Blogger Vs WordPress

[pullquote]Mana yang Lebih Bagus, WordPress.org, WordPress.com, atau Blogger? Inilah Perbandingannya…[/pullquote]

Saat pertama kali ingin membuat website, terutama website berupa Blog, pasti anda ingin membanding-bandingkan terlebih dahulu pilihan mana yang terbaik, bahkan Anda juga akan mencari dan menemukan berbagai tulisan dalam blogs yang membahas masalah ini.  Pastinya hal tersebut akan membuat Anda bingung, bahkan lebih parahnya bisa membuat Anda sampai salah memilih.

Agar Anda tidak salah dalam memilih, berikut ini saya akan membahas secara obyektif apa saja keunggulan dan kelemahan dari masing-masing platform di atas dan dapat membantu Anda supaya tidak salah pilih.

Silahkan baca juga Toturial WordPress kami tentang Pengenalan dasar CMS WordPress Disini.

Perbedaan WordPress.org Vs WordPress.com

Sebelum membahas perbedaan Blogger Vs WordPress, mari terlebih dahylu kita membahas saudara kembar CMS yang satu ini.

Walaupun nama dan berasal dari perusahaan yang sama, tapi WordPress.org dan WordPress.com memiliki perbedaan yang sangat besar.

Jika kita artikan, WordPress.org merupakan layanan self hosted, sedangkan WordPress.com merupakan layanan hosted.

Self Hosted Vs Hosted
Self Hosted Vs Hosted

Apa itu self hosted dan layanan hosted? agar lebih mudah untuk memahaminya bagaimana jika kita ibaratkan saja seperti sebuat tempat tinggal. Self hosted itu ibarat sebuah rumah pribadi. Rumah yang sepenuhnya milik anda sendiri, di tanah sendiri, dan bukan milik orang lain.  Sedangkan Hosted itu ibarat sebuah Apartemen.  Dimana tanahnya bukan milik Anda, Anda hanya menempati gedungnya saja namun tidak memiliki tanah, bahkan hanya sebagian dari ruangan saja dilantai tertentu.

Blogger.com juga termasuk hosted.  Bagaimana, apakah Anda sudah mendapat gambaranya?

Intinya, WordPress.org self hosted ini 100% milik anda.

Sekarang, mari kita bandingkan ketiganya dari berbagai aspek.

Popularitas Blogger Vs WordPress

Sebagai informasi tambahan bahwa WordPress (hosted dan self-hosted) saat ini berada pada peringkat pertama sebagai CMS yang paling populer dengan persentase pasar sebesar 39% dari total pengguna CMS lain.

Sedangkan Blogger berada di peringkat 4 dengan persentase pasar 1%.

Tabel Peringkat Pemakai CMS
Sumber Informasi dan Tabel di Atas saya dapatkan dari Sumber Berikut ini.

Kemudahan Pembuatan Blogger Vs WordPress

WordPress.com dan Blogger keduanya memiliki kesetaraan. Dimana keduanya mudah untuk digunakan oleh siapapun.  Anda cukup hanya mendaftarkan alamat akun Anda di website Anda masing-masing.

WordPress.com
WordPress.com

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan WordPress.org, agak sedikit berbeda dan sulit.  Dimana Anda harus menyewa Histing dan Domain terlebih dahulu baru Anda bisa mendownload / melakukan proses instalasi wordpress.org.

Untuk Tahapan Download dan instalasi WordPress.org akan kita bahas pada Tema Pembahasan Selanjutnya, Panduan Instalasi WordPress.  Silahkan klik Disni.

Biaya Pembuatan dan Pengembangan WordPress Vs Blogger

Sekali lagi, dapat saya sampaikan bahwa Blogger dan WordPress Memiliki kesamaan dalam hal biaya pembuatan dan pengembangannya.  Pertama-tama saya menyarankan Anda untuk tidak perlu mengeluarkan biaya terlebih dahulu, meskipun storage yang ditawarkan terbatas kita dapat mengupgrade kapasitasnya sesuai dengan keperluan kita kedepannya.

Sebagai informasi bahwa WordPress.com membatasi hanya sampai 3GB.  Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas (upgrade) menjadi 13 GB anda dapat mengeluarkan tambahan biaya sekitar USD$.99/tahun.  Murah saja bukan?

Sedangkan untuk Blogger, Anda akan mendapat Free hingga kapasitas 15GB dan untuk Photo tidak terbatas.  JIka Anda berniat ingin meningkatkat / upgrade kapasitas, silahkan Klik Disini untuk melihat tabel daftar harga upgrade kapasitas.  Anda juga dapat melihat pada tabel berikut ini:

Pricing tabel upgrade
Pricing tabel upgrade

Selain itu, Andapun tidak harus membeli domain jika Anda rela alamat website anda menjadi seperti ini (contoh): www.drestha.blogspot.com atau www.drestha.wordpress.com

Supaya menjadi domain.com Anda diwajibkan untuk mengeluarkan uang sekitar Rp. 100.000,- untuk 1 tahun (tergantung domain yang Anda pilih).

Untuk WordPress.org Anda perlu menyewa Hosting dan domain Anda.  Untuk rekomendasi Hosting terbaik dan Gratis mendapatkan Domain + Sertifikat SSL silahkan Klik Disini.

Kesimpulannya:

WordPress.org pada awalnya terasa mahal, namun pada perkembangannya akan lebih murah, apalagi kita bisa menghasilkan uang dari blog yang kita bangun nantinya.  Kita akan bahas dalam topik selanjutnya mengenai Panduan Menghasilkan Uang dari Internet. Karena jika Anda menggunakan WordPress.com, maka blogs yang anda buat selama ini akan sia-sia karena anda tidak akan bisa untuk mengajukan website anda untuk mendaftar di google Adsense agar bisa menghasilkan uang dari pemasangan promosi iklan pada website anda.

 

Kemudahan Penggunaan Blogger Vs WordPress

Sekali lagi, Blogger, WordPress.com dan WordPress.org memiliki kesamaan dalam hal kemudahan pengunaannya.  Anda tidak perlu harus memiliki keahlian khusus agar bisa menggunakannya.  Meski ketiganya memiliki kesamaan, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan kembali, yaitu:

WordPress.com dan WordPress.org memiliki tampilan Dashboard yang lebih ramah dan lebih mudah untuk dikelola ketimbang Blogger.  Karena menurut saya ketika baru pertama kali terjun, Blogger agak sedikit membingungkan terutama saat anda ingin mencari Menu pada Dashboard meskipun tidak begitu banyak perbedaannya.

Berikut ini Tampilan Dashboar pada Blogger Vs WordPress

Tampilan Dashboard Blogger
Tampilan Dashboard Blogger

 

Tampilan Dashboard WordPress
Tampilan Dashboard WordPress

Tampilan

Jika kita lihat tampilan bawaan tentu saja akan lebih unggul tampilan WordPress.org daripada tampilan bawaan blogger maupun WordPress.com,  Hal ini karena WordPress lebih fleksibel, selalu melakukan perbaikan dan perubahan atas tampilannya dan terdapat ribuan jenis tampilan baik yang Gratis maupun Berbayar.

 

Monetisasi dengan Iklan

Tujuan utama orang banyak membuat blogs adalah agar dapat menghasilkan uang dari tulisan dan website blog yang dimilikinya dari iklan yang dipasang (contohnya: Google Adsense, AdsenseCamp, dan program afiliasi lainnya).

Google AdSense
Google AdSense

Sangat penting Anda ketahui bahwa Hosted WordPress.com tidak menginjinkan Anda untuk memasang Google AdSense jika menggunakannya.  Kalau Anda ingin membuat Blog namun tidak dapat menghasilkan untuk apa kan? hanya akan membuat pekerjaan Anda seolah-olah sia-sia.  Tapi kabar baiknya, Anda dapat memasang iklan lewat cara lain, seperti memasang / membuat halaman iklan atau seperti toko online berjualan produk online.  Dan setelah blogs anda cukup populer Anda bisa mengajukan / memasang iklan semacam AdSense dari WordPress, kecuali Anda menggunakan WordPress VIP baru Anda mendapatkan ijin untuk mengajukan iklan dari Google AdSense.

Sangat berbeda dengan WordPress.org dan Blogger Anda secara otomatis dapat mengajukan untuk pemasangan iklan di Google AdSense selama memenuhi Kriteria dan Persyaratan yang ditetapkan oleh Google AdSense.  Mengenai Persyaratan mengajukan Google AdSense silahkan Anda Klik Disini.

 

Kepemilikan dan Kontrol

Karena sifatnya yang Hosted, Blogger dan WordPress.com memiliki permasalahan yang wajib kita pertimbangkan, yaitu Website tersebut bukan milik Anda 100%, sehingga sangat berisiko website anda akan dihapus sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu…. nah pasti akan menjadi masalah yang sangat serius kan? Otomatis Anda akan kehilangan semua data-data dan konten yang telah Anda buat sebelumnya.

 

KESIMPULAN

  • Meskipun Self Hosted WordPress.org sedikit membutuhkan upaya dalam proses instalasinya, namun prosesnya mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus.  Jadi tidak benar Mistos yang mengatakan kalau akan mendownload / install WordPress.org butuh keahlian khusus.
  • Mitos yang mengatakan bahwa Blogger lebih aman daripada WordPress belum tentu benar.  Meskipun Blogger adalah milik Google, WordPress selalu melakukan proses Update.  Asalkan kita tidak mendownload plugin gratisan dan bajakan yang dapat membahayakan website kita.
  • Jika Anda sering mendengar WordPress sering down dan tidak dapat diakses, bukan berarti yang bermasalah pada WordPressnya, kemungkinan terletak pada Hosting yang Anda sewa.  Pastikan kembali bahwa Hosting yang Anda sewa bukan Hosting yang lambat.  Untuk Hosting yang cukup recommended dan Anda mendapatkan Gratis Domain + SSL silahkan klik Disini.
  • Alasan kenapa WordPress dan Blogger hampir tidak pernah mengalami masalah dan error karena kedua hosted ini tidak dapat kita lakukan proses editing / perubahan pada HTML dan CSS.  Demikian juga dengan WordPress.org apabila tidak anda rubah-rubah HTML dan atau CSSnya maka kemungkinan error / kerusakan sangat jarang.
  • Pada prinsipnya tentu saja bukan hanya para pengguna WordPress saja yang bisa sukses dalam mengelola Blog.  Karena dari semuanya, yang terpenting adalah kualitan Konten dalam tulisan Anda.  Bagaimana Anda menyajikan artikel-artikel yang isisnya bermanfaat bagi siapaun yang membacanya.

Demikianlah Artikel ini saya buat, semoga dapat Anda jadikan sebagai referensi dan acuan dalam pengambilan keputusan apakah akan menggunakan Blogger, WordPress.com atau WordPress.org.

 

Jika Artikel ini bermanfaat bagi Anda, Saya sangat senang jika Anda bersedia untuk membagikannya dengan klik share pada link social media berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *