Home » Tips & Inspirasi » Cara Membangun Struktur Website dengan Internal Link

Cara Membangun Struktur Website dengan Internal Link

Panduan Cara membangun struktur website – Drestha.com

Selamat datang kembali di Situs Drestha.com, kali ini Saya akan berbagi Tips kepada para pembaca setia Drestha yang akan membahas tehnik membangun struktur website anda agar lebih powerfull dengan menggunakan tehnik internal link.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Internal link juga memiliki pengaruh yang sama seperti external link (backlink).  Yang membedakannya yaitu pemilik website bisa mengendalikan 100% jumlah, lokasi dan struktur dari postingan / halaman dalam situs anda.

Dengan membangun internal link berarti anda membangun sebuah struktur website anda.  Untuk membuat struktur yang kuat tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan ‘related post’ dan link di menu navigasi situs anda.  Ada beberap tehnik agar website anda lebih kokoh. Silahkan membaca tips cara membangun struktur website anda ini.

Pengenalan Internal Link

Agar anda tidak salah dalam mengartikan dan memahaminya, saya akan jelaskan terlebih dahulu secara singkat pengertian dari Internal Link.

Internal link merupakan suatu tautan (link) yang mengarahkan dari satu halaman ke halaman lainnya pada website yang sama.  Sedangkan External link merupakan backlink berasal dari luar situs / website anda yang terpercaya dan masih ada hubungannya dengan postingan anda.

Secara singkat, 3 tujuan utama dari link dalam website adalah:

  1. Membantu pengunjung anda agar lebih memudahkan navigasi isi dalam website anda
  2. Membantu Memperkuat struktur website anda
  3. Memberikan otoritas distribusi ke halaman lain website.

Dapat diambil kesimpulan jika website anda memiliki 1 halaman yang memiliki otoritas tinggi (karena backlink), andapun bisa mendistribusikan kekuatan halaman tersebut ke halaman lain.  Inilah pentingnya internal link khususnya dalam pengaturan SEO untuk membantu peringkat situs anda.

Cara membangun struktur website yang baik.

Sebelumnya saya telah sebutkan bahwa salah satu fungsi dari link adalah untuk membentuk struktur website anda.  Tujuannya adalah agar mesin pencari menanggap halaman yang mendapatkan banyak internal link akan dianggap sebagai halaman pokok.

Dalam Panduan saya yang lain dengan judul “Panduan SEO Off-Page” saya juga menjelaskan pentingnya link, termasuk di dalamnya internal link.

Berikut saya akan berikan beberapa contoh yang dapat menggambarkan struktur website yang baik (saya coba sederhanakan):

Struktur Website dengan Internal Link

Jika kita lihat pada gambar di atas, dapat saya gambarkan baha setiap lingkaran menunjukkan satu halaman website dan garis menunjukkan link. Oleh karea itu, Semakin besar lingkarannya maka semakin besar pula otoritas dari halaman tersebut (dikarenakan linknya semakin banyak).

Struktur yang sperti inilah yang saya rekomendasikan untuk anda bangun, karena jelas konten mana yang utama serta konten-konten yang terkait dan mendukung si konten utama.  Sehingga pengunjung dan mesin pencari akan dapat dengan mudah mengekploriasi situs anda.

Bagaimana sih cara membangun struktur website?

Mengapa ‘related post’ saja tidak Cukup

Alasan mengapa related post saja belumlah cukup untuk memperkokoh konten situs anda.  Masih terdapat banyak website, sterutama blog dan juag toko online yang hanya mengandalkan related post saja.  Padahal related post dibuat secara otomatis oleh sistem, sehingga anda tidak memiliki otoritas penuh untuk mengendalikan atau menentukan halaman mana yang palin penting di website anda.

Dengan related post, semua konten akan serupa tingkatannya.  Tidak ada konten yang dianggap penting, tidak ada konten penunjang.  Ini disebabkan karena satu halaman menghubungkan halaman lain yang tidak berbobot dan dengan kuantitas yang sama.

JIka anda hanya mengandalkan related post saja, berarti sama saja seperti anda mengandalkan backlink sebagai penentu prioritas halaman.  Hal tersebut akan membuat situs anda kalah kuat dengan website yang mengandalkan internal dan eksternal link.

Konten utama

Tanpa sengaja maupun dengan sengaja, website anda tentulah memiliki beberapa konten utama.

Konten utama biasanya memiliki isi yang lebih berbobot, proses pembuatannyapun paling banyak memakan waktu dan pastinya juga anda akan merasa bangga dengan isi konten utama tersebut.

Jika anda belum memiliki konten utama, anda dapat memeriksa analitics anda dan lihat halaman mana yang paling banyak dikunjungi selain homepage.  Jadikan halaman-halaman tersebut sebagai halaman utama.  Kemudian anda tinggal meningkatkan dan mengembangkannya kembali agar semakin kokoh.

Kemudian, konten-konten lain yang anda buat setelah itu baiknya adalah konten turunan, penjelasan lanjutan, atau sampingan dari konten utama yang dapat anda hubungkan kembali dengan internal link.

Konten-konten utama tersebut nantinya akan memiliki peluang yang tinggi untuk muncul di site link Google.

Tips cara membangun struktur website internal link

Berikut ini tips cara-cara yang dapat anda lakukan untuk membangun internal link secara manual tanpa memanfaatkan plugin apapun untuk menciptakan struktur yang baik.

1. Sisipkan dalam Konten

Untuk membangun bentuk link yang terbaik yaitu dengan menempatkan link-link turunan di antara kalimat-kalimat dalam konten. Karena akan terlihat lebih natural dan pengunjung lebih tertarik untuk mengklik, selain itu akan memperkaya kata kunci.

Link yang menuju suatu halaman tertentu maksimal akan muncul sekali agar tidak mengganggu pembaca.  Jangan memasang link terlalu banyak dan pasanglah link ke 2-3 halaman yang berbeda di 1 artikel daripaa 2-3 ke halaman yang sama.

2. Pergunakan anchor text

Sama halnya seperti backlink, saya sangat menyarankan agar andapun menggunakan anchor text untuk menautkan ke setiap internal link.  Jangan gunakan frase generik seperti “klik disini”, “halaman ini”, dsb untuk internal link kecuali terpaksa.  Dan juga jangan menggunakan frase yang terlalu kaku apalagi terlalu dioptimasi.  Sisipkan ke dalam kalimat secara natural supaya kalimat tetap enak dibaca namun tetap mendeskripsikan link anda.

3. Hindari membuat link menuju halaman berikut

Menurut saya tidak perlu anda memasang link menuju homepage dari dalam konten karena sudah terlalu banyak link di website anda yang mengarahkan menuju homepage.  Jangan juga memasang link ke halaman sendiri, percuma.

Halaman lain yang tidak perlu anda optimasi seperti kontak, tentang dan peraturan juga tidak perlu ditautkan.

4.  Hubungkan halaman yang lebih relevan saja.

Internal link yang anda buat haruslah menuju ke halaman yang bertopik serupa.  Contoh pada halaman 1 bertopik resep macaroni panggang, pada halaman 2  bertopik resep macaroni goreng dan halaman 3 bertopik jual beli properti.

Dari contoh kasus di atas yang bisa anda lakukan adalah menghubungkan halaman 1 dan halaman 2 jangan pernah menghubungkan ke halaman 3 karena sudah sangat berbeda topik.

5. Dofollow

Perlu diperhatikan, jangan sekali-kali anda memasang rel=”nofollow” untuk seluruh link yang terdapat dalam setiap halaman website anda.  Karena jika anda menonaktifkan dofollow atau mengaktifkan nofollow maka anda akan dianggap tidak mendistribusikan otoritas halaman ke halaman lain, jadi akan percuma secara SEO.

Saya akan membahas Dofollow ini dalam Tips Panduan saya yang berikutnya yang berjudul “Tips Tingkatkan Optimasi SEO dengan Dofollow“. Jadi, pastikan anda mendaftarkan alamat emal anda untuk berlangganan sehingga anda tidak melewatkan tips dan berbagai panduan saya yang baru.

6. Jangan mengganggu kenyamanan

Apapun yang akan anda lakukan di website anda, sebaiknya jangan pernah mengganggu kenyaman para pembaca setia anda, termasuk dalam hal internal link.

Dalam artian, jangan pernah memasang link terlalu berlebihan dan memsang link yang tidak relevan dengan topik konten utama anda.

7. Batasi jumlah site-wide link

Apa sih Site-wide link itu? Site-wide link adalah link yang muncul disemua halaman website anda.  Seperti contoh link di navigasi header, sidebar dan footer.  Link-link yang terlalu banyak dan berlebihan tersebut justru akan membuat pembaca anda bingung dan berdampak negatif yang mana membuat struktur website anda jadi kurang bagus.

Penutup

Inilah tehnik cara membangun struktur website dengan membangun link secara manual untuk mendapatkan struktur website yang baik.  Dalam proses pembuatan website, apapun yang dilakukan secara manual biasanya memberikan hasil yang baik daripada serba otomatis.

Terima kasih karena anda telah membaca Tips cara membangun struktur website ini hingga selesai, Sekarang silahkan Menuju Panduan saya selanjutnya yang berjudul “Panduan Cara Riset dan Menganalisa Kata Kunci“.

 

One Reply to “Cara Membangun Struktur Website dengan Internal Link”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk