Home » Edukasi Digital Marketing » SEO » 4+ Cara Ketahui Tingkat Kesulitan dan Persaingan Keyword

4+ Cara Ketahui Tingkat Kesulitan dan Persaingan Keyword

Para pemilik Website besar biasanya memang tidak begitu peduli dengan persaingan keyword, tapi Bagi Anda pemain baru yang juga baru memiliki website tentu saja wajib mengetahui dan menguasai ilmu yang akan saya ajarkan ini.  Karena Topik kita selanjutnya ” 4 Cara Mengetahui Tingkat Kesulitan dan Analisa Persaingan Keyword” ini merupakan Kelanjutan dari Topik kita sebelumnya, Cara Riset Keyword / Keyword Research, dimana sebelumnya kita sudah belajar bagaimana cara melakukan riset kata kunci yang tepat agar Anda bisa semakin mengoptimasi Keyword Anda pada Mesin SEO khususnya Google.

Apakah Anda sudah tahu alasan kenapa Anda wajib melakukan Analaisa Tingkat Persaingan dan dapat mengetahui tingkat kesulitan dari Keyword yang nantiny akan Anda pilih sebelum menetapkanya.

Biasanya website yang masih baru berumur dibawah 6 bulan tidak akan bisa mendapatkan peringkat tinggi saat ingin bersaing dengan website yang usianya sudah diatas itu.  Tentu saja alasannya karena Google masih belum mempercayai website yang usia masih sangat muda belia.

tapi gak usah khawatir, Panduan kita kali ini akan ajarkan Anda Bagaimana Cara Mengetahui Tingkat Kesulitan dan Menganalisa sebesarapa besar tingkat persaingan yang menggunakan kata kunci tersebut supaya Anda juga bisa mendapatkan cukup banyak pengunjung tanpa perlu harus menunggu terlalu lama.  Dengan begitu, secara otomatis reputasi website Anda di mata Google juga akan semakin terbentuk dan makin dipercaya.

Satu hal yang wajib Anda ketahui sering terjadinya kesalahpahaman yang selalu dilakukan oleh orang yang baru mengenal SEO dan keyword research. jangan sampai Andapun ikut-ikutan terjebak melakukan kesalahan yang sama terus menerus.

Jika Anda pernah membuka Google Keyword Planner, pastilah Anda akan melihat kolom bernama “Competition” seperti gambar berikut ini:

Keyword research - Riset kata Kunci - Google Keyword Research Planner

Harap diperhatikan bahwa hal ini tidak ada hubungannya dengan SEO! Jadi jangan terjebak karenanya….

Google Keyword Planner adalah tool atau alat bantu untuk Adwords.  Jadi tingkat kompetisi yang dimaksud disini adalah tingkat kesulitan dari iklan AdWords.

High disini diartikan keyword tersebut banyak iklannya, Low sedikit atau tidak ada iklan sama sekali.

Tolong jangan gunakan sebagai acuan untuk SEO Anda.

Baiklah tanpa berlama-lama, berikut ini langkah-langkah cara Mengetahui Tingkat kesulitan Keyword yang wajib Anda lakukan untuk menganalisa persaingan Keyword dalam SEO:

1.  Install MozBar atau SEOWuake

Saat anda mau tahu tingkat kesulitan sebuah keyword, berarti Anda harus terlebih dulu tahu apakah website-website yang ada di halaman 1 itu merupakan website besar atau bukan.  Jadi Anda akan membutuhkan tool ini.

Silahkan Install salah satu saja, jangan keduanya karena untuk apa juga banyak-banyak, ya kan?

Saya pribadi lebih senang pakai MozBar daripada SEOQuake, karena jumlah angka yang diperlihatkan jauh lebih sedikit ketimbang SEOQuake.  Hanya angka yang penting.

Jika anda lebih suka yang simpel pilih dan gunakan MozBar… Jika suka yang lebih detil silahkan pilih SEOQuake.

Tidak perlu khawatir, keduanya bisa Anda install secara gratis dan sangat membantu untuk lakukan analisa tingkat persaingan kata kunci yang ingin anda pilih nantinya.

Jika anda selesai melakukan instalasi, coba mulai lakukan search di google, anda akan melihat hasilnya seperti gambar berikut ini:

MozBar - Analisa Persaingan 5 Cara Mengetahui Kesulitan Keyword

Jika Anda menginstall SEOQuake anda dapat melihat hasilnya sperti ini:

SEQuake - Analisa Persaingan 5 Cara Mengetahui Kesulitan Keyword

Apakah Anda sudah temukan seperti gambar di atas? Jika belum, coba restart kembali browser yang anda gunakan, setelah itu aktifkan extension yang baru diinistall atau anda dapat klik tombol yang bersangkutan di kanan atas browser (Chrome).

Kalau sudah baru kita bisa lanjutkan…

Seperti yang anda lihat ada banyak sekali angka-angka dan simbol dari hasil pencarian tersebut, terutama pada tool SEOquake.

Agar Anda tidak makin pusing dan stress akan saya jelaskan satu-persatu.

2.  Lihat angka PageRank (PR) atau PA & DA

Coba sambil perhatikan kembali 2 contoh gambar di atas tadi….

PageRank atau disingkat PR adalah angka yang menunjukkan tingkat reputasi website tersebut menurut algoritma yang dibuat secara resmi oleh Google (dari 0 – 10).  N/A artinya website tersebut belum memiliki PR.

Namun sayangnya PR sekarang sudah jarang diupdate.

PA (Page Authority) yaitu angka 0 – 100 yang dibuat oleh Moz. Menggambarkan seberapa tinggi reputasi sebuah halaman website.  Angka yang dihasilkan bukan angka yang resmi dari Google, melainkan algoritmanya dibuat agar lebih mendekati kata kunci yang diharapkan.

DA (Domain Authority) mirip dengan PA tetapi untuk keseluruhan domain bukan per halaman.

Jadi dapat disimpulkan, semakin tinggi PR, PA dan DA maka semakin sulit persaingannya.  Demikian juga sebaliknya, Keyword yang menghasilkan website-website dengan angka PR, PA, dan DA yang rendah biasanya persaingannya mudah.

Perlu digaris bawahi Mudah disini adalah PA dan DA nya di baah 25… Apakah itu saja sudah cukup? Tentu saja belum cukup!

Mari kita analisa lebih lanjut dengan menggunakan angka-angka lainnya….

3.  Lihat Jumlah dan Kualitas Backlink

Kembali lagi Anda perhatikan contoh gambar yang telah saya muat sebelumnya… Sebagaimana kita ketahui bahwa Backlink adalah salah satu faktor terbesar yang juga dapat mempengaruhi peringkat website anda di mesin pencari.

Jadi Backlink juga ikut mempengaruhi angka PA, DA dan PR website yang sedang Anda bangun.

Maka, semakin banyak backlink berarti semakin sulit persaingannya.

Coba perhatikan contoh menggunakan SEOQuake:

  • L : jumlah backlink ke halaman tersebut
  • LD : jumlah backlink keseluruhan domain

Dan untuk MozBar, hanya menggambar 2 bagian:

  • Kiri : jumlah halaman yang memberikan backlink ke halaman anda tersebut
  • Kanan : jumlah halaman yang memberikan backlink ke seluruhan domain

Sedang RDs (root domains) berarti jumlah domain yang memberikan backlink.

Pada kenyataannya, banyak website yang masih gunakan teknik black hat SEO untuk dapatkan banyak backlink dan PA/DA-nya terlihat lebih besar.

Jika ingin tahu, silahkan klik angka tersebut untuk anda bisa melihat backlinknya.  JIka jumlah banyak tapi ternyata sebagian besar topik tidak berhubungan dengan halaman tersebut, bisa jadi masuk dalam kategori mudah.

4.  Lihat Judul dan Topik Kontennya

Relevansi itu yang nomor satu.

Perlu Anda ketahui bahwa kesesuaian antara apa yang dicari oleh mereka via keyword tersebut dengan hasil yang ditampilkan oleh google inilah disebut dengan Relevansi.

Sebagai mesin pencari, Google tentu saja ingin menampilkan hasil yang sesuai dan terbaik.

Ada juga memang keyword yang belum tersedia konten yang relevan.

Berikut ini contohnya:

Relevansi Keyword - Analisa Persaingan 5 Cara Mengetahui Kesulitan Keyword

Jika Anda lihat keyword di atas, saya ingin belajar cara membaca matahari supaya bisa mengetahui sekarang jam berapa.

Tapi lihat hasil ditampilkan….

…cuma terdapat pengertian jam matahari, cara membuat jam matahari, bahkan cara menentukan arah.  Tentu saja sangat tidak relevan dan tidak sesuai dengan yang diharapkan bukan?

Jangankan Google, jika anda menggunakan kata kunci tersebut Wikipediapun bisa kita kalahkan dalam hitungan hari.

5.  Lihat langsung kualitas konten dan websitenya

Sebenarnya, ini adalah cara yang paling mudah dan akurat yang bisa Anda gunakan.

Sangat mirip dengan cara nomor 4 di atas, semua bisa anda lakukan tanpa menggunakan tool apapun. Kok bisa?

Secara Logikanya adalah seperti ini:

Google tentulah selalu akan berusaha untuk menampilkan website yang memiliki konten terbaik di posisi teratas, karena orang-orang akan merasa puas jika diberikan konten yang terbaik.

Oleh karena itu, kunci utama kesuksesan website anda adalah tersedianya konten yang berkualitas! Yah…sekali lagi Konten Berkualitas….

Untuk mengetahui kualitas sebuah website dan kontenya, kunjungi masing-masing yang ada di halaman pertama.  JIka anda lihat kulitasnya tidak bagus seperti yang diharapkan, berarti anda akan sangat mudah untuk menyingkirkannya.

Bahkan sekalipun PA/DA nya besar dan backlinknya juga cukup banyak, tapi jika konten yang dihasilkan buruk maka jika anda memberikan kulaitas konten yang jauh lebih baik maka website anda bisa menjadi peringkat 1 halaman 1 Google.

Jadi, jika anda mampu membuat konten yang jauh lebih baik daripada mereka, berarti keyword ini mudah.  JIka Anda tidak bisa membuatnya berarti akan susah buat anda.

Jika Anda ingin belajar bagaimana cara untuk membuat Artikel yang berkualitas, silahkan baca: Panduan Lengkap Membuat Artikel Berkualitas dan Userfriendly.

 

Langkah Terakhir yang bisa Anda lakukan Adalah lakukan Analisa banyak keyword sekaligus.

Jika Anda telah membaca Panduan saya: Panduan Cara Riset Keyword sebelumnya dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, Anda akan memiliki ratusan bahkan hingga ribuan kata kunci / keyword pilihan.

Oleh karena itu, tentu saja akan sangt repot sekali jika Anda harus menganalisa keyword tersebut satu-persatu kan?

So, jangan khawatir, Anda cukup Gunakan Term Explorer.

Meskipun gak akan mencapai 100% akurat, tapi Term Explorer dapat Anda manfaatkan sebagai acuan untuk mengeliminasi keyword-keyword yang terlalu sulit.

Seperti ini contohnya:

Term Explorer - Analisa Persaingan 5 Cara Mengetahui Kesulitan Keyword

 

Skalanya adalah: 1 – 10

Dari sekali klik saja Anda akan mendapatkan 2 kata kunci dengan persaingan yang sangat mudah (meski salah satunya tidak layak).

Selain penggunaan untuk analisa tingkat persaingan, TermExplorer bisa anda gunakan juga untuk mencari kata kunci baru dengan volume pencarian perbulannya. Hampir sama Seperti Google Keyword Planner.

Kalau anda ingin mencoba, silahkan daftar versi gratisnya.

Baiklah, Topik kita kali ini tentang “5 Cara Mengetahui Tingkat Kesulitan dan Analisa Persaingan Keyword” kan kita akhiri sampai disini, karena kita akan melanjutkan ke topik selanjutnya…

Pastikan anda telah mendaftar menjadi member dari Drestha agar anda terus mendapatkan informasi terupdate dari drestha.

Apakah Tutor dan Panduan ini membantu Anda? Jika yah, saya sangat berterima kasih karena Anda telah bersedia untuk membagikan Ilmu ini juga pada teman-teman yang lain dengan klik icon social media di bawa ini:

One Reply to “4+ Cara Ketahui Tingkat Kesulitan dan Persaingan Keyword”

  1. John berkata:

    Terima kasih pencerahannya, akan Saya praktekan di web saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Latest

GOOGLE ADSENSE PUBLISHER WORKSHOP BATCH-1 Ingin Miliki Passive Income Tanpa Batas dari Google Adsense? Segera Daftarkan Diri Anda dalam Workshop Sukses Sebagai Google Adsense Pubsliher Berikut ini!
TIPS MEMULAI BISIS ONLINE UNTUK PEMULA - SEKOLAH BISNIS ONLINE - DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Untuk Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Tips Memulai Bisnis Online Bagi Newbe
Panudan Memulai Usaha Online Bagi Pemula - Panduan Bisnis Online - Sekolah Bisnis Online DRESTHA - INFO KONTAK TRAINING SERTIFIKASI BNSP - PUSAT SERTIFIKASI MARKETING TUK SINDA HASIAN LSP MARKETING Panduan Memulai Usaha Online Bagi Pemula

Popular post

KEYWORD RESEARCH - RISET KEYWORD - RISET KATA KUNCI Mau Tahu Cara Keyword Research Terbaik Dalam SEO Dan Analisa Tingkat Kesulitan Keyword Pilihan Anda? Pelajari Panduan Berikut ini!
Google Backlink Checker for Your SEO Optimize Backlink Checker – Tool Gratis untuk Cek Backlink Website Anda
6 Langkah Pengaturan produk - Panduan Pengaturan Produk Toko Online WordPress di WooCommerce 6 Langkah Pengaturan Produk Toko Online di WordPress dan WooCommerce
10 PLUGIN WORDPRESS TERBAIK YANG WAJIB ANDA INSTALL 10+ Plugin WordPress Pilihan Terbaik Yang Wajib Anda Install
Social Media Jadi Jalur Digital Marketing Paling Efektif

error: Content is protected !!
Help-Desk