Home » Panduan Internet Marketing » Panduan Bisnis Online » 10 Tools Yang Sangat Berguna Untuk Membuat Konten, Menulis dan Riset

10 Tools Yang Sangat Berguna Untuk Membuat Konten, Menulis dan Riset

Apakah Anda adalah seorang marketer yang sangat sibuk dibidang social media marketing? Apakah Sedang mencari alat / Tools yang bisa membantu meningkatkan kinerja penjualan bisnis online Anda?  Dalam Artikel dan Panduan Bisnis Online kita kali ini akan mempelajari 10 tools  untuk menciptakan konten yang berkualitas, membantu anda menulis artikel berkualitas dan juga membantu Anda melakukan riset keyword untuk temukan kata kunci yang tepat agar dapat meningkatkan traffic pengunjung dan mendatangkan pembeli di toko online anda.

Baca juga:

Jika Anda sedang mencari alat yang efektif untuk memperbaiki cara Anda bekerja, pada artikel berikut ini, Anda akan menemukan 10 aplikasi dan ekstensi browser untuk membantu anda mempermudah membuat konten, menulis copywriting, dan mengatur penelitian / riset keyword.

# 1: Percepat Menulis Anda dengan TextExpander.

TextExpander (tersedia untuk Windows, Mac, dan iOS) akan cocok dengan kata-kata, frasa, dan template yang sering digunakan secara pintas yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mempercepat pengetikan Anda.  Saat Anda sedang mengetik shortcut, expander akan secara otomatis menggantinya dengan teks lengkap.  Jika Anda akan menggunakan frase yang sama secara berulang-ulang di posting media sosial Anda, alat ini adalah alat yang tepat untuk membantu Anda.

Untuk bisa menggunakan tool ini, Anda bisa mendaftar dengan masa percobaan gratis di TextExpander untuk mengujinya. Setelah itu, Anda perlu melakukan upgrade ke salah satu rencana berbayar, yang dimulai pada $ 3,33 / bulan saat ditagih setiap tahun.

Setelah Anda download dan menginstal aplikasi ini di komputer Anda, klik tombol + untuk membuat cuplikan baru, seperti pesan ucapan terima kasih.

10 Tools Untuk Menciptakan Konten, Menulis dan Riset - Panduan Bisnis Online-1

Selanjutnya, pilih Plain Text dari daftar drop-down Content, tulis atau tempelkan teks yang ingin disingkat dalam kotak putih besar, dan ketik pintasan Anda di kolom Singkatan seperti yang tampak pada gambar berikut:

textexpander-create-snippet - 10 Tools Untuk Menciptakan Konten -1

Saya sarankan memilih singkatan yang akan Anda ingat, tapi bukan sesuatu yang biasanya Anda ketik. Ini membantu untuk memulai singkatan Anda dengan tanda baca sehingga Anda tidak sengaja mengetikkannya.

Untuk menggunakan pintasan Anda, cukup ketik singkatan Anda dalam kotak teks (seperti kotak tulis tulis baru Tweet) dan autofills dengan teks Anda.

textexpander-use-snippet-10 Tools Untuk Menciptakan Konten-2

Berikut adalah beberapa kata dan ungkapan yang mungkin layak untuk disingkat sendiri:

  • Templat posting media sosial
  • Nama merek / perusahaan
  • Nama orang
  • URL situs web
  • Alamat email dan tanda tangan
  • Nomor telepon
  • Jawaban untuk pertanyaan umum
  • Daftar periksa penerbitan cepat
  • Autocorrect untuk kesalahan ketik yang umum
  • Respons media sosial yang sering digunakan
  • Setelah Anda menyesuaikan alat ini, Anda akan mengetikkan kecepatan kilat!

# 2: Mengatur Penelitian Online Dengan OneTab

Seberapa sering browser Google Chrome Anda terlihat seperti ini?

10 Tools Untuk Menciptakan Konten, Menulis dan Riset - Panduan Bisnis Online-2

Bukan tidak biasa bekerja dengan lusinan tab yang terbuka, khususnya saat Anda sedang mencari konten media sosial untuk dibagikan. Tapi membuka terlalu banyak tab sekaligus dapat mempengaruhi kinerja komputer Anda. Apalagi jika salah satu dari tab tersebut menampilkan konten yang secara otomatis memperbarui atau mengalirkan (seperti video, iklan yang berputar, atau komentar real-time), tentu saja akan menjadikan bandwidth Anda bekerja semakin keras dan memperlambat kinerja komputer anda.

Solusinya adalah OneTab, sebuah ekstensi Chrome gratis yang akan mengubah semua tab Anda menjadi satu daftar tautan, akan lebih sedikit menyita memori dan bandwidth komputer Anda. Ini juga lebih mudah digunakan karena Anda sebenarnya bisa membaca judul halaman.

Manfaat terbesar OneTab adalah Anda dapat menyimpan grup dari tab yang serupa sehingga Anda dapat segera membukanya setiap saat. Misalnya, jika Anda berbagi konten dari sekelompok blog sejenis, Anda dapat dengan mudah membuka satu tab yang mencantumkan semua situs tersebut. (Anda juga dapat menggabungkan fitur ini dengan TextExpander untuk membuka banyak tab dengan satu shortcut.)

Setelah Anda menginstal ekstensi, klik ikon OneTab pada toolbar untuk mengurangi semua tab yang sedang Anda buka ke satu tab. Untuk mengembalikannya dengan cepat, klik Kembalikan Semua.

onetab-chrome-extension - 10 Tools untuk Menciptakan Konten-2

Saat Anda mengkonsolidasikan tab Anda dengan OneTab, browser Anda akan berjalan lebih lancar dan Anda akan menyiapkan semua riset Anda di satu tempat.

# 3: Buat Screenshot, Screencasts, dan GIF dengan CloudApp

CloudApp adalah cara mudah untuk membuat screenshot, GIF, dan rekaman layar. Begitu Anda menangkap media, maka secara otomatis disimpan di server CloudApp, jadi Anda tidak perlu memindahkannya ke tempat Anda sendiri. Ini adalah cara yang sangat cepat untuk menangkap konten media sosial setelah Anda menguasai arus keyboard.

CloudApp memiliki versi gratis yang bagus dan rencana berbayar mulai dari $ 8 / month. Setelah mendownload dan menginstal aplikasi, tekan Ctrl + Shift + C (Windows) atau Control + Option + C (Mac) untuk membuka jendela CloudApp.

Kemudian pilih tindakan Anda: tangkapan layar, GIF, atau rekaman layar.

cloudapp-open-10 Tools Untuk Menciptakan Konten

Selanjutnya, klik dan seret kotak di sekitar konten yang ingin Anda ambil. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar hanya bagian dari layar Anda yang penting sehingga jendela browser atau ruang kosong tidak mengalihkan perhatian audiens Anda.

Jika Anda mengambil tangkapan layar, CloudApp akan menangkap gambar segera setelah Anda melepaskan mouse Anda. Saat mengambil GIF atau video, Anda harus mengeklik untuk memulai dan menghentikan rekaman.

CloudApp secara otomatis menyalin URL gambar, GIF, atau video Anda ke clipboard Anda dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan seperti ini:

CloudApp - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

Cukup tekan Ctrl + V (Windows) atau Command + V (Mac) kemudian paste URL ke tab browser, dan gambar, GIF, atau video Anda akan muncul.

Inilah bagian terbaiknya: Anda juga dapat memberi keterangan pada gambar Anda! Tempelkan file Anda ke jendela browser dan klik Annotate.

CloudApp - 10 Tools untuk Menciptakan Konten-1

Pada layar anotasi, Anda dapat menambahkan bentuk, panah, garis, dan teks, dan bahkan mengaburkan info.

Setelah Anda rasa cukup puas dengan gambar, GIF, atau video Anda, simpan untuk berbagi nanti atau cukup tempelkan URLnya (jangan khawatir, ini bersifat publik) ke dalam postingan anda di media sosial.

Langkah selanjutnya silahkan buka dasbor CloudApp Anda untuk melihat, menyortir, dan mengatur konten Anda. Simpan file Anda di sini jika Anda ingin memposting ulang konten tersebut.

Dashboard CloudApp - 10 Tools Untuk Menciptakan Konten

Dashboard CloudApp

Dengan Anda memahami CloudApp, Anda tentu akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengedit gambar di Photoshop atau Illustrator, sehingga Andapun akan lebih banyak waktu untuk membuat konten visual.

# 4: Bangun Tautan UTM Dengan Google Ekstensi Pembuat URL Analytics

Dengan memahami dari mana asal lalu lintas traffic kunjungan blog Anda adalah sangat penting, namun sebagaimana kita ketahui Google Analytics memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, ini bisa memberi tahu Anda bahwa lalu lintas berasal dari Twitter, namun tidak memberi tahu Anda tautan mana yang diklik pengikut Twitter Anda kecuali Anda menyertakan parameter UTM di parameter URL.

Parameter UTM mungkin terdengar lebih rumit, namun jika anda perhatikan semua itu hanyalah berupa kode yang terpasang pada akhir URL sehingga memungkinkan Google Analytics melacak tautan Anda untuk laman tertentu.

Menambahkan parameter UTM secara manual bisa membosankan. Padahal di situlah URL Google Analytics akan dibuat. Ini adalah ekstensi Chrome gratis yang memungkinkan Anda mengembangkan URL UTM dengan cepat untuk pos sosial Anda tanpa harus meninggalkan laman.

Alat ini sangat membantu jika Anda menjalankan kampanye media sosial kooperatif dengan merek lain. Beri masing-masing merek tautan URL UTM-nya sendiri sehingga Anda dapat mengidentifikasi sumber lalu lintas tertentu.

Untuk menggunakannya, instal ekstensi dan kemudian arahkan ke halaman yang ingin Anda tautkan. Klik ikon ekstensi pada toolbar dan isi kolom yang sesuai.

google-url-builder-chrome-extension-10 Tools untuk Menciptakan Konten

Berikut ini Cara bagaimana mengisi dan melengkapinya:

  • asal (Contoh: Facebook Page)
  • Medium: Unsur spesifik (Contoh: Cute Puppies Post)
  • Keyword (opsional): Istilah yang Anda gunakan dalam iklan berbayar (Contoh: pudel imut)
  • Konten (opsional): Detail tambahan untuk tautan pengujian terpisah
  • Campaign: Kampanye / promosi seluruhnya (Contoh: Pekan Puppies Lucu)

Tip: Kecuali Anda iklan berbayar atau laman percobaan secara terpisah, Anda tidak perlu mengisi kolom Kata Kunci, Konten, atau Kampanye.

Gunakan bagian preset / setting ulang untuk mengingat parameter yang paling sering digunakan dan menghemat lebih banyak waktu!

Penyetel ekstensi Chrome Google Builder URL - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

# 5: Set Up Shortcuts untuk Menemukan File Dengan Alfred

Jika Anda menggunakan Mac (maaf, pengguna Windows), Alfred akan menjadi senjata produktivitas favorit Anda. Ini dikemas dengan fitur yang menawan tapi akan lebih powerful jika digunakan untuk pemasaran media sosial.

Sebagaimana Anda ketahui begitu banyak cara untuk bisa menciptakan konten sosial berkualitas yang dapat dilihat pengikut Anda. Namun semua itu membutuhkan perencanaan dan pengorganisasian di balik layar, belum lagi kalender editorial dan standar penerbitan yang harus Anda konsultasikan.

Di situlah Alfred mulai masuk dan bisa anda manfaatkan.

Ini adalah aplikasi gratis yang mirip dengan penelusuran Spotlight Mac, meskipun gratis aplikasi ini akan 10 kali lebih cerdas dan lebih hebat dari yang anda bayangkan. Anda bisa menggunakan shortcut sederhana untuk membuka file, folder, atau Google doc di komputer Anda. Bagian yang terbaiknya: Aplikasi ini akan mempelajari kebiasaan pencarian Anda dan secara otomatis mengurutkan hasilnya berdasarkan apa yang Anda cari.

Alfred App - 10 Tools untuk Menciptakan KOnten

The Custom Search / Pencarian secara acak memungkinkan Anda membuat shortcut URL untuk membuka halaman dengan cepat. Misalnya, Anda dapat menyiapkannya untuk membuka dokumen Google Drive dengan satu kata kunci. Setelah Anda memahaminya, ini jauh lebih cepat daripada menggali melalui bookmark Anda.

Teknik ini sangat membantu untuk tetap teratur jika Anda membuat kampanye media sosial untuk beberapa klien dan membuka beberapa folder sepanjang hari.

Dengan menambahkan seharga $ 25 , Anda bisa meng-upgrade keanggotaan anda ke Alfred’s Powerpack, di mana keajaiban sebenarnya terjadi. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat membantu Anda tetap teratur sambil mengelola beberapa kampanye media sosial:

  • Ini memiliki expander teks bawaan (seperti alat yang saya sebutkan di atas) yang menyinkronkan komputer Anda.
  • Anda dapat mengakses ratusan alur kerja Anda. dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas seperti memperpendek URL, mengubah zona waktu, dan menguji halaman arahan di beberapa browser, semuanya hanya memiliki satu keystroke.
  • Pengelola clipboard memungkinkan Anda melihat-lihat riwayat clipboard Anda sehingga Anda tidak terus-menerus menyalin URL yang sama di antara aplikasi.

Bahkan jika Anda tetap dengan pilihan gratis, Alfred adalah dorongan produktivitas yang sangat besar.

# 6: Perbaiki Menulis Anda dengan ProWritingAid

ProWritingAid adalah alat editing online gratis yang dapat membantu Anda memperbaiki tulisan Anda. Tidak hanya menandai kesalahan dalam penulisan anda, tool ini juga akan merekomendasikan perbaikan kalimat dan membantu Anda menemukan kata-kata yang tepat. Jika Anda menulis posting media sosial Anda dengan jumlah yang banyak, aplikasi web App memungkinkan Anda memeriksanya sekaligus sehingga Anda dapat mengoreksi dengan cepat dan lebih efisien.

Setelah Anda mendaftar, klik Alat Editing di bagian atas halaman.

Perangkat Editing Adobe - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

Di halaman berikutnya, klik Menu dan pilih New.

ProWritingAid create new document - 10 Tools Untuk Menciptakan Konten

 

 

Masukkan judul untuk dokumen baru Anda.

ProWritingAid membuat dokumen baru - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

Berikutnya, sisipkan salinan Anda ke editor dan pilih salah satu cek penulisan di bagian atas. Klik tombol More untuk melihat opsi tambahan seperti favorit saya.

ProWritingAid combo check report - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

ProWritingAid akan dimuat beberapa detik kemudian dan selanjutnya akan mulai mengidentifikasi kesalahan Anda. Cukup dengan ambil dokumen dan perbaiki (atau abaikan) setiap item yang ditandai.

Metode ini adalah cara terbaik untuk mengedit beberapa entri media sosial sekaligus, namun kikuk jika harus mengoreksinya satu per satu. oleh karena itu, Anda perlu memasang ekstensi ProWritingAid Chrome.  Setelah terinstal, cukup arahkan kursor mouse ke ikon di bidang apa pun untuk membuka opsi pengeditan.

 

ProWritingAid juga terintegrasi dengan Google Documents, OpenOffice, Word, dan Scrivener untuk mempermudah proofreading. Laporan proofreading mana yang paling penting? Berikut adalah laporan terbaik yang harus dijalankan untuk posting media sosial (klik untuk daftar lengkap):

  • Menulis Gaya Laporan – Agar konten anda lebih mudah dibaca dan dimengerti.
  • Laporan Wording Gabungan – Menyederhanakan bahasa Anda.
  • Perekrutan ruang – Tetapkan peraturan Anda sendiri (seperti “Selalu gunakan kata kunci ‘ Pemasaran. ‘”) Untuk ProWritingAid to flag.
  • Sticky Sentence Report – Identifikasi kalimat lengket (dengan terlalu banyak kata seperti” to “,” of, “” at, “” if, “etc.) sehingga Anda dapat memperjelasnya.
  • Tambahkan berbagai kata ke posting Anda. Kata-kata yang terlalu sering digunakan terutama terlihat dalam konten media sosial yang tidak banyak teksnya untuk dimulainya.
  • Laporan Plagiarism / penjiplakan / copypaste – Hindari konten yang dijiplak.
  • Laporan Kombo – Sesuaikan kombinasi laporan untuk dijalankan sekaligus.

# 7: Rekam Tutorial Video Dengan Loom

Loom adalah sebuah gratis, ringan, alat yang mudah digunakan untuk membuat tutorial video Anda sendiri. Dengan hanya dua klik, Anda dapat menangkap layar, kamera, atau keduanya. Ditambah lagi, Loom menciptakan halaman unik untuk setiap video yang dapat Anda bagikan di media sosial tanpa mendownload dan mengunggah ke sumber lain.

Setelah Anda menginstal ekstensi Chrome dan masuk, klik ikon Loom di bilah alat browser Anda. Kemudian Anda akan melihat jendela berikut:

pengaturan perekaman aplikasi Loom - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

Click Capture dan pilih yang ingin Anda rekam: tab browser Anda saat ini, seluruh desktop, atau cam saja. Klik Mic untuk memilih mikrofon. Klik Kamera untuk memilih kamera atau mematikannya jika Anda tidak ingin merekam wajah Anda.

Berikutnya, klik Start Recording. Loom akan memberi Anda 3 detik untuk mempersiapkan diri. Gunakan kontrol di bagian kiri bawah untuk menjeda, menyelesaikan, atau membatalkan. (Jika Anda merekam kamera Anda, Anda akan melihat diri Anda di sini juga.)

Setelah Anda mengklik Selesai, Loom akan mengarahkan Anda kembali ke halaman video.

Pada halaman ini, Anda bisa tambahkan deskripsi dan komentar, yang setiap orang yang mengunjungi halaman bisa melihat. Anda juga dapat berbagi video di media sosial atau menyalin kode HTML untuk disematkan di halaman web.

Tip: Jika Anda suka membuat video untuk penggemar Anda, alat hebat lainnya yang perlu diperiksa adalah Soapbox. Ini memungkinkan Anda beralih secara mulus antara kamera dan desktop Anda, menawarkan beberapa fitur pengeditan yang mudah digunakan, dan memungkinkan Anda membuat ajakan bertindak di akhir video Anda.

# 8: Perluas Clipboard Anda Dengan Weava

Apakah Anda pernah menyalin teks atau teks gambar ke clipboard Anda, hanya untuk mengingatkan anda bahwa hal tersebut hanya akan menimpa sesuatu yang lain yang telah Anda selamatkan. Jika demikian, Anda membutuhkan Weava. Tool ini adalah ekstensi Chrome gratis yang hebat dengan rangkaian fitur organisasi dan penyorotan, namun clipboard yang diperluas sangat berguna untuk menyulap banyak konten media sosial.

Setelah Anda menginstal aplikasi ini, sorot bagian teks atau gambar seperti biasanya. lalu pilih warna dari palet pop-up. Teks atau gambar Anda kemudian disimpan ke Weava.

Berikutnya, sorot yang lain, tapi kali ini pilih warna yang berbeda.

Klik ikon Weava di browser Anda untuk membuka koleksi Anda. Anda akan melihat daftar semua yang telah disorot.

Hover dengan pilihan yang ingin Anda gunakan dan klik ikon Copy. Kemudian tekan Ctrl + V (Windows) atau Command + V (Mac) untuk menempelkannya ke postingan media sosial Anda. Dengan Weava, Anda tidak akan pernah kehilangan materi yang disalin lagi!

# 9: Transcribe Posts With Google Docs Pengetikan Suara

Google Documents Voice Typing adalah Alat transkripsi yang hebat yang terpasang di Google Documents, dan tentu saja gratis! Ini adalah cara cerdas untuk mencatat pemikiran Anda saat Anda melakukan penelitian media sosial Anda. Misalnya, Anda bisa membiarkannya berjalan saat Anda membaca artikel.

Jika Anda mempelajari sesuatu yang menarik yang layak mendapat pos sosialnya sendiri, cukup mendikte pemikiran Anda ke Google saat Anda menjelajah. Nantinya, Anda dapat mengubah pemikiran tersebut menjadi teks untuk posting sosial Anda.

Pengetikan Suara Google Documents sangat mudah digunakan. Anda hanya cukup mebuka saja dok Google di Chrome dan pilih Pengetikan Suara dari menu Alat.

Pilihan Pengetikan Suara Google Documents - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

Tombol mikrofon akan muncul (Anda mungkin harus memberi otorisasi kepada Google untuk mengakses mikrofon Anda). Cukup klik ikon untuk mengaktifkan transkripsi. Kemudian mulailah berbicara.

google-docs-voice-typing-example - 10 Tools untuk Menciptakan Konten

TipPro: Ucapkan “periode” dan Google akan mengakhiri Kalimatmu dengan suatu periode. Ucapkan “baris baru” dan Google akan menurunkan satu baris.

Gunakan alat ini untuk mempercepat pengambilan catatan Anda sehingga Anda dapat berfokus untuk memberi kurungan konten yang mengagumkan dan menulis salinan yang menarik.

# 10: Identifikasi Siapa yang Membagi Konten Anda Dengan CrowdTangle

Adalah hal yang lumrah bagi siapapun untuk mengetahui siapa yang berbagi konten Anda? Sehingga Anda bisa menjangkau orang-orang itu dan membangun hubungan yang lebih dalam. Untuk mendapatkan informasi ini, Anda memerlukan aplikasi gratis yang disebut CrowdTangle.

Setelah Anda memasang ekstensi Chrome CrowdTangle, buka halaman apapun dan klik ikon ekstensi di bilah alat browser Anda. Sebuah menu akan muncul dengan nama semua orang yang berbagi halaman itu.

Click ikon media sosial di sebelah nama influencer untuk membuka posting tempat mereka berbagi konten Anda.

Tunjukkan dukungan Anda dengan menyukai, berbagi, atau mengomentari pos mereka.

Tautkan tautan media sosialLihat di kolom Interaksi untuk melihat berapa kali seorang influencer berinteraksi dengan halaman tersebut.

Gunakan ini untuk menemukan orang-orang yang telah berbagi halaman Anda beberapa kali. Jangkau orang-orang ini untuk membangun hubungan!

Dengan menggunakan aplikasi CrowdTangle, anda sudah satu langkah lebih maju untuk mengetahui dan memeriksa halaman pesaing Anda. Mengungkap siapa yang berbagi konten mereka dan menghubungi influencer mereka.

Saran Untuk Anda

Alat media sosial unik ini dapat menghemat waktu, memperbaiki pembuatan konten dan akurasi konten Anda, sehingga membuat hidup Anda dan pekerjaan menjadi lebih mudah. Silahkan pilih mana tool yang tepat untuk bisa anda gunakan, coba lakukan berbagai eksperimen untuk menemukan alat yang paling sesuai untuk Anda. Anda juga bisa menggabungkan teknik super ini dengan melakukan Riset Keyword.

Apakah Tips dan Panduan ini bermanfaat bagi Anda? Silahkan agar Panduan ini juga bisa anda bagikan lewat icon sharing media sosial berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

toko buku bisnis online drestha Mau Jago Jualan di Internet dan Sosial Media? Beli Bukunya Sekarang Juga! Silahkan Order Disini!
error: Content is protected !!
Help-Desk