selanjutnya sampai Media / Gambar yang Anda pilih muncul pada tempat yang telah Anda tentukan (seperti gambar pada post ini di atas).

Post Format

Toolbar selanjutnya yang perlu kita ketahui dalam cara membuat post baru yakni Post Format. Sebagai informasi bahwa tidak semua WordPress pada Template / Theme yang ada selalu sama dan terdapat Post Format seperti gambar berikut ini:

Post Format - Cara Membuat Post Baru di WordPress

Post Format

Post Format berfungsi untuk mengubah format post Anda, Misalnya kalau Postingan Anda hanya berisi Gambar saja, Video, Link atau Standard yang berisi dari semuanya.

Categories dan Tags

Ini dia toolbar cara membuat post baru yang tidak boleh dilupakan.  Karena berperan sebagai Kategori post tulisan/blogs Anda nantinya dan juga sebagai media yang dapat membantu Anda meningkatkan Traffic melalui kata kunci saat mesin pencari berusaha mencari artikel / tulisan / blogs dengan kata kunci tertentu.  Lebih lanjut mengenai Categories dan Tags akan saya bahas dalam Tutorial Berikutnya.

Categories & Tags - Cara Membuat Post Baru

Categories & Tags

Featured Image

Featured Image adalah tool bar dalam cara membuat post baru yang juga wajib Anda buat, dimana Anda membuat Gambar Utama sesuai Judul Postingan / artikel / tulisan Anda tersebut.

Featured Image - Cara Membuat Post Baru

Featured Image

Jika Anda ingin melihat produk-produk yang dapat membantu Anda meningkatkan Traffic dan Template / Tampilan Website Anda lebih menarik silahkan Klik Product eBook Digital Kami dan atau Product Premium WordPress Theme Kami.

Visual dan Text

Visual & Text - Cara Membuat Post Baru

Terdapat 2 versi editor di WordPress; yaitu Visual dan Teks.

Pada saat Anda Bekerja pada kolom Visual editor, saat Anda ingin membuat tulisan Anda Blot/tebal dan atau membuat link, Anda tinggal blog tulisan yang ingin Anda tebalkan kemudian klik toolbar B atau klik toolbar bergambar link.  Namun jika Anda klik Teks editor, Anda justru akan menemukan Script </strong> teks Anda </strong>.  Pada intinya Teks Editor lebih pada penulisan scrip HTML misalkan Anda ingin melampirkan Link / scrip gambar yang sudah dalam betuk scrip URL.

Cara Membuat Post Baru menjadi lebih dari 1 Halaman

Satu lagi Toolbar yang wajib Anda ketahui meskipun tidak terdapat pada toolbar adalah membagi Tulisan Anda menjadi beberapa halaman.  Pastikan terlebih dahulu bahwa Tulisan yang akan Anda buat lebih dari 1 halaman agar orang juga tidak bosan membaca post Anda karena terlalu panjang.

Langkah yang Anda lakukan yaitu Anda dapat klik Editor Teks, kemudian ketikkan pada bagian yang ingin Anda bagi ke halaman berikutnya script berikut ini: <!–nextpage–> atau Anda juga dapat lakukan dengan cara Tekan secara bersamaan Shift+Alt+P

Publish

Setelah Anda merasa yakin Tulisan / Artikel Anda telah siap, langkah cara membuat post baru berikutnya adalah mempublikasikan Post baru Anda tersebut.

Publish

Tombol Publish sendiri terdiri atas:

  1. Status: Mengembalikan Post yang telah Anda terbitkan menjadi Draft
  2. Visibility: Mengubah apakah post Anda akan dapat dilihat oleh umum atau khusus anggota/member saja bahakan tidak bisa dilihat oleh siapapun selain Anda.
  3. Publish: Mengatur waktu penerbitan, apakah terjadwal atau secara langsung.

Kalau sudah selesai kemudian silahkan klik Publish untuk mulai menerbitkan Posting Baru Anda.

Selamat, Posting Pertama Anda telah berhasil diterbitkan…. Sekarang waktunya kita belajar Edukasi berikutnya…

Jika Anda membutuhkan Informasi Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Info Lowongan Kerja Terbaru Anda dapat melihat Portal Situs saya yang lain, Silahkan Klik Disini untuk Melihat Informasi Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis Kompetensi.

Terima kasih karena Anda telah membaca Tutorial Edukasi ini sampai selesai, Jika berkenan mohon agar dapat dibagikan melalui Social Media link dibawah ini:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk