Home » Edukasi Bisnis Online » Panduan Bisnis Online » 5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Binis Online – Tips Jualan Online

5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Binis Online – Tips Jualan Online

Apakah Anda memiliki Bisnis Online namun masih sepi Pengunjung? Memiliki Toko Online dengan traffic tinggi namun omzet penjualan Anda sangat rendah? Atau Anda masih Pemula dan ingin Mendapatkan Uang di Internet dengan membangun Toko Online tapi bingung mulai dari mana dan bagaimana strategi meningkatkan traffic pengunjung & Meningkatkan Omzet penjulan Anda nantinya? Anda masih bingung memilih dan menentukan produk Anda? Apakah Anda masih belum tahu cara melakukan riset produk dan riset keyword?Selamat, Anda tepat telah membaca Tips berikut ini “5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Bisnis Online“.

Hai Pembaca setia Drestha.com, terima kasih Anda memilih Drestha sebagai Media Pembelajaran yang tepat bagi Anda khususnya dalam Dunia Internet Marketing.

Kali ini saya Sinda Hasian, sebagai Pemilik dan Pengelola Drestha.com, akan kembali berbagai kepada para pembaca setia kami yaitu Tips dan Panduan Sederhana Bagaimana cara untuk meningkatkan Traffic pengunjung dan meningkatkan omzet penjualan bisnis online Anda. Judul Topik kita kali ini adalah: “5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Anda”.

Ingin belajar lebih lanjut tentang SEO? Silahkan baca:

Panduan kita kali ini akan saya kemas dengan 5 langkah yang sederhana, karena jika Anda ingin belajar lebih detil lagi, Anda bisa Membaca Panduan-panduan kami yang lain yang akan makin menyempurnakan proses belajar para pembaca setia Drestha.

Baiklah, tanpa berpanjang lebar beriku ini 5 Langkah Super Tingkatkan Penjulan Bisnis Online Anda:

Riset Produk dan Riset Keyword

Agar Produk Anda nantinya laris manis terjual dan juga Traffic pengunjungyang melihat produk Anda meningkat, langkah ini wajib Anda lakukan pertama kali sebelum Anda mulai memposting dan membuat content marketing produk Anda. Anda wajib melakukan riset produk terlebih dahulu dan riset keyword supaya Anda tahu bagaimana tingkat persaingan dan juga pencarian akan produk yang akan Anda jual nantinya.

Jadi saya sarankan agar Anda mengusahakan memilih produk dengan jumlah pencarian (peminat) yang banyak, satu lagi yang tidak kalah penting adalah Anda wajib mempelajari trend dari produk tersebut apakah akan naik atau turun minat pembelinya (ini sangat penting untuk mengetahui masa depan kelangsungan bisnis Anda).

Untuk melakukan riset produk, Anda bisa menggunakan tool ampuh yang telah disediakan secara gratis oleh Google yaitu: Google Keyword Planner.

Tools Google Keyword Planner (GKP) ini juga bisa Anda gunakan sebagai alat riset keyword Anda nantinya.

Dengan menggunakan GKP, nda akan dapat melakukan pencarian produk apa yang sedang popular dan paling dicari setiap hari, minggu dan bulanan.  Anda juga bisa mengamati dan mempelajari Trend atas produk tersebut.

Masih bingung bagaimana cara menggunakan Googe Keyword Planner? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1.  Buka https://adwords.google.com/keywordplanner

5 Langkah Super Tingkatkan Pejualan Bisnis Online - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula

Pastikan Anda Log in dengan akun Google Mail Anda, jika Anda baru pertama kali akses ke Google Adword Keyword Planner, maka Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu, memilih Negara dan Jenis Mata Uang. Silahkan pilih Indonesia dan IDR untuk mata uang Indonesia.

2.  Masukkan nama produk

5 Langkah Super Tingkatkan Pejualan Bisnis Online - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula-2

Pada kolom ‘your product or service’ silahkan masukkan jenis produk yang ingin kita lihat besaran jumlah pencariannya.  Kemudian pada kolom targeting isikan Indonesia.  Setelah itu klik Get Ideas.

3.  Klik Keyword Ideas

5 Langkah Super Tingkatkan Pejualan Bisnis Online - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula-3

Untuk melihat jumlah pencarian produk per bulan, dan juga trendnya Anda dapat klik Keyword Ideas (Berada di sebelah ad group ideas).  Kemudian Anda akan melihat hasil seperti Gambar di atas.  Dimana menunjukkan jumlah pencarian per bulan dan juga trend produk tersebut dari waktu ke waktu.

Dalam Riset di atas, Saya berikan contoh adalah tentang produk baju korea.  Terlihat jelas bagaimana trend peminat tiap bulannya dari produk tersebut mengalami penurunan.  Ini menandakan bahwa produk tersebut jangan Anda jadikan sebagai usaha atau bisnis dalam jangka panjang, tentu saja tahu penyebabnya kan? Karena sudah sangat jelah Permintaan akan barang tersebut dipastikan akan semakin menurun.

Cara tersebut di atas juga bisa Anda lakukan untuk Pencarian / Riset Keyword Anda.  Untuk Panduan Lengkap cara Melakukan Riset Keyword yang tepat silahkan Baca: Panduan Lengkap Cara Riset Keyword Kata Kunci Terbaik Untuk Optimasi SEO.

Riset Persaingan

Langkah selanjutnya setelah Anda melakukan Riset produk dan setelah Anda menemukan produk yang tepat untuk Anda jual adalah Mencari tingkat persaingan dari produk yang telah Anda pilih tadi.  Apakah ringan, sedang atau berat.  Caranya adalah dengan menggunakan tool Google Search.

Untuk lebih jelasnya mari langsung kita praktik melakukannya:

1   Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka https://www.google.co.id

Riset Persaingan - 5 langkah super meningkatkan penjualan bisnis online - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula

Masukkan kata kunci produk yang telah Anda pilih tadi ke kolom pencalian lalu klik search.

2.  Tambahkan &start=990 pada kolom url pencarian anda.

Riset Persaingan - 5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Bisnis Online - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula

Anda bisa lihat jumlah persaingan untuk keyword ‘baju korea’ sebanyak 225 situs.  Untuk menentukan tingkat persaingan gunakan patokan berikut ini:

< 100 = Mudah

101 – 200 = Sedang

> 200 = Susah

Bisa disimpulkan kata kunci ‘baju kore’ termasuk produk yang memiliki tingkat persaingan susah.  namun tetap ada kemungkinan untuk Anda dapat ranking meskipun butuh waktu yang agak lama.

Tempat Promosi

Dalam dunia internet marketing khususnya bisnis online, memilih tempat yang tepat untuk promosi adalah suatu kewajiban ke 3 yang harus Anda ketahui dan lakukan.Jangan sampai Anda salah menempatkan promosi produk Anda.

Berikut ini daftar tempat promosi sosial media yang bisa Anda gunakan sebagai tempat promosi bagi usaha toko online Anda.

Daftar Social Media Tempat Promosi - 5 langkah super tingkatkan Penjualan Bisnis Online - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula

Teknik Promosi

Selain tempat yang tepat, Teknik lain yang wajib Anda ketahui adalah Teknik Promosi yang tepat untuk mempromosikan produk Anda.  Teknik sangat penting agar peluang Anda melakukan closing jauh lebih besar.

Dalam Panduan “5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Bisnis Online” ini saya akan mebongkar 3 teknik super dalam melakukan promosi yaitu: Opening – Closing – After Sales.

Mari kita bahas satu-persatu:

1.  Opening

Sebelum Anda melakukan Opening atau dengan kata lain pembukaan, ada baiknya Anda mengenal produk yang akan Anda jual / promosikan.  Dalam istilah dunia Marketing sering disebut sebagai ‘Product Knowledge’

2.  Closing

Langkah selanjutnya adalah closing.  Saat Anda akan melakukan closing, pastikan Anda jangan menanyakan pertanyaan mengambang yang membuat calon pembeli Anda bingung dalam memilih dan mengambil keputusan, Contohnya:

Jangan gunakan bahasa ini saat closing: Jadi beli atau tidak?

Namun Anda bisa ubah menjadi:

Jadi akan ambil produk A atau produk B Pak/Ibu? Penawaran ini terbatas dan berlaku untuk hari ini saja loh… (silahkan kembangkan sendiri…)

Intinya buat calon pembeli Anda untuk mengambil keputusan secepatnya, jangan buat calon pembeli Anda menunda…

Selain ketiga teknik marketing di atas, masih ada 1 teknik marketing rahasia yang bisa meningkatkan omzet penjualan bisnis online Anda bahkan hingga 2x lipat.  Teknik yang saya maksud adalah CrossSelling.

Apa itu teknik CrossSelling?

CrossSelling yaitu sebuah teknik mempromosikan produk tambahan yang masih berkaitan dengan produk utama Anda.  Teknik CrossSelling ini sering digunakan para Seller atau dalam hal ini para Internet Marketer untuk menjual 2 barang dalam 1 penjualan.  Teknik ini sering saya gunakan juga saat Saya ingin mempromosikan Pelatihan dan Sertifikasi yang akan kami selenggarakan di salah satu Website Media Promosi dan Informasi Pelatihan Berbasis Kompetensi Sertifikasi BNSP.  Dimana calon peserta kita tawarkan juga paket yang bisa diterima beserta keuntungannya daripada mengambil 1 sertifikasi saja.

Kuasai Software Internet Marketing

Dalam dunia bisnis internet marketing, jago dalam mempromosikan produk saja belumlah cukup.  Anda juga saya sarankan untuk belajar dan memiliki beberapa software / aplikasi internet marketing untuk mempermudah pekerjaan Anda.  Anda bisa menemukan banyak software / aplikasi internet marketing gratis yang berguna untuk membantu Anda menganalisa dan mempromosikan bisnis Anda tersebut.

Berikut ini software / aplikasi yang saya maksud:

Aplikasi Marketing - 5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula

Aplikasi Internet Marketing yang satu ini adalah aplikasi pertama yang juga wajib Anda miliki.  Google Current akan membantu Anda menyajikan informasi tentang berita terkini, sangat cocok untuk Anda para Internet Marketers yang bekerja dalam bidang Bisnis / berita.

Buffer App - 5 Langkah super tingkatkan penjualan - Belajar Internet Marketing Dasar Gratis Untuk Pemula

Aplikasi Buffer App akan memudahkan Anda dalam membagikan konten di sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan Google+.  Cara kerjanyapun sangat sederhana dan mudah, cukup menghubungkan Buffer App dengan akun sosial media Anda.  Kemudian saat akan memulai akan memposting di Buffer App, secara otomatis postingan Anda akan dibagikan keseluruh akun media sosial yang telah Anda daftarkan hanya dalam 1x klik saja.

Cukup 2 software di atas saja yang yang bisa Drestha bagikan.  Nanti kebanyakan malah bikin pusing para pembaca..he..he…he…

Baiklan pembaca setia Drestha, panduan kita kali ini sampai disini yah…. Jika Anda menerapkan ke-5 Ilmu yang telah saya bagikan di atas, pastinya akan sangat membantu meningkatkan omzet penjualan bisnis online Anda.  Karena ke 5 Langkah Super Tingkat Penjualan Bisnis Online di atas merupakan dasar yang wajib dikuasai oleh para internet marketers.

Apakah Tips dan Artikel ini membantu dan menambah wawasan Anda? Jika ya, kami akan sangat berterima kasih jika Anda ikut membantu sahabat yang lain untuk dapat mempelajari Tips ini. Silahkan Share dan bagikan hanya dengan klik gambar media social sharing di bawah ini:

 

One Reply to “5 Langkah Super Tingkatkan Penjualan Binis Online – Tips Jualan Online”

  1. Romli berkata:

    Terimakasih banyak ya atas pencerahannya, sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk