Apa itu Online Shop – Seri Panduan Lengkap Bisnis Online

Saat Drestha mencoba untuk mencari kata kunci “Apa itu Bisnis Online Shop“, ternyata banyak sekali artikel-artikel yang membahas mengenai Bisnis Penjulan Online atau yang lebih dikenal dengan Online Shop Business.  Sebagaimana yang kita ketahui sebelumnya Bisnis Online Shop belum begitu diterima oleh Masyarakat di Indonesia, baru-baru ini saja mulai banyak bermunculan aneka produk Toko Online dan berbagai situs Penjualan Online.

Apa itu Online Shop? Mungkin pertanyaan ini juga menjadi salah satu pertanyaan bagi para Pembaca Drestha sekalian, dimana kita sedang mencari jawaban pengertian dari Toko Online / Online Shop itu sendiri apa.

Toko Online dapat diartikan sebagai perwakilan dari non fisik toko kita untuk mempromosikan atau mempresentasikan suatu produk atau jasa melalui media internet. Apa perbedaan toko online dengan toko real? Yang membedakan Toko Online dengan Toko real / Fisik adalah terletak pada interaksi antara penjual dan pembelinya. Toko Fisik, Penjual dan Pembeli langsung berinteraksi untuk melakukan transaksi tawar menawar dan proses jual-beli, sedang Toko Online antara Penjual dan Pembeli tidak berinteraksi secara tatap muka langsung.  Namun mereka berinteraksi dan berkomunikasi melalui media elektronik.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bisa calon pembeli dapat tertarik untuk membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh si penjual tanpa interaksi langsung? Jawabanya tentu saja bisa, yaitu melalui Iklan Media Sosial yang Ada.

Pada gambar di bawah ini dapat Anda lihat contoh iklan yang Drestha ambil dari sumber: Forum KASKUS di Sub forum FJB/jual beli.  Jika Anda lihat, Gambar / Image adalah salah satu Media yang memiliki kekuatan utama yang dapat mempengaruhi dan meyakinkan seseorang untuk tertarik dan melakukan transaksi pembelian atas produk atau jasa yang ditawarkan.  Dalam hal ini, user juga tidaklah harus jago dalam image editing agar dapat menampilkan gambar dari produk atau jasa yang akan ditawarkan.  Yang terpenting adalah produk yang dijual telah memiliki nilai tambah tersendiri dan dengan kategori UNIK.

Gambar-1 (Gambar Iklan Kaskus.fjb) - Panduan Online Shop bagi Pemula
Sumber: https://fjb.kaskus.co.id

Online Sendiri dapat diartikan bahwasanya suatu portal / situs / media yang dapat diakses selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 365 hari dalam setahun dan dapat diakses dimana saja, kapan saja selama orang tersebut memeilki akses internet untuk mengaksesnya.  Wow, inilah ternyata hal terkeren yang membuat banyaknya toko-toko real yang beralih ke bisnis online shop, karena lebih efisien dan menghemat tenaga pemasaran, biaya sewa gedung atau bahkan biaya pemeliharaan gedung dan bayar gaji pegawai serta pajak dan lain-lain.

Dengan memiliki bisnis online shop, usaha Anda bisa memasarkan produk / jasa yang Anda miliki secara full time dan bisa diakses kapanpun, dimanapun.  Hal ini juga bisa memberikan peluang bagi Anda untuk dapat memberikan berbagai program-program discount / potongan harga dan berbagai strategi Digital marketing untuk mempromosikan dan menjual produk / Jasa Anda. Tidak perlu memiliki Toko Fisik dan banyak karyawan untuk menjalankannya.  Cukup dengan memiliki Toko Online dan memasang gambar-gambar / potret produk Anda dan atau masukkan program promo yang Anda tawarkan.  Cukup mudah bukan? Namun dalam hal mempromosikan dan memasarkan Produk / jasa Anda diperlukan suatu Strategi yang tepat agar Traffic kunjungan dan Omzet Penjualan Bisnis Online Shop anda terus meningkat. Silahkan Baca Panduan Berjualan Online via Kategori: Panduan Bisnis Online.

Panduan Berjualan via Media sosial berikut ini wajib Anda baca:

Berikut ini Drestha bagikan beberapa tips dan trik dalam mengambil foto/image/gambar barang atau produk jasa yang akan dijual di Toko Online / online shop Anda:

  1. Pilihlah salah satu contoh barang yang memiliki tekstur dan bentuk secara fisik yang paling bagus.  Dalam artian Anda selaku penjual diharapkan untuk melakukan display produk yang akan Anda jual.  Dalam toko fisik hal ini dapat diartikan agar pembeli dapat menikmati windows shopping.  Artinya calon pembeli dapat melakukan pemilihan produk yang akan dibeli, jadi Anda selaku pemiliki Toko Online wajib menghadirkan gambar dan foto produk/jasa yang terbaik dan menarik calon pembeli Anda.
  2. Perhatikan kondisi sekitar terutama pencahayaan saat anda ingin melakukan pengambilan gambar / melakukan foto.
  3. Gunakan pembanding.  Pembanding disini digunakan untuk mengetahui ukuran maupun volume produk yang akan dijual.  Dapat terdiri dari Panjang, Lebar dan Tinggi.  Misal Produk yang akan Anda jua adalah Laptop dengan layar 14 inch, nah sebagai pembanding Anda dapat menggunakan sebuah buku tulis yang dijual umum sebagai pembanding ukuran laptop tersebut, dan contoh pembandin lainnya.
  4. Berikan hiasan yang menarik.  Hiasan yang Drestha maksudkan disini adalah pemanis ataupun pernak-pernik yang dapat memberikan nilai tambah secara tidak langsung terhadap produk / jasa yang akan Anda jual.
    Contoh Gambar Produk Online Shop - Sumber Tokopedia
    Contoh Gambar Produk Online Shop – Sumber: Tokopedia
  5. Pastikan Anda menggunakan kamera dengan resolusi tinggi.  Kenapa harus menggunakan kamera dengan resolusi tinggi? Tentu saja jawabannya dengan menggunakan kamera yang memiliki resolusi semakin tinggi maka hasil dari gambar yang didapatpun akan semakin baik.  Sehingga pada saat Anda akan melakukan proses editing dan memindahkannya ke komputer gambar yang dihasilkan tidak pecah.
  6. Lakukan proses editing seperlunya saja.  Anda dapat menggunakan Software image editing untuk mengolah gambar yang Anda akan jadikan sebagai Gambar utama produk yang akan Anda jual.  GUnakan juga  beberapa tambahan seperti tag name, tag kode barang, tag ukuran/volume, tag lokasi dll. Dan agar ukurannya juga tidak terlalu besar, anda bisa lakukan proses resize ukuran gambar.
  7. Lakukan Labeling terhadap produk yang akan Anda jual. Membuat Labelling yang Drestha maksudkan disini adalah dengan memberikan tanda bahwa photo/gambar yang akan dipajang di toko online tersebut adalah original milik Anda / hasil desain milik Anda.  jangan sampai nantinya ada orang lain yang mengambil dan klaim bahwa gambar / photo tersebut adalah milik mereka.  Selain itu juga dapat juga digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah orang lain menyalah gunakan produk Anda.
  8. Pergunakan Model / Artis.  Biasanya cara ini lebih sering digunakan oleh para pemilik Online shop yang menjual produk-produk model pakaian, asesoris dan gaya hidup.  Dengan menggunakan model / artis maka produk yang akan Anda jual akan lebih menarik minat calon pembeli Anda.
    Contoh Produk Online Shop Gunakan Artis - Sumber Tokopedia
    Contoh Produk Online Shop Gunakan Artis – Sumber: https://www.tokopedia.com/drestha/baju-koko-lengan-pendek-ferarri Tokopedia

Bagaimana Sahabat Drestha sekalian, apakah kalian sudah mulai memahami dan mengetahui apa itu Online Shop / Toko Online itu? JIka Anda sudah memahami dan mengerti silahkan Anda bisa mebaca dan belajar Panduan Edukasi Bisnis Online lainnya dari Drestha. Pastikan Anda sudah mendaftar dan bergabung menjadi Member Drestha.com untuk terus Update dan mendapatkan informasi serta Panduan-panduan terbaru dari Drestha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *